Monday, February 8, 2010

Cara Membuat Link Wifi untuk Jarak jauh

Saya ada sebuah pertanyaan tentang Jaringan WiFi dari mas Bagoes lewat jejaring FB, mungkin lebih baik jawabnya saya share-kan disini saja. Pertanyaannya kurang lebih seperti ini : "Klo saya masang Antena WiFi dan saya mau ngincer area hotspot dalam jangkauan 20km bisa tidak ya? Dan Kalau dari tempat saya menuju area hotspot tidak terhalang (LoS) tapi Antena WiFi yang di pasang di tempat hotspot tersebut tidak tinggi dalam artian di pasang di atas genteng. Apa saya bisa menjangkau sinyal WiFi nya?" Jawabnya bisa Iya, bisa tidak, kerana ada hal-hal teknis yang perlu diperhatikan. Supaya lebih bermanfaat saya share-kan pengetahuan yang saya miliki disini.Sebuah record WiFi link yang saya ketahu bisa mencapai jarak 304 Km *), namun hal tersebut tidak dapat dengan mudah dicapai ada analisa dan perhitungan serta penggunaan WiFi dan antena yang sesuai. Ada beberapa hal yang harus diketahui :




  1. Sebuah Access point (perangkat WiFi) mempuyai Daya yang beraneka mulai kurang dari 100 mWatt dan hingga lebih dari 1000 mWatt. Umumnya perangkat WiFi mempuyai daya 200 - 600 mWatt. Anda bisa lihat spesifikasi detail sebelum anda membeli WiFi. Ada perangkat WiFi yang tidak menuangkan daya dalam dB (Desibell) tidak mWatt, untuk konversi anda bisa memanfaatkan Konversi dB ke mWatt *). Misalnya 600 mWatt akan setara dengan 27.78 dB.

  2. Dengan daya yang besar, secara umum daya akan terpancar relatif lebih jauh. Namun ingat di WiFi adalah band ISM, ada daya maksimal yang diperbolehkan, lebih detai bisa dilihat di EIRP.

  3. Sinyal WiFi menggunakan gelombang Mikro yang secara teori bisa maksimal jika merambat lurus tanpa halangan (LOS / line of Sight).

  4. Untuk mengarahkan pancaran WiFi anda berbagai jenis antena yang bisa digunakan, antena bawaan pada wifi (indoor) umumnya adalah anten Omni directional dengan gain kecil (gain diukur dalam dBm). Antena jenis lain adalaha antena pengarah, parabolik, sectoral, kaleng, dll. Yang mempunyai pola arahan sendiri-sendiri, sehingga misal kita tidak berada pada area yang "terarah oleh Antena" kemungkinan kita tidak akan menerima sinyak yang bagus, meskipun jaraknya jauh. dan sebaliknya, bisa jadi jarak yang jauh malah mendapatkan sinyal lebih bagus karena sesuai arah antenna.

  5. Hal yang lain, WiFi menggunakan frekuensi bebas (band ISM), sehingga akan banyak sinyal-sinyal Wifi yang mempunyai frekuensi (kanal yang sama). hal ini bisa jadi mengakibatkan terjadinya interferensi yang merusak akan menurunkan, atau saling mengganggu WiFi. perlu dilakukan survey untuk pemilihan kanal yang tepat. Kanal yang ada adalah 1-13 (di Indonesia setahu saya yang di ijikan hanya 1 - 11). Beda negara beda regulasi.

  6. Pada WiFi link jarak perbedaan pengarahan beberapa derajat saja mungkin bisa jadi menghilangkan atau menurunkan kualitas sinyal, oleh karena itu biasanya Antena WiFi terpasang pada tower yang permanen untuk mengurangi pergeseran yang tidak diharapkan.


Kembali ke pertanyaan diatas, mungkin saya coba ulas menurut pendapat dan pengalaman sedikit yang saya punya Jarak 20 Km relatif masih terjangkau oleh WiFi namun sudah mulai pada tingkatan sangat kritis dan ada pertanyaan yang mungkin perlu dicari tahu :




  1. Apakah daya WiFi cukup besar atau standar misalnya 400 atau 600 mWatt atau lebih, jika kurang mungkin agak susah.

  2. Apakah antena mengarah ke lokasi anda, jika iya ada kemungkinan bisa namun anda perlu menggunakan antenna seperti Grid, Solid Disk supaya daya lebih terfokus.

  3. Hal-hal tersebut diatas adalah pertimbangan teknis, Jawaban yang pasti adalah anda perlu melakukan survey sendiri untuk memastikan, mungkin bisa jadi anda akan mendapatkan sinyal tersebut meski dengan tidak sekali mencoba. Kalau anda yakin itu LOS ada harapan besar anda bisa terkoneksi dengan pertimbangan hal-hal diatas.


[caption id="attachment_1384" align="aligncenter" width="360"] Antena Parabola TV yang di Modifikasi untuk WiFi[/caption]

Update : 17 Februari 2010 :

Revisi, record Link WiFi terjauh yang saya ketahu adalah sejauh 382 Km, dipresentasikan pada 18 Mei 2007, Project ini didanai oleh ICA-IDRC. http://www.eslared.org.ve/english.htm


Update 12 April 2010 : Gambaran Diagram  link Wireless jarak-jauh bagi Pemula dan Perangkat yang dibutuhkan, silahkan request via Komentar dibawah ini.  Akan saya Kirimkan ke email anda.


Update 19 April 2010 : contoh peralatan yang dibutuhkan bisa dilihat di gambar berikut ini : Link dengan WiFi Membangun Link WiFi Internet Jarak Jauh


Update 21 September 2010


Berikut contoh Antena WiFi yang saya gunakan untuk Jarak jauh. Antena ini cukup bagus dengan harga yang sesuai dengan Kualitasnya. Nama Antena ini adalah Antena Solid Disk dengan merk Hyperlink dengan gain 27dBi dan bekerja pada WiFi 802.11a atau Pada Frekuensi sekitar 5 Ghz ( 5150 -5850 Mhz)




[caption id="attachment_2119" align="aligncenter" width="360"] Antena Solid Disk 27 dBi (Parabola) untuk WiFi 5Ghz[/caption]

 2009 Imam [at] Jogja


Mohon maaf Komnetar di Tulisan ini saya tutup karena sudah terlalu panjang, anda bisa melajutkan membaca dan  berkomentar di Lanjutan Tulisan ini di Cara Membuat Link Wifi untuk Jarak jauh (bagian 2)


Notes :




Update : 29 Oktober 2012

Sebuah Komentar dari Mas Bagus di NTT, bagus.****@gmail.com :  "Saya sudah mencoba dan sukses,wifi 2.4ghz jarak 47km di NTT, oktober 2012, pakai ant grid, mikrotik radio 30b, 1000mwatt"

264 comments:

  1. nice info....tp kyknya susah jg buat dipraktekin..he..he..

    ReplyDelete
  2. Mas Irawan cepet banget smpe TKP-nya.
    Bisa diparktekin asal ada "Ubo rampene" kata orang jawa.

    Masukdnya pernah pernik dan perangkatnya ada.. Kakyanya sya juga pingin banget bisa nyoba WiFi jauh link untuk support internet ke pedalaman..

    ReplyDelete
  3. Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    Hermwan
    (022)7780367, 085220144433
    email : phermawan_66 [at] yahoo.co.id

    ReplyDelete
  4. @Hermawan, wa alaikum salam. Tanggapan saya kirim via email. semoga bermanfaat. Trims

    ReplyDelete
  5. yang di emailkan ke mas hermawan... kirimkan ke email saya juga dong... ga adil thoooo....
    nasib saya lebih menyedihkan, soalnya aku tinggal di pedalaman sul-sel... disini ga ada speedy (adanya cuman sepeda OnThel).... kami pakai VSAT dari 3g-net yang cepaaatt... kaya bekicot (ups..)
    ditunggu yha...
    email : akhlisalwayssmile [at] gmail.com ata embohh[at]gmail.com

    ReplyDelete
  6. Pak saya juga mau dong peralatan dan setingan yan gdi perlukan untuk link 20 km, toloing kirim ke email saya ya pak... makasih

    ReplyDelete
  7. Ass. Wr. Wb.
    Setelah sana sini akhirnya ketemu sama kang mas, salam kenal dari orang ciamis, mohon bantuannya mas saya dulu penggemar radio IC2N, skarang mau ngerintis sama teman-teman (penggemar radio IC2N juga) untuk membuat hotspot. jaraknya 20km ke pusat kota, daerahnya agak berbukit. Apa saja yang diperlukan untuk pembuatan hotspot tersebut?
    Wasalam

    ReplyDelete
  8. Salam kenal Kang Asep saya juga pernah pake 2m band cm gak bgt aktip (dan gak pnya call sign) :)
    Apa yg diperlukan untuk Hostpot, jaraknta jauh?
    1. Ada Koneksi Internet (yg dipusat kota itu yah)
    2. Link Pusat Kota ke daerah
    3. Radio Access Point yg dpasang di Dareah anda.

    Lebih detail saya emailkan

    ReplyDelete
  9. @akhlis saya email sedikit gambaran, mkin bisa di jd masuk di Folder SPAM :)

    ReplyDelete
  10. aku juga sama seperti temen2 yg lain, cara membuat antena hotspot menjadi jarak tempuhnya berkilo2.
    thanks sesudah dan sebelumnya.

    ReplyDelete
  11. @cpu
    Untuk jarak bbrp kilo saya sarankan menggunakan antena yg parabolik /Grid, supaya gain bisa tinggi.
    Klau mau "ngoprek" bisa coba pake antena Parabola, mkin yg model kecil. Gede jg gpp tp kin susah masang jd vertkalnya
    (kayak di gambar)

    ReplyDelete
  12. salam kenal semua........
    aqu jg mau dong di kirimin e-mail cara2 atau perangkat2 yg di butuhkan buat nyambung ke hotspot.....

    ReplyDelete
  13. maaf ke tinggalan alamat e-mailnya ini mail_ericks@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  14. MAs @erics Update 19 April 2010 : contoh peralatan yang dibutuhkan bisa dilihat di gambar berikut ini : Link dengan WiFi Membangun Link WiFi Internet Jarak Jauh
    http://imm.web.id/wp-content/uploads/2010/02/Membangun-Link-WiFi-Internet-Jarak-Jauh.pdf

    ReplyDelete
  15. Mas,tolong dong dikirim ke email saya ariefnet.arief17@gmail.com mengenai gambaran diagram link wireless jarak jauh dan perangkat yang dibutuhkan.Mohon bantuannya,ya Mas.THANX

    ReplyDelete
  16. yoi bos..
    aku juga tertarik buat antena segitu jaraknya..
    kiri referensinya ya bos...
    thanks sebelumnya..

    alamt email ku : adit***@yahoo.co.id
    thanks eo..

    ReplyDelete
  17. salam kenal mas,
    aqu jg mau dong di kirimin e-mail cara2 atau perangkat2 yg di butuhkan buat nyambung ke hotspot…..
    trim"s

    ReplyDelete
  18. Mas,saya di Kalimantan sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat jaringan dan/atau dengan koneksi speedy yang ada di rumah, apa saja peralatan (hardware-software) yang harus saya sediakan dan bagaimana cara settingannya serta kira-2 berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya. (Mas tolong banget jawaban juga di e-mail ke: singgih****@yahoo.com)

    terimakasih,
    singgih

    Jawaban saya email ke mas Sigit, mohon cek di Bulk/spam jika tidak ada di INBOX

    ReplyDelete
  19. saya tertarik untuk membuat dan memilkinya. tapi, mas bisa gak posting anggaran biaya yang harus dikeluarkan. terima kasih

    ReplyDelete
  20. Mas.. tolong kirim ke email saya juga ya...
    yang ingin saya tanyakan sama seperti mas singgih.
    terima kasih...

    ReplyDelete
  21. mas aku minta kirimin juga pertanyaan sama

    ReplyDelete
  22. @tong: baik mas, saya email. Mohon di cek.

    ReplyDelete
  23. Saya mau tanya, kalau jarak hanya 3 km dari area free hotspot supaya biaya minim tapi hasil maks peralatan apa saja yang dibutuhkan? Thank infonya..

    ReplyDelete
  24. tolong dong.kepingin juga untuk informasi wifi jarak jauh

    ReplyDelete
  25. Sudah di emial mas, Mohon di CEK. :)

    ReplyDelete
  26. assalamuallaikum.
    sebelumnya mohon maaf, sy mau tanya di rumah saya pakai speedy exekutif yang 2mbps, saya ingin shared ke sekeliling lingkungan rumah 15 user, kurang lebih jaraknya 100m bisa ga klo menggunakan wi-fi, dan kalau bisa menggunakan yang jenis apa....

    makasih.

    ReplyDelete
  27. @ei keren:
    Bisa, AP langung di hubungkan ke Modem.
    namun passowd/ proteksi sama (share).
    jawaban saya emailkan ya mas.

    ReplyDelete
  28. mas, sy ingin menshare speedy tanpa server/komputer, bisa gak ya. bisa tlg kirim email tutorialnya. mksh.

    ReplyDelete
  29. @pram: Bisa pake Swucth/Hub, Wifi AP, Wifi+Router atau Routerboard. Secara detail saya Email yah mas..

    ReplyDelete
  30. @pram: Secara khusus saya beluma da mas.. Cuma Konsep diatas bisa menjelaskan. Prisipnya pake WiFi dan Antenna yang sesuai.
    Jika butuh bantuan survey dan aplikasi bisa kontak saya :)

    ReplyDelete
  31. wuuss... muantap salam knl semuanya, mas kirim juga duong informasi wifi jarak jauhnya kebetulan sy punya antena parabola yg nganggur.

    ReplyDelete
  32. Artikel bagus mas, saya butuh bantuan soal tutorial atau pun diagram yang di maksud di atas, email saya ncupz[at]hotmail.com

    Kronologis :
    Saya mahasiswa teknis sipil dan kos, jarak kost'an saya kurang lebih 700 m ke hotspot kampus saya. pertanyaannya bisakah saya akses hotspot tersebut mengingat jauhnya jarak, dan apakah bisa jika tanpa hardware wifi jika pake CPU biasa, laptop juga ada si.

    soal info tutorialnya di bahas dalam bahasa harfiah aja mas kalo bisa karena saya bukan org IT yang ngerti istilah sehubungan dengan hal di atas dan tolong di kirim diagram versi sederhana saja..hehee

    sebelumnya terima kasih.

    ReplyDelete
  33. parabola bisa di cari titik fokusnya dikombinasikan dg Antena Kaleng (Wifi USB) atau Access Point
    @adelojer
    @ute : perlu dilihat dulu apakah Wifi Kampus ada di Luar (ourdoor)? jika ya kemungkinan bisa diterima dg USB Wifi+WajanBolik jika Los. Atau Accepoint + Antena Grid.
    Jika WiFi Kampus indoor, kecil kemungkinan bisa diterima dari jarak 700-an meter (apalagi terhalang /tidal LOS).

    ReplyDelete
  34. Skrg kan ada Software WiFree. yang katannya bisa utk akses ke Free Hotspot (ex.Hotel, Pelabuhan Udara). Yang jadi pertanyaan, [1]Settingnya untuk Software WiFree bgm mas? [2]Apa memang bisa ? Mohon pencerahannya.

    Salam kenal dari saya,
    Hadi

    ReplyDelete
  35. aku jug amau mas, dikabarin ke email saya.

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    08191545****
    email : ant*******@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  36. Assalamu'alaikum.,

    salam kenal mas.,
    ane mo nanya niih.,
    paman ane mo bkin warnet yang lumayan jauh dari kota., kira" 20km gitu., dan tempat ane G d'laluin ma jaringan telf.,
    rencana'y mo make speedy., udah nanya d'plasa., kta'y biaya bkin tower'y aja butuh dana 3jt.,
    kira - kira solusi yang pas buat budget yg minim dan gimana yah.,??
    mohon jawaban'y.,
    Syukron Katsir.,
    Jazakallohu khoiron katsir.,
    email: andinaell@ymail.com

    ReplyDelete
  37. yah.. tetep aja harus pakai tower. Tapi kalo mau pakai speedy ya mesti dana harus besar untuk bulanannya. Kalo mau agak ngirit harus cari provider wireless terdekat, kalo hanya 20km masih bisa, saya pernah bantu teman pasang dengan jarak 30km sinyal juga bagus tp tower harus tinggi.

    ReplyDelete
  38. @NANO tuh ams 30 km pake perangkat apa mas?
    dah tahan berapa lama?

    ReplyDelete
  39. Mau juga ah triknya, bisa dibisikin ke email saya ya Mas? Trim's dulu deh atas kesediaannya, hehe!

    ReplyDelete
  40. Assalamualaikum...saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom,saya tunggu konfirmasinya mas kalau bisa sama hitung2 biayanya sekitar berapa. Trims

    ReplyDelete
  41. Mlm mas..maaf mas kebetulan saya dan temen saya mau buat hotspot radius 3km, bisa di krimin lewat Email mas alat2 yg pas yg diperlukan serta skema pemasanganNya.
    Makasih sebelumnya.
    rafcycell@gmail.com

    ReplyDelete
  42. Mas @Elhadiry @Andi @Rastanz jawaban saya email, mOhon bisa di cek. Trims

    ReplyDelete
  43. Assalamualaikum…pak saya mau tanya
    bahan-bahan apa saja yg bsa membuat antena kaleng ya pak
    dan gimana cara membuatnya
    tolong saya dberikan informasinya pak.

    trima kasih

    ReplyDelete
  44. @fariz: saya balas via Email mas, trims

    ReplyDelete
  45. Assalamualikum,
    mas saya mau buka warnet ke 2 jaraknya sktar 17 Km, dari warnet 1, tp blm ada jalur telkomnya...kira" kalo share dri warnet 1 kira" bisa ga..trus peralatannya apa aja...
    Saya sangat menunggu informasinyakalo bisa via email
    Terimakasih.
    oejank
    email : aujank212@gmail.com

    ReplyDelete
  46. Mas @oejank jawaban saya email.

    ReplyDelete
  47. kalau mau pesan aja gimana pak?
    posisi saya 7 kilo dari hotspot pusat kota
    dan saya sudah punya parabolanya

    ReplyDelete
  48. mohon pencerahan, saya buat antena wifi bekas astro tinggi antena 7 m, tapi untuk tembak hotspot yg jaraknya 4 km kenapa nggak bisa saya pakai usb wifi tp-link- tl- wn422g dan kebel usb 10 m apa ada yg salah, mohon pencerahan.

    makasih

    ReplyDelete
  49. @gesang: Silahkan email saya pak, saya yg parabola model diatas tidak jual. Tp perangkat networking yg "bermerk" ada.

    @HeruSupriyanto: 4 km jarak yang jauh mas, mkin klu pake USB WiFi gak nyampe. Kecualai LOS dan Parabola wifinya (pas & sensitif).

    ReplyDelete
  50. usb wifinya mesti diganti apa

    ReplyDelete
  51. @Heru Supriyanto: Untuk jarak jauh (4km termasuk jauh) ada banyak faktor yg mesti diamati. antara lain :
    1. Apakah Antena Wifi berada di luar (tower)?
    2. Apakah Antena WiFi mengarah ke arah kita?
    3. Pada jarak jauh membutuhkan tingkat ke presisian arah yang tepat. sebaiknya antena Astronya di cek untuk survey sekitar apakah berfungsi baik?
    4. Bisa coba gunakan WiFi access point, untuk memfokuskan antena parabolik. digunakan Feed Horn.

    ReplyDelete
  52. untuk antena hotspot berada di luar tapi tidak pakai tower ( hanya untuk lingkungan kurang lebih jaraknya hanya 20-30 meter aja dan antena tidak mengarah ke kita, antena saya tinggi 7 meter pakai pipa 1" untuk nangkap wifi sekitar walau antena astro tidak mengarah ke lokasi wifi sekitar masih bisa nangkap 4 hotspot dg kualitas 40 - 60 % kalau usb wifinya diganti dg wifi acces point pakai merk & typenya seperi apa karena banyak merk dan typenya, maklum saya nggak ngerti masalah seperti ini dan saya baru nyoba sekali ini

    ReplyDelete
  53. @Heru:
    Saya lihat bpk tidak menggunakan antena tambahan di WiFi Kntr?
    Saya rasa kemungkinan kecil bisa sampe rmh (4km) apalagi Antena WiFi Kantor tidak terlihat dari Tower di rmh.

    Saya rasa seblum exxperimen dg yg di rmh, bpk pastikan dulu :
    - Sinyal WIFi bisa menyebar dg bagus
    - Klu memang ingin di tembak dari rumah, gunakan Antena Pengarah di Kedua sisi
    - LoS Terpenuhi.
    - Daya WiFi di kedua Sisi cukup Kuat (tidak semua WiFi berdaya besar). Wifi daya kecil mungkin hanay bisa diterima beberapa puluh meter saja.

    ReplyDelete
  54. mau nanya, gimana caranya mengecek winbox lewat server lain alias mengecek jarak jauh... boleh ga' tuh??? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  55. salam mas,sy pemakai laptop pertama kali,sy ada masalah dengan jaringan network di rumah.yg ingin sy tanyakan knp gak ada signal di kamar sy yg jaraknya 500m dr wireles,yg posisinya kamar di lantai bawah,alat apa yg hrs sy beli biar bs tangkap signal.yg kebetulan sy berlokasi di spanyol.tolong jawabanya di e mail.salam

    ReplyDelete
  56. Pak imam saya juga mau untuk peralatan yang di perlukan untuk link 20 km makasih

    ReplyDelete
  57. @yamani: sudah dijawab via email, silahkan di cek :)

    ReplyDelete
  58. Posting yang sangat menarik ..memang ini bukan dunia ku , tp semoga aku dapat sesuatu setelah membacanya ... wkwkwk


    Resep masakan

    ReplyDelete
  59. tolong dibantu juga broer, kelengkapan dan RAB nya HS 20km. thx.

    ReplyDelete
  60. mas tolong krimkan via email cara nangkap signal wifi yang jaraknya sekitar 2-3 kilometer dari tempat saya dan alat-alat apa saja yang digunakan ...tolong ya mas kutunggu ni email saya
    madhi_jers@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  61. mas bisa nggak saya ikut menimba ilmu, sekedar untuk mematangkan ilmu saya, pengen banget punya hospot yg bisa menjangkau daerah pedalaman kasian biar mereka bisa menimba informasi kemjuan jaman, dirumah ada speedy tapi nggak tau gimana cara mbuatnya, mohon pencerahannya ke eail saya makasih mas
    admin : saya jwb via email :)

    ReplyDelete
  62. Waahh, ulasan yg sangat menarik, ini yg sy cari2. Tolong pencerahannya mas, ttg alat dan kelengkapannya utk membuat hotspot range 1km. Sementara sy ada router rumahan yg biasa sy pake sbg AP mode, jd bs kirim sinyal wifi serumah, apakah klo antena wifi rumah ini sy buka kemudian sy taruh deket atap, rangenya bs lebih luas? Berapa meter max kabel perpanjangan antena tsb? Terima kasih...sangat ditunggu ulasannya

    ReplyDelete
  63. Artikel yg di ulas sangat menarik dan saya juga ingin mengaplikasikannya di daerah saya yg termasuk pelosok di prov Jambi kab. Sarolangun,
    kirim ya mas ke yudhagokilabies@yahoo.com

    ReplyDelete
  64. Cobaaaa.... kalo mas imam rumahnya. deket...
    mungkin tiap hari aku beliin bakso... sambil bikinin aku antena wifi... haha.
    karena jauh...
    yaa... aku cuma minta dikirimin doank donk via email ku.
    boleh kan mas... aku gak ngasih bakso.
    tapi.. pliiiiiisss banget kirim ya via emailku.... aku juga kpingin.

    ReplyDelete
  65. mas @madhi @adi @abdul @yudha @ramas Semua saya email, silahkan di Cek kembali :)

    ReplyDelete
  66. trims atas artikelnya mas...perlengkapan apa saja yg perlu di gunakan untuk menangkap hotspot jarak 2KM,tp terhalang ga LOS.kalau parabola yang sudah ga terpakai sih ada.trims eky_sikill@yahoo.com

    ReplyDelete
  67. @Eki Syarat utamanya Los mas, klu itu tidak terpenuhi akan sangat susah untuk konek. Tp klu tidak Losnya krn pohon", mkin masih bisa 2km.

    Bisa pakai salah satu :
    - Parabola + WiFi AP
    - Parabola + WiFi Ap + Antenna (untuk Feed)
    - Parabola + WiFi USB (kurang bagus u/ jarak jauh)

    ReplyDelete
  68. Nanya Om,
    ane pengen buat semacam Hotspot, dgn jarak jangkauan lebih dari 10km, dengan target lebih dr 50 user, alat apa aja yang hrus dipersiapkan..? sedangkan ane pakai alat >> 2.4GHz High Power Wireless Outdoor CPE Model No. TL-WA5210G.

    Mohon pencerahan nya om ke email.

    trimakasih

    ReplyDelete
  69. Nanya Om, ane pengen buat semacam Hotspot, dgn jarak jangkauan lebih dari 10km
    > Pake Routerboard + Ant Grid/Solid disk untuk point to Point

    dengan target lebih dr 50 user, alat apa ...
    > RB yang di Lokasi Remote-nya ditambah card lagi + Antena yg sesuai

    ReplyDelete
  70. mas tolong gimana caranya bisa menangkap signal WIFI free yang jaraknya sekitar 20 Km, alat apa saja yang digunakan, terima ksh...

    ReplyDelete
  71. Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja nam alat2 nya dan brp dana yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.
    > admin : sudah dijawab via Email silahkan cek.

    ReplyDelete
  72. makasih ea yng udah ngasih ne ilmu,,
    ne ilmu sngat bermamfaat,,
    tpi saya mao tanya juga ne,,
    qlo s andai'a kta pasng wifi thu dkat bnget ma counter qta pasng wi fi,n qta mnggunakn antena yng kyak d atas juga,,
    pa bsa gak ea,,,

    ReplyDelete
  73. @fajri: Untuk Wifi antena yg umum digunakan adalah Antena Grid /Solid disk untuk (point to point) jarak jauh. Tidak sebesar parabola :)
    Tetap ditarud Diatas biar bisa Los dengan t4 yg akan di konek-kan.

    ReplyDelete
  74. saya tertarik dengan wifi 20 km. sebelumnya saya sangat berterima kasih atas ilmu yang anda informasikan ini. mungkin bisa dikirimkan ke alamat email saya. terima kasih.

    ReplyDelete
  75. email kesaya juga mas thanks sebelumnya
    bobby_iriawans@yahoo.com

    ReplyDelete
  76. mas aku juga pengen tu wifi 20 km tolong mas kirimkan informasi pemasangannya dan pernagkatnya

    ReplyDelete
  77. Permisi. Email ke saya juga dong Mas diagram sama perangkat yg diperlukan untuk wifi jarak jauh ini.terimakasih sebelumnya. wayan.raka@gmail.com

    ReplyDelete
  78. saya tinggal di desa,saya mempunyai perngkat komputer,tapi saya kepingin bisa konek internet.setahu saya jarak dari desa saya ke perangkat wifi 7 km.perangkat wifi tersebut milik Perusahaan yg di gratiskan untuk karyawan dalam radius 500 m.mohon bang masukannya bagai mana caranya saya bisa menangkap sinal wifi tersebut.

    ReplyDelete
  79. @Yuri, coa di pelajari/cari tahu dahulu :
    1. Apakah Atenna WiF PT tsb juga menyebar ke segala arah?
    2. Radius 500 yg sudah ada itu, diterima pake apa?

    Krn jaraj 7km termasuk jauh, umumnya untuk kualitas bagus digunakan perangkat Point to Point, kedua sisi menggunakan Perangkat WiFi+Antena Pengarah.

    Klu mau mencoba (pelajari dan dicoba) yang perlu :
    - Tower supaya LOS mkin sktr 25-30 meter (asal tidak kehalang)
    - Radio WiFi Misal Bullet NS2
    - Antena Grid
    - Kabel Antena (perkiraan hrg saya emaiL)

    ReplyDelete
  80. Mau tanya n mkasih sbelumnya...saya rencana mo buka warnet tp g ada line telpnya jd hrs dgn p2p dgn kwan sejauh lbhkurng 10 km. yg ingin saya tanyakan perangkat apa saja yang diperlukan yg cukup bgus untuk jrak trsebut, jumlahnya, merek dan jg kisaran harganya. ditmpat tmen saya udah ada tower setinggi lbhkurng 28m dan ditmpat sy jg mau dipsang tower stinggi itu.tlng di bls ke email sy aja.Wassalam....

    ReplyDelete
  81. assalamu'alaikum kang..
    asya tertarik bgt dgn wafi jarak jauhnya...
    soalnya saya tinggal di daerah yg rawan dgn wifi..
    jarak rumah dgn t4 hotspot krg lebih 20KM..
    apa saja yg harus saya persiapkan?
    mohon pencerahan dari akang...
    maturnuwun

    ReplyDelete
  82. mas, boleh minta dikirimin juga ya........mau nyoba ni....setelah saya baca2 saya tertarik

    ReplyDelete
  83. mas boleh juga tu yabg 20km bisikin di email donk????

    ReplyDelete
  84. kirim ke saya jg mas,,smua rincian masalh rt/rw net ini..sy pengen banget bkin warnet,tapi daerah kami gak masuk jalur telp..adanya cuma sinyal gprs dari provider tlkmsel sama xl..kami tinggal di kerinci - jambi yg daerah nya dikelilingi bukit-bukit yang tinggi...mohon solusi dari mas..

    mylordjhams@gmail.com

    ReplyDelete
  85. mas, saya mau buat wifi dari rumah ke sekolah saya, jarak 4 km bagaimana caranya, kasihan sekolah belum ada jaringan intenet. thx..

    ReplyDelete
  86. Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    Ali Shobirin
    085866699991
    email : shobirin80@yahoo.com

    ReplyDelete
  87. mas,minta bantuanya...!di daerahku ada sebuah vila,di situ ada jaringan hotspotnya.tetangga yg berjarak sekitar 100m bisa menikmati fasilitas itu.diluar radius 100m sinyal makin kurang bahkan sinyal tidak terdeteksi (aku sdh tes dgn laptop).sedangkan,rumahku dengan vila itu berjarak 700 meter kondisi terhalang gedung2 kr2 tingginya 7 meteran.Pertanyaan saya:
    - Bagaimana caranya agar bisa menangkap sinyal wifi dari rumahku yg berjarak 700m.
    -alat apa saja yang digunakan?
    -saya punya TP-link USB wifi adapter & antena grid.tp,sdh sy cb naikan pakai tower yg tingginya 7 meter sinyalnya g terdeteksi.klo mau ditinggikan lg,susah bikin USB extendernya krna makin panjang kabel UTP untuk USB,USB makin LOSS & ngedrop.

    kira2 saya harus beli alat apa lagi agar sinyal dari vila itu bisa terdeteksi dari rumah saya.
    sekalian mau tanya,apa perbedanan antara Wifi USB dengan Acces Point karna sy msh awam.
    mohon dibantu ya mas,sebelumnya sy ucapkan terimakasih...
    tlg di kirim ke E-mail saya : cah_playen@ymail.com

    ReplyDelete
  88. [...] Cara membuat Jaringan Wireless jarak jauh penghubung 2 lokasi [...]

    ReplyDelete
  89. saya mau nanya untuk buat wajan bolik yang bisa nangkap wifii 1km harus pakai usb minimal berapa mbps

    ReplyDelete
  90. @akmal : Mbps-nay tdak terlalu berpengaruh, gunakan USB WiFi yang mempunyai daya cukup besar. Lihat Spesifikasi dBm-nya.

    ReplyDelete
  91. assalamu'alaikum
    saya dari Dompu NTB, udah pasang hotspot menggunakan antena Omni TP-Link dan 1 buah AP TP-Link outdoor menghadap ke timur,,
    saya mau nanya :
    kenapa jarak jangkau ke timur lebih besar daripada ke arah lain,, padahal katanya bias sinyal antena Omni TP-Link 180 derajat
    apa yang harus saya tambahkan dan berapa biayanya,,
    tolong di kirim ke email saya,,,,terima kasih,,

    ReplyDelete
  92. waalaikum salam wr wb,
    Antena Omni dipasang normal (tegak) akan menyebar kesegara Arah memutar. 360drajat bukan 180 derajat.
    AP apa yang digunakan, misal TP link 5210. Apakah Setingan di AP sudah menggunakan dibuha ke : Extended Antena?

    ReplyDelete
  93. Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  94. Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    andy
    hp:081993974242
    email: Andi_sugaraputra@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  95. jawabsan saya email :
    1. Survey dahulu, apakah mungkin? : http://imm.web.id/2011/09/estimasi-link-wireless-point-to-point-dengan-software/
    2. tentukan tinggi Antena
    3. Pilih Perangkat yang sesuai Detail saya email kan.

    ReplyDelete
  96. Assalamualikum, saya tinggal di daerah yang tidak ada jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saudara saya yang jaraknya sekitar 12 km.tp ada penghalang gunung. klo ada antena di atas gunung apa tetap bisa menangkap sinyal wifi? perangkat apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?saya minta skema / gambarnya ya mas
    Saya sangat menunggu informasinya dan kalo boleh saya minta nomor telponya mas, biar saya bisa menjelaskan lebih jauh permasalahan tersebut lebih jelas.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  97. assalamualaikum wr.wb, mas aq tertarik dengan wifi jarak jauh, pertanyaan :
    1. bagaimana cara membangun wifi jarak jauh tsb.
    2. aq punya AirGrid M2(2.4Ghz AirMax 11x14" Grid antena Feed) aq mo pake ni antena buat nembak hotspot, sementara ini saya coba dulu tuk konek ke rumah kakak jarak 10m( AP Linksys WAP54G, no passwrd), dari info yg aq dpt katanya musti di nonaktifkn fasilitas airmaxy,aq dah login AirOS/192.168.1.20 => ussr/pswrd:ubnt, coz ga tau settingan yg benar jadi aq otak atik sendiri, akhirnya restart lg dan aq g bisa tuk login kembali ke airOS, pertanyaan saya :
    a. bagaimana Cara me-reset airgrid M2 ke setting pabrikan
    b. cara setting airgrid buat konek ke AP yg beda merk (tutorial : mana yg musti di centang, di isi apa dll)
    c. bagaimana cara menyetting AP Linksys WAP54G untuk Bridge. maksud saya saya punya Linksys WAP54G mau saya konek ke AP Kakak(WAP54G) biar sinyal di rumahq lebih kuat,
    mohon kirim jawaban ke email Aq, trima kasih atas bantuanya, wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  98. Bagaimana cara mendesain blog yang bagus dan mudah disusun html-nya

    ReplyDelete
  99. Bisa minta Gambaran Diagram link Wireless jarak-jauh bagi Pemula? Ini email saya : f_rozaq@ymail.com
    Trims...

    ReplyDelete
  100. Assalamualikum, saya tinggal di daerah yang tidak ada jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saudara saya yang jaraknya sekitar 12 km.tp ada penghalang rumah bertingkat. klo ada antena di atas gunung apa tetap bisa menangkap sinyal wifi? perangkat apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya? Bisa minta Gambaran Diagram link Wireless jarak-jauh bagi Pemula? Ini email saya :AliBustommy@gmail.com, trims mas smg sukses slalu

    ReplyDelete
  101. Kalau di daerah pegunungan bisa gak mas...??? Dan kira2 berapaan biayanya mas.., mohon bantuannya mas. Saya sangat tertarik dengan wifi jarak jauh ini mas.

    ReplyDelete
  102. selamat pagi mas,
    saya pengen konek ke wifi kantor jarak dari rumah sekitar 300m. tp antena kantor indoor bisa ga ya mas? klo bisa butuh alat apa saja sm biaya brp?

    ReplyDelete
  103. selamat pagi dan salam kenal mas.
    saya newbi tentang wifi mas, mohon bantuannya, di kantor akan di pasang internet ( astinet ) dulunya sudah di pasang speedy, pengennya bos saya tidak hanya di kantor saja yang bisa internetan di asrama juga harus bisa, jarak antara kantor dan mess kurang lebih 650 meter, dulu sempat saya ikut kan instalasi LAN utk internetnya, tapi masalahnya jaringan itu banyak di pakai orang, di khawatirkan akan di salah gunakan, sempat pake mikrotik, masalahnya, komputer yang di LAN juga kesulitan akses ke komputer lainnya karena harus masukin password juga, mohon bantuannya, kira2 alat apa saja yang di butuhkan utk jaringan wifi agar astinet bisa maksimal, dan mohon di berikan skema atau gambar jaringannya...bisa di kirimkan di ...
    terima kasih atas shearing ilmunya mas, semoga barokah buat sampean dan saya, semoga Allah membalas kebaikan sampean dengan sbaik2nya.

    ReplyDelete
  104. @rian: Perlu di Survey dahulu.
    @kim: Saya kirimkan via email segera yah, bis cek di Spam jika tidak masuk cek "spam yah"

    ReplyDelete
  105. matur suwun mas,
    satu lagi mas, masuk akal gak kalo konekkan internet dari mikrotik ke kabel telepon trus di konekkan ke modem ADSL trus di sambungkan ke AP....klo masuk akal dan bisa, alat apa yang di butuhkan..utk konverter dari mikrotik ke kabel telepon..dan alat penunjang lainnya....trima kasih mas, btw, kenapa mas g buat forum shearing aja di blog atau di web ini...?

    ReplyDelete
  106. @kim : Maksudnya kabel telp (isi 2) digunakan sebagai pengganti kabel LAN yah? Bisa, tp mungkin sudah cari konverternya tau hrgnya mahal.
    Saya belm pernh, ini terlalu ribet dan Kecepataanya pasti kurang dari kecepatan LAN.

    ReplyDelete
  107. bos tlgin dong ak dong. tuk membuat hotspot rt/rw. sementara ini jangkauan pancar naik-turun di jarak 200m. aku pake tp-link w8101G dan antena bawaan tp-link masih ori. gmn mas??

    ReplyDelete
  108. mas kirimin jg dunk ni alamat emailonya

    aku tunggu mas

    ReplyDelete
  109. Tolong di tanggepin pertanyaan saya mas.

    ReplyDelete
  110. @vendi : Tp link w8101G dayanya cukup kecil. kuarng satbail untuk outdoor. Sebaiknay pake AP > 400mwatt dan Antena Omni (Vezatek/Hyperlink).
    @Ibnu & Juoga: saya jawab via email

    ReplyDelete
  111. mas bro tolong gwe kasih tau cara lengkap pembuatannya utuk WIFI jarak jauh ini dan perlengkapan yg di gunakannya kasih juga berapa anggaran yg di kluarin.... balas ke email

    ReplyDelete
  112. mas bro gimana cara seting/koneksi wa5210g sebagai accespoint dan wa5110g sebagai repeater? saya coba seting kok gak bisa konek mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  113. Mas Imam tlg kasih tau antena Antena Solid Disk 27 dBi (Parabola) untuk WiFi 5Ghz itu berapa harganya sekarang + ongkos kirim ke Bireuen - Aceh. Trima kasih mas Imam.

    Admin :
    Sudah diajwab via SMS mas :)

    ReplyDelete
  114. saya leptop bagaimana cara pasang antena wifi

    ReplyDelete
  115. Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah saya seperti teman2 lainya, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya,
    utk Hardwarenya saya sudah mempunyai :
    1. Omni Outdoor Antenna OM-R11-07U
    2. Wirelees A.P 300 mbps
    3. Tiang antena Tinggi 10 M
    pertanyaanx, seharusnya saya menyediakan Hardwarex apa?? dan berapa biayanya? Mohon Pencerahannya Pak
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  116. slaam knal mas...
    sy mo membuat hospot..tp sy tinggal d daerah pedesaan yg tdak da jaringan telkomnya..mohon bantuanya..mngnai harga alat dan cara pmasangannya jga mas. tlong krim via email : malikabdu13@yahoo.com

    ReplyDelete
  117. Terima kasih jika berkenan mengirimkan saya "Gambaran Diagram Link Wireless jarak jauh bagi pemula.." saya tunggu informasi dari bapak :) email saya mafatahna@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  118. maaf mas,..saya juga mohon kirimkn refrensi tentang wifi jarak jauh nya,...klo nd kberatan juga biaya yang diperlukan,..terima kasih sebelumny,...email saya :

    ReplyDelete
  119. ass.wr.wb
    saya mo buka warnet tapi pake wi-fi sambungan telkom tdk ada bisa ga yach? apa aja barang yang diperlukan, berapa kira2 biayanya?

    ReplyDelete
  120. Assalamualikum,saya mau membuka warnet ,tpi permasalahannya saya tiggal di daerah tidak ada telkom,namun yang ada parabola saja ,bagaimna caranya dan apa saja perangkatnya yang dibutuhkan untuk membuatjaringan internet yang berbasis wifi dengan mengunakan parabola tv?

    ReplyDelete
  121. aku jug amau mas, dikabarin ke email saya.

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    email :

    ReplyDelete
  122. Ass..
    Mas ijin nanya, saya kan mau buat anteana wajanbolic untuk mendapat sinyal wifi yang jaraknya sekitar 300 meter dari router merk TP-LINK TD-W8101G, apakah bisa memakai USB ADAPTER merk TPLink TL-WN422G?? dan apa yang harus diperhatikan sebelum membeli USB ADAPTER yang cocok untuk router diatas dengan jarak 300meter?? mohon dibalsa ya MAS, terimaksih

    ReplyDelete
  123. Hi Mas Imam..

    Saya menggunakan speedy dengan modem TP-Link tipe TL-wr741nd bisa gak untuk jarak jauh? soalnya selama ini jangkauannya cuma 3 meter (disekitar area rumah saja)

    Terima kasih

    ReplyDelete
  124. saya lupa nihh'''brapa harganya sama pasang siap pakai. tempat yg mau di pasang daerah kepri(batam)

    ReplyDelete
  125. kirim ke ane gan...ane pgen coba!

    ReplyDelete
  126. pak imam, boleh nanya donk..
    bagaimana caranya share internet dari LAN, biar dapat diterusin masuk via wifi laptop. tapi bukan dengan software connectify (krna OS'a XP).

    jadi topologinya..

    GW - LAN - WIFI LAPTOP (sebagai repeater) - LAPTOP/CELL PHONE

    setting apa saja yang harus dilakukan?

    nuwun

    ReplyDelete
  127. aku jug amau pak, dikabarin ke email saya.

    slamat malam pak, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya? jarak yang di rencanakan sekitar 8 km. dan speedy yang mau saka kirim 1 mb.
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  128. mas @edwin @kinkom @fendy dan dll : saya email, tolong cek emailnya, mkin nyangkut dispam.
    Jika blm ada bisa kontak saya pakai Koemntar/Kontak Form. Trims

    ReplyDelete
  129. Minta juga dong diagram link nya Wifi 20 km. Penting nih...proyek kantor.

    ReplyDelete
  130. Akhirnya nemu juga artikel yang aku cari. Kalau bisa tolong solusi untuk saya:
    Jarak rumahku dengan antena pemancar WiFi (linksys) kira-kira 200 meter aku pakai USB Wifi BlueLink dan antena Yagi. tapi keterimanya sanagat lemah hingga susah konek ke internetnya. Tolong dong gimana caranya? Makasih banget atas bantuannya.
    Salam.

    ReplyDelete
  131. @Rohmat Sunaryo dan @dodi :
    Saya email, bisa di cek.Semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  132. Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  133. Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.
    (Iponk)

    ReplyDelete
  134. Assalamualaikum Wr Wb. saya ada proyek pemasangan jaringan wifi, tapi saya masi bingung!!!! yg mana jaringan tersebut mempunyai 3 titik yg akan di kerjakan, yg mana dari jaringan induk akan di bagi lg ke tempat lokasi yg berbeda!! tlg bantuaannya dong, tlg buat anggaran dana dan alat2 yg diperlukan ?

    ReplyDelete
  135. Irawanqueen, Iponk : jawaban via email, Jika tdk masuk cek di Spam yah.

    ReplyDelete
  136. mas Irawan salah nulis email, email Mental.
    Waalaikum salam,

    Untuk pembuatan ANggran kami perlu banyak dataantara lain :
    -Lokasi dimana dan titik yg ada.
    -Ketersedian Tower
    -Siapa yg lakukan Instalasi
    -Kebutuhan perangkat yg : sangat Handal, handal / yg biasa (hrgnya beda)

    Dalam proyek" yang pernhs aya kerjakan, ini adalah perkjan sebagai Konsultan.

    ReplyDelete
  137. ass.wr.wb.aku jug amau pak, dikabarin ke email saya.

    slamat malam pak, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet untuk 20 computer pake mikrotik.di daerah saya tidak di lewati jalur telkom, jadi apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?

    tolong pak di kirim di email saya ya pak,karna saya SANGAT membutuhkanya...

    nieh EMAIL_Q pak. ghafurnet@ymail.com

    ReplyDelete
  138. SAYA UDH PERNAH MEMBUAT WARNET TAPI MEMAKAI TENAGA TEHNISI DENGAN JARAT 16 KM UDARA KARENA DAERAH KAMI PEGUNUNGAN MAKA KAMI PAKAI REPIETER YANG DI PASANG DI KETIGGIAN (GUNUNG)LALU DIPANTUL KE TEMPAT (DAERAH PEMUKIMAN TAPI RENDAH TEMPATNYA KURANG LEBIH 6 BULAN BERJALAN LANJAR SEKARANG TEHNISI ITU TIDAK PERNAH DATANG ADA KERUSAKAN TIDAK ADA MEMPERBAIKI
    ALAT KAMI MEREK BULLET TOLONG SOLUSINYA MAS WASSALAM

    ReplyDelete
  139. mas...tolong ajar gua gi mana nk dptkn wifi 20 km...ini email sya...lala.lili31@yahoo.com or lala.lili31@gmail.com

    ReplyDelete
  140. assalamuaikaum..
    mas, mau nanya nih. yang beginian bisa diterapin buat sinyal ponsel gak? daerah saya sinyal ponsel itu ilang2an, mohon bantuannya mas.
    oh ya, saya minta juga yah gambarannya buat wifi 20km, pengen nyoba. makasih mas..

    ReplyDelete
  141. @taswi : sudah di email yah.
    @Iwan: Untuk seluar ada antena sendiri yg bisa digunakan u/ memperkuat.

    ReplyDelete
  142. Mas imam Aq juga mau nyoba....tlngnya kirim di e-mail.
    di rumah ada parabola rusak... nik mau tak buat wifi jarah 20km trimaksih

    ReplyDelete
  143. Assalamualaikum…saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom,saya tunggu konfirmasinya mas kalau bisa sama hitung2 biayanya sekitar berapa.
    Dan Sekalian aja bg ya krimin jg untuk membangun hospot jarak radius 3 km peralatan apa saja yang dibutuhkan? krimin ke-email:siranggong@yahoo.com...sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih bg..

    ReplyDelete
  144. tapi wife klo di pake ramai2 dalam 1 ruangan kok suka lemot ya...

    ReplyDelete
  145. Mas imam,curhat dong.....
    didaerah saya ada warnet buka tapi pakai antena luar setinggi 25 meter,nah jarak warnet kerumah saya 100 mtr.lalu bisakah saya numpang atau " nebeng gratis " Online juga,kalau bisa saya harus pakai alat dan bahan apa saja mas untuk bisa connect layaknya warnet tsb,terima kasih.

    ReplyDelete
  146. bang rencana saya mau buat hotspot rt-rw di lokasi perumahan,sy sdh puX AP merk UBNT Bullet2HP tpi sy msh bingung cari antena yg bgus pancaranX biar bisa di trima di skitar prumahan tsb wlaupun di dlam rumah dngan mnggunakn wifi laptop,pertaxaan saya antena model bgm yg bisa mngcover sluruh prumhan dan tinggi antenaX minimum brp meter???mhon pencerahanX bang,jwabX ke email sy sj m4cungcoy@gmail.com ,trima ksih SbelumX bang....

    ReplyDelete
  147. @harahap: mkin bisa/mungkin tidak tgt: LOS, Letak AP Warnet, Security di warnet

    @M4cung : Untuk mengcover area Luas, gunakan bnk AP yg di Repeaterkan (WDS-kan).

    ReplyDelete
  148. mksud sy klu untuk di prumahan kompleks kira2 pke AP bullet 2HP dan antena sperti apa biar bisa mngcover walaupun mmakai wifi laptop dlam rumah??
    maaf bang klu boleh tau apa i2 bnk??maklum newbie

    ReplyDelete
  149. Mas Imam, tolong saya dikirimi daftar alat-alat yang dibutuhkan untuk menembak sinyal Wifi dengan jarak 5 km beserta teknik menembaknya (gambar bila ada) ke email ulumbobungka@yahoo.co.id Semoga Mas Imam semakin sukses. Terima kasih.

    ReplyDelete
  150. @Ulum & @m4cung: saya jawab via Email.

    ReplyDelete
  151. Asslm..
    mas Imam mau nanya untuk buat wirelles point 2 point untuk di rumah dgn luas 1030 m2 gmana ? kebutuhan alat yg cocok apa & konfigurasinya ...makasih .emailkan:akhmad.subarjah@gmail.com

    ReplyDelete
  152. Mas imam, saya mau pasang wifi kira2 jarak 5 km, tolong mas kira2 alat2 apa saja yang dibutuhkan, mohon bantuannya mas emailkan ke monggoe_net@yahoo.com

    ReplyDelete
  153. mantab gan, BW ke tempat ane ya!! hehehehe

    ReplyDelete
  154. aslm

    mas aku mau nanya klw estimasi biayax semuax kra@ berapa yach............

    ReplyDelete
  155. Bisa tidak ya perangkat pc desktop dgn system os mikrotik dipasangkan antena gain solid disk? Bisa diemail cara pasangnya dan harga antena? Untuk konsep jangkauan 20 km dibutuhkan alat apa saja dan berapa biaya? Thanks

    ReplyDelete
  156. Pak imam saya juga mau untuk peralatan yang di perlukan untuk link 15km,saya sudah ada jaringan speedy,,trima kasih

    ReplyDelete
  157. Assalamualaikum…saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom,saya tunggu konfirmasinya mas kalau bisa sama hitung2 biayanya sekitar berapa. Trims
    > Hitungan pekiraan biaya bisa download: http://imm.web.id/dl

    ReplyDelete
  158. askum...mas sy pngn menyebarkan sinyal wifi untuk satu rw, kira2 jarak 1.5km, kbtulan rumahku d tmpt yg tinggi tp bnyk pohon. Alat2 Apa saja yg sy prlukan biar rw sy trjangkau wifi smua? Mhn email k sy. Trims bnyk

    ReplyDelete
  159. kirimkan skema gambarnya mas... tolong ya mas

    ReplyDelete
  160. tolong infonya mas tentang antena untuk mendapatkan sinyal wifi jarak 5 km karena di daerah saya tidak ada speedy. alat apa yang digunakan dan berapa perkiraan biayanya
    > mas bisa download file : http://imm.web.id/dl

    ReplyDelete
  161. tolong info lengkapnya mas tentang peralatan dan antena wifi jarak jauh. info jarak rumah ke hotspot 5 km dengan banyak pohon Apakah dengan antena parabola. tolong email skema dan gambarnya ya pak ... thanks sebelumnya
    > mas bisa download file : http://imm.web.id/dl

    ReplyDelete
  162. KAKEHAN PERTANYAAN, ORA ONO SING DIJAWAB BLASSSSSSSS...!!!! PAYAH2...
    > Pertanyaan yang minta jwb via email, sya jawb sesuai permintaan.
    > Maaf klu tidak berkenan Mas (nama tidak jelas) dan Email..(tidak jelas)

    ReplyDelete
  163. Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  164. @mas Buka saya tidak jawab, Silahkan Cek jawaban" saya kirim ke email masing" :) jika tidak masuk silahkan coba cek di folder SPAM. Downlaod Tutorila Link harak jauh bisa dimbil di link Berikut : http://imm.web.id/dl

    ReplyDelete
  165. dikantor saya memasang wifi dengan wireless outdoor cpe modeltl-wa5210g dari tp-link freg range 2.4-2.4835 ghz dengan ketinggian 10 m dari graund.
    dan jarak kantor dan rumah saya berjarak 25 km apa bisa saya
    memasang ant penyadap wifi tsb dan alat pendukung apa aja agar saya bisa menikmati hotspot tsb namun bisa ga dengan anggaran minim (rakit sendiri)
    mohon pencerahannya .
    tolong kirim ke email saya mas . terimakasih

    ReplyDelete
  166. Mas tolong di email cara nembak wifi dengan jarak kurang lebig 20 Km dan tolong disertakan berapa kira2 biaya yang dikeluarkan.. terima kasih. email ke : yuliantopati@gmail.com

    ReplyDelete
  167. mas, ku mw nanya ne.. di rumah, laptop nangkap sinyal wifi namanya T-link, dan B-link. tpi, no signal.. ketika di coba di konek, dia minta security key.. gemana solusinya mas, biar ane bisa internetan pkai toe sinyal !!
    dan bagaimana agar sinyal nya kuat, jdie tak no signal lagi...
    terima kasih.....

    ReplyDelete
  168. @Ijul: sudah di email
    @hanafi:
    1. coba tanya ke pemilik AP trsb Key-nya apa
    2. Cara lain di hack (Ilegal) :).
    3. Biar kuat pake USB Wifi + Antena Kaleng/wajan atau pake Access Point dtaruh di Tower.

    ReplyDelete
  169. MAs Imam, saya tinggal di Baturaden. Jarak ke Kota Purwokerto sangat jauh. Ingin tahu alat apa aja yg diperlukan agar signal stabil? Dan biaya berapa? Jarak dari rumah ke kota sekitar 10 Km.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  170. Mas,
    Mohom maap sebelumnya. saya mendowload software easyhotspot, setelah saya otak-atik saya dpt memakainya sebagai management dan billing hotspot, dari speedy saya, bagi rekan-rekan yang membutuhkan saya sudah membuatkan cdnya dan panduan menginstallnya, silahkan kirim email ke: sandyduta@yahoo.co.id ( mohon maap kalau ad ongkir dan biaya cdnya Rp.100.000 : sofware ) makasih

    ReplyDelete
  171. ane jg may ni mas,long ya krimkn cara2 Dan alat2 Yang harus ane butuh kan untuk dapt nangkap sinyal wifi jarak 20km.and may bikin usaha wifi jg ni mas,,long ya mas

    ReplyDelete
  172. Asswrwb mas sy bikin hotspot pribadi ketinggian 8m,pake ap outdoor tp link wa5210g n router tp link mr 3420... Gimana agar jangkauany bisa jauh?ada tmbhn alat apa saja? Oh ya klo ada teknik hotspot memakai ht/ jalur vhf beserta wifi yg bisa jarak 20km kirim ke email saya yoe92rama@gmail.com .trims

    ReplyDelete
  173. ass..mas saya juga mau trik dan tips nya utk wifi 20km nya..brapa biaya yg hrus di sediakan..tolong email kan ke mikhael.azham@yahoo.com..trims

    ReplyDelete
  174. Ass...dan salam kenal
    Mas bagaiman cara mengambil hotspot jarak 1 km, krn tiap dosen punya password msng2 daripada hrs ke kampus terutama malam hari, klo dari rmh bisa..kan lebih baik serta alat apa yg perlu disediakan...(sy punya wajanbolic)..krm ke e-mail thotoks@gmail.com... trim's banyak

    ReplyDelete
  175. mas tolong dibantu juga ya saya, dikirimi artikel. tutorial apa ajalah yang bisa agar saya koneksi ke internet padahal jarak telkom speedy dari tempatku 20km

    salam dari aku ipung alumni jogja PPKP (ipung_cwsmg@yahoo.com)

    ReplyDelete
  176. Mas, saya mau mengkoneksikan wifi dari rumah saya ke kantor saya (jarak 3-5 Km)? Wifi di kantor saya menggunakan antena grid yang mengarah ke utara, sedangkan saya di selatan (antena wifi kantor tidak mengarah ke rumah saya), bagusnya saya menggunakan antena apa ya agar terkoneksi? Dan peralatan apa saja yang diperlukan? Saya punya wifi TL-WA500G dan TL-MR3420. Mohon pencerahannya. Terima kasih banyak ya mas.

    ReplyDelete
  177. @all : tmn" yg bth file link jarak jauh bisa download lwt link di sidebar.

    ReplyDelete
  178. @Bambang : Selama Antenna Grid tidak mengarah ke lokasi mas, pd selain arah yang dituju (jarak 2-3km) tdk bisa digunakan.
    Solusi, pasang dikantor Ant Omni/grid arah ke rumah mas.

    ReplyDelete
  179. Salam kenal, saya tinggal di pedesaan, ingin menyebarkan internet ke masyarakat pedesaan, radius 20 KM dari titik dimana ada line telp speedy, mohon dibantu link point-to point beserta peralatannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  180. kelupaan, mohon kirim via email info@toweran.net

    ReplyDelete
  181. ass.wr.wb,
    Salam kenal, saya pengen membangun wifi 8Km. dengan peralatn : AP TP-link WA5210G+antena Tp-link grid 2,4Ghz, mohon petunjuk dan setting Ap, terima kasih banyak!

    ReplyDelete
  182. Mohon maaf, e-mail : rjacomputer@gmail.com

    ReplyDelete
  183. aq mau aq mau jg info'e... :)

    ReplyDelete
  184. gan mohon bantuannya yaa, sy sudah bisa konek ke free hotspot via wajan bolik, ip sudah ada tapi ada bacaan no network acses dan ga bisa browsing, penyebabbnya apa y gan. tq

    ReplyDelete
  185. met siang ..mas,nie mau nanya untuk anten wajan bolic ukurannya berapa ya?soalnya kita mau buat untuk antenenya.mumpung daerah hotspotnya kurang lebih 100m.kita pakai tp-link usb wifi.kalau tidak pakai antene luar apa bisa?tolong penjelasannya ya masss

    ReplyDelete
  186. salam kenal,mas...saya mau tanya,ap ada antena omni yang bs tmbus sampe 100m atau lbh langsung k wifi lptop dan di gunakan di dlm ruangan...slama ini sya pake AP tp-link WA5110 dan antena omni tp-link 12db sgt mengcwakan,jarak krng lbh 20m ud sgt lemah didlm ruangan,bhkan g tembus...mhon bantuannya,dedy_k@ymail.com

    ReplyDelete
  187. ass wrwb mas imam,saya mohon pencerahan,saat ini saya pake akses speedy dgn modem wifi zte paket,saya mau di share kebetulan untuk penginapan berbentuk bungalow,saat ini ada sebagian kamar yg tdk tercover signal wifi mungkin terhalang dinding,padahal jarak dari modem wifi ke kamar tsb berkisar 20 m,saya berniat mau pergunakan repeter wifi,merk dan type apa yg kira2 bagus dgn jangkauan dan pancaran signal yang besar,kalau bisa repeter tanpa kabel/wireles yg bisa di share dgn beberapa kamar mas,mhn pencerahannya..thx mas

    ReplyDelete
  188. Salam, Saya ingin membuat hotspot dengan jarak 2 km, mohon info apa saja yg diperlukan dan cara settingnya bagaimana, krn tempat saya kerja sdh tidak ada line telkom utk pasang speedy,sehingga saya bermaksud bikin hotspot dari tempat lain ke tempat saya,saya sdh coba dengan modem dengan menggunakan operator GSM yg lain semuanya lola termasuk CDMA yg bersemboyan I hate slow.. Mohon di emailkan ke email saya.
    Salam
    bagus_aufa@hotmail.com

    ReplyDelete
  189. assalamualaikum,,,,,,,,,,,,, saya hanya singgah sebentar,, dari segi teori sngat banyak saya temui antena wajan bolic bahkan sampai para bolic yang mencapai 4km,, tetapi setelah saya coba ternyata satu pun gak ada yang berhasil,, ada pencerahannya gak?? mgkin ada alat2 yang lain yang melengkapi modul2 tersebut

    ReplyDelete
  190. gan.. ane krimin settingannya jg ya... butuh bgt nih gan. mksih seblmnya.

    email: sihuma@ovi.com

    ReplyDelete
  191. Ini comment saya yang kedua, comment pertama lom direspon. Salam kenal, saya tinggal di pedesaan, ingin menyebarkan internet ke masyarakat pedesaan, radius 20 KM dari titik dimana ada line telp speedy, mohon dibantu link point-to point beserta peralatannya, mohon dikirim via email info@toweran.net. Terima kasih.

    ReplyDelete
  192. mas @syafrudin, @sihun cek email yah. mkin ada di Spam/Junk mail.
    joexe: secara Teori Bisa alsakan LOS dan Kontruksi Antena Benar, pad frek 2,4 Ghz membutuhkan tingkat presisi yg tinggi selisih 1-2 mm bisa berpengaruh besar.

    ReplyDelete
  193. Mas Saya pengen bikin wifi jarak 5km...mohon dibantu alat apa saja yg di perlukan dan kisaran harganya...trims bantuannya. mohon di kirim via email danir434@gmail.com

    ReplyDelete
  194. Mas imam, boleh saya juga dikirimkan email yg sama dengan yg mas imam kirim ke teman2 diatas? saya akan membangun warnet hotspot radius 5-8 km, tapi sebelumnya saya butuh belajar banyak. Trims.

    Oh ya, ini email saya= arlan_bdn@yahoo.com

    ReplyDelete