Monday, January 18, 2010

Bermasalah ketika Upgrade Wordpress 2.9.1

Anda menghadapi masalah ketika upgrade CMS Wordpress (WP) ke versi terbaru? Salah satunya, saya pernah bermasalah ketika upgrade ke CMS Wordpress 2.9.1. Proses di broser berhenti pada URL http://domain-saya.com/wp-admin/update-core.php. Dan ketika web dibuka muncul tulisan "upgrade Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute". Ditunggu beberapa menit tetap saja tidak berubah  masih dengan tulisan yang sama. Saya menemukan solusinya dengan Google.


Cukup mudah ternyata anda cukup mengahpus file ".maintenance" yang ada di direktori utama wordpress anda. File ini berisi kode PHP yang cukup sederhana, jika ditempat saya "<?php $upgrading = 1263782xx; ?>". Anda cukup mengakses melalui cpanel atau FTP dan hapus file ".maintenance" ini. Web anda akan kembali hidup, Jika anda tetap ingin meng upgrade wordpress, pastikan plug-in yang anda gunakan compatible dengan  WP terbaru. Sepertinya kasus saya  ada, sepertinya ada masalah dengan Plug-in atau juga bisa masalah koneksi internet di Web Hosting-nya  Jika masih penasaran anda bisa upgrade lagi, disarankan untuk melakukan backup data di wordpress terlebih dahulu. Selamat mencoba.

3 comments:

  1. Lo kok bisa ada file .maintenance

    ReplyDelete
  2. Setahu saya file ".maintenance" ada ketiak proses upgrade, supaya muncul tulisan under maintenace di WP. Klu Upgrade berhasil, file ini hilang dg sendirinya..
    nah klu Upgrade gagal.. '.maintenance" maitenance tetap nonggol.. Kayaknya gitu dech om andi.

    ReplyDelete
  3. klo beta lebih ska upgrade manual...tp skrg blm smpt update lg... takut ntar eror malah gak bisa balikin lg..disamping koneksi yg lemot membuat beta enggan otak-atik blog... cukup update isinya aja.. :)

    ReplyDelete