Thursday, March 22, 2012

Upgrade Wordpress secara masal di Server Linux

Anda punya banyak website dalam server sendiri (punya akses root) dan pernah ada kasus harus mengupgrade wordpress yang jumlahnya banyak. Mungkin lelah jika harus mengupgrade wordpress secara otomastis harus login ke setiap blog yang ada. Sebenarnya prinsips Upgrade wordpress yang saya ketahui, proses Upgarde hanya melakukan Replace file Wordpress lama dengan yang baru dan kadang juga perlu mengUpgrade database. Bagaimana caranya supaya lebih cepat dan mudah jika Wordpress-nya ada banyak?


Cara yang mudah namun primitif (karena harus pake akses ke kosole) yang saya temuka adalah denga menggunakan script yang bisa mengotomatiskan proses : download, extraksi file, backup dan upgrade (replace file). Sebelum menemukan script ini saya juga sempat mencoba beberapa cara yang mirip namun belum menggunakan script, hanya perintah yang dijalankan lewat konsole. Berikut cara-cara yang pernah saya coba. Oya, semua perintah ini dijalankan via konsol milsa dengan akses via SSH.


Cara manual Download dengan wget dan extraksi file :




  1. Akses via SSH

  2. misal masuk ke dir /tmp --> cd /tmp

  3. wget http://wordpress.org/latest.zip

  4. ekstraksi file (menggunakan unzip)

  5. file wordpress aan terletak di /tmp/wordpress

  6. Mengcopy + Replace File Wordpress ke direktori tujuan

  7. Misal public_html ada di /home/blog/public_html/ makan gunakan perintah cp -avr /tmp/wordpress/* /home/blog/public_html/

  8. Anda juga perlu mengatur kembali kepemilikan file Wordpress yang update.

  9. Anda bisa mengulang jalankan perintah ini dengan mengubah lokasi tujuan pengcopy-an.


Cara ini mungkin kurang aman karena kita tidak melakukan backup data terlebih dahulu. Namun selama saya melakukan alhamdulilah belum pernah gagal/error. Jika anda belum perh mencoba dan mau melakukan sebaiknya gunakan server Testing tertebih dahulu sebagai antisipasi.


Cara kedua dengan menggunakan Script (semi) Otomatis


Saya menemukan tutorial ini di http://b.ri.mu/ dan sudah saya coba untuk mengupgrade wordpress yang jumlahnya puluhan, ternyata sangat membantu. Bagaimana caranya.




  1. Login ke Server sebagai root

  2. masuk ke direktori /tmp --> cd /tmp

  3. Ambil script terbaru di sini : wget http://b.ri.mu/files/wordpress-upgrade-3.3.1.sh

  4. Anda perlu mengedit FINDDIR=/var/www dengan lokasi www (httdocs/ public html) yang anda gunakan. Misal di tempat saya lokasi file web server berada di /home

  5. Mejalankan Script bash wordpress-upgrade-3.3.1.sh

  6. Ketika script ini dijalankan versi wordpress yanga da dalam direktori /home satu persatu apakah sudah Up to date atau belum.

  7. Jika file Wordpress belum update, script ini akan menanyakan apakah akan mengupagade. Jika Ya prosess Upgrade akan berjalan secara otomatis.


Pada saat proses Upgrade Script ini secara otomatis akan :

  • Mendowload file wordpress dan extraksi

  • Membackup file wordpress i /root/wp_upgrade/

  • Menyeting Wordpress dalam status maintenace

  • mengubah kepemilikan file Wordpress sesuai user masing-masing.


Sebelum mengupgrade pastikan juga Plug-in yang anda gunakan juga bisa berjalan baik di versi wordpress terbaru.

No comments:

Post a Comment