Wednesday, November 25, 2015

Menambahkan menu File Manager di User Virtualmin

Dalam Webmin (Virtualmin) versi 1.770 saat ini sudah delengkapi dengan File Manager non Java (JRE). Sehingga pengguna bisa menikmati File Manager tanpa harus menggunajan Java Run Time Environment (JRE). Cukup menggunakan Browser biasa File manager bsia terbuka. File manager ini jauh lebih ringan dari pada java file manager. Anda bisa daptakan file Manager ini dengan upgarde webmin ada ke versi yang terkini (1.770) atau yang lebih baru lagi.


Dalam akses di Webmin Configuration File manager ada di dalam Menu "Other". Namun sayangnya secara default File manager belum otomatis tersetup pada setiap user di Virtualmin. User biasa selain root masih diberi fasilitas Java File Manager saja. Sehingga perlu sedikit di Konfigurasi supaya user biasa bisa menggunakan File Manager.


Virtualmin-file-manager2


Berikut ini langkah yang bisa di tenpuh untuk menambahkan modul File Manager ke user biasa di Virtualmin




  1. Masuk ke virtualmin dan pilih menu Utama Webmin

  2. Kategori Webmin --> Webmin User

  3. Pilih salah satu user yang akan diberi akses. Jika Muncul Halaman denan Tulisan "This Webmin user should not be edited as it is managed by the Virtualmin Virtual Servers (GPL) module. Click here to bypass this warning and edit the user anyway - but beware that any manual changes may be over-written!" KLik saja di CLICK Here

  4. Anda akan masuk ke Menu Edit Webmin User

  5. Pilih Available Webmin modules dan Klik Pada File manager untuk melakukan pengaturan, yang utama antara lain : Can edit module configuration? pilih NO dan  Access files as Unix user : Same as Webmin login. Supaya akses ke File Manager sesuai user yang login bukan sebagai root. Simpan.

  6. Kembali ke Available Webmin modules dan di Menu Other Centang di Menu "File Manager" Simpan

  7. Ulangi langkah yang sama untuk user lain


Module Access Control

Saat ini saya belum temukan penggantain konfiguarsi untuk user banayk secara masal. Anda bisa coba logout dan login dengan user yang lain (yang sudah di set tadi)

 

1 comment:

  1. […] Dalam akses di Webmin di File manager ada di dalam Menu “Other”. Namun sayangnya secara default File manager belum otomatis tersetup pada setiap user di Virtualmin. User biasa selain root masih diberi fasilitas Java File Manager saja. Sehingga perlu sedikit di Konfigurasi supaya user biasa bisa menggunakan File Manager. Namun anda bisa tambahkan secara mudah fitur ini caranya anda bisa buka link ini Menambahkan menu File Manager di User Virtualmin. […]

    ReplyDelete