Saturday, August 27, 2011

10+ Penyebab dan Solusi tidak Konek Internet di PC OS Windows

Secara Normal jika Komputer / laptop terhubung dalam jaringan Internet bai lewat LAN atau WiFi akan bisa lansung terhubung ke Internet (jika Internet Free). Namun dimungkinkan koneksi tidak berjalan dengan normal, padahal anda yakin tidak terkena Virus atau mallware. Sebaiknya jangan buru-buru menyalahkan pemilik jaringan, coba analisa dahulu, siapa tahu masalah ada di perangkat kita. Berikut beberapa masalah yang mungkin anda termukan :




  1. Komputer tidak bisa mendapat IP secara otomatis, padahal komputer sebelah bisa dan koneksi Internet Normal.

  2. Renew IP tidak memberikan Hasil

  3. Pemberian IP secara manual, Network Connected namun tidak memperbaiki koneksi internet. Ketika Brosing tetap saja error.

  4. Tidak bisa ping ke luar komputer kita apalagi ke Internet, padalah Komputer sebelah bisa.


Jika anda yakin kealahan bukan pada jaringan diatas kita (Access Point atau Router). Karena Komputer teman yang menggunakan jaringan sama ternyata bisa Browsing dengan Normal, bisa ajdi masalah ada di Komputer kita. Hasl diatas bisa diakibatkan oleh program jahat semacam malware, atau Virus atau bisa juga karena ada bagian dari sistem PC kita yang error.



Menurut rizonesoft.com ada setidaknya 11 hal/masalah yang mungkin menyebabkan sitsem jaringan kita menajdi error. Permasalahan yang ada tersebut bisa dilakukan perbaikan sistem /komponen pensukung sistem yaitu:




  1. Reset Internet protocol (TCP /IP)

  2. Repain winsock (reset catalog)

  3. Renew Internet Connection

  4. Flush DNS Resolver Cache : Membersihkan temporari alamat DNS yang tersimpan di PC kita.  Secara default PC kita juga menjaid DNS resolver.

  5. Repair Internet Explorer

  6. Clear Windows Update History

  7. Repair Windows /  Automatic Update

  8. Repair HTTPS/SSL/ Chriptography

  9. Reset Windows Firewall Configuration

  10. Restore the Default hosts file : file .hosts sering manjadi sasaran Virus/mallware, file ini berisi defauut localhost (127.0.0.1). Kadang di rubah/ditambahi dengan DNS palsu oleh program jahat.

  11. Repair Workgroup Computer view


RizoneSoft.com sudah mengemas dalam sebuah software yang langsung bisa di jalankan untuk memperbaiki kemungkinan kesalahan sistem yang ada. Software bersifat Portabel dan ini bisa di download secara gratis di rizonesoft.com.


Update 7 Februari 2013 :


Software ini bernama : Complete Internet Repair bisa di downlaod di Link berikut : http://datum-forensics.com/2012/06/complete-internet-repair

80 comments:

  1. ya mas ... windows q sering ga connect lo pake modem ... ok tak cobanya mas ... nuwun

    ReplyDelete
  2. mas sidiq, penyebab utamanya tuh pulsanya ga ada.. :D

    ReplyDelete
  3. Aduh, ilmu saya nggak nyampe kalo harus cek kayak gitu pak, biasanya kalo sudah frustasi tingkat tinggi saya langsung babat habis (install ulang tanpa ampun) hehehehe...

    ReplyDelete
  4. nama softwr na pa gan..
    bingung saya...
    oy,wifi saya konek sih.. tapi pas browsing g bisa tu gan.. gmn tu,,..???

    ReplyDelete
  5. @ti :
    http://www.rizonesoft.com/2011/complete-internet-repair/

    ReplyDelete
  6. gan, komputer ane ko ga mau konek ya, sehbis menggunakan dns google jdi gitu gan, td'a ane kira modem'a yang bermasalah.
    tp ternyata modem ane bae" aja, mohon bantuan'a gan.
    > cek mudah dg ping, maslahanya di DNS atau Internet.
    > Jika bisa ping ke IP misal "ping 8.8.8.8" namun tidak bisa ping ke Domain seperti "ping google.com"
    > Masalanya ada di DNS yg dipakai.

    ReplyDelete
  7. saya kan install ulang Windows soal nya kna virus dah 2x install windows tpi ko' g' bisa ya connect ke LAN /internet
    tulisan nya "Can't found new hardware" gmn?

    ReplyDelete
  8. bro knp ya komputer gw baru diinstall ulang tapi tiap x konek ke internet eh .. die langsung restart sendiri dah gw coba bberapa modem tapi tetep bgitu terus knp ya mas bro ..
    spek pc
    - pentium 4 prosessr 3.2 ram 512

    ReplyDelete
  9. gan, ane punya masalah dengan wifi ne,...laptop ane gak mau connect ke wifinya kalo di install antivirus, apapun jenis antivirus itu kcuali smadav,...yea sampe skarang ane gak make antivirus, tolong kasi solusi gan buat ane bisa connect ke wifi,, tanpa harus menghapus antivirus..

    ReplyDelete
  10. mohon bantuannya, mungkin agan tau, kasus gw, gw pake 2 koneksi, ISP dan spidi ... dan pake 2 OS.. xp dan seven.. klo pake XP, 2 koneksi ini bisa konek inet dan gag bermasalah, tp klo seven, klo pake ISP, dibuat streaming, hanya bs 10%an,tp sewaktu di ganti spidi, streaming 100% sukses.. di sinilah permasalahann saya..

    ReplyDelete
  11. mohon dibantu..., klw sy pake modem ia conec.., tapi klw keWIFI, tidak mau conec.., napaya..? padahal pux temanQ finne2 aja..., apa ada yang mesti di atur sama computerx..?
    mohon bantuanx ya..,

    ReplyDelete
  12. mohon di share dong ilmunya om-om yang baek hati, laptop saya cpmpaq 515, port lan maupun wireless tidak mau terdeteksi secara automatic (aqcuaring melulu ), harus di setting manual dahulu...thx

    ReplyDelete
  13. modem tidak mau konek ke komputer.pdhl sinyalnya bagus.gmn ya solusinya.

    ReplyDelete
  14. [...] 10+ Penyebab dan Solusi tidak Konek Internet di PC OS Windows [...]

    ReplyDelete
  15. ane coba dulu gan. makasih sdah pos artikelnya.

    ReplyDelete
  16. mau coba punya kawan dulu bang, tengkuyu infonya

    ReplyDelete
  17. kpana modem gua gak suport ke lapto
    tapi pakai modeem lain bisa
    itu modemnya yang rusak atau gmana
    mohon sarannya

    ReplyDelete
  18. saya menggunakan modem GSM,tapi tidak mau konek ke PC,kalau di laptop bisa dan kalau menggunakan modem CDMA di PC bisa konek,mohon bantuannya bro

    ReplyDelete
  19. laptop saya pernah ga konek,,,,
    yadh saya bawa k t4 penjualnya,,,lalu diinstal ulang,,
    hilang dah data saya semuanya,,v kemudian bisa lg konek ,,
    sekarang dah mulai error lagi,,,lambat kadang konek kadang ga,,
    tlong sarannya,,,

    ReplyDelete
  20. mas,
    wifinya udah konek
    tapi waktu buka google chroom ga bisa , katanya coba lagi

    ReplyDelete
  21. pas googling nemu artikel ini, PC boss lg ga connect. Izin nyoba gan, thanks

    ReplyDelete
  22. Ane punya masalah nih gan, wifi dikampus ane ada yang bisa connect dan ada yang bisa. tapi kalo dilaptop lain kenapa bisa semua. ane udah coba install lagi driver wifi nya tapi tetep gak bisa connect ama itu sebagian wifi.
    tolong gan apa solusinya buat laptop ane, kalo ada solusi dari agan-agan tolong kirim di Email ane : ahmad_dj_pip@yahoo.com

    ReplyDelete
  23. gan jaringan internet komputer di kantor saya pake speedy dan wifi nya diaktifin. masalahnya klo ada yg konek wifi, langsung network LAN antar komputer jadi trobel (IP conflict). gimana neh cara mbenerinnnya..., thanks

    ReplyDelete
  24. .. mz gan mau minta tlong
    dengerin cerintanya yaa :D

    kan saya sudah dowload “secure F” (Software pengunci folder) tapi belum lah ada serial numbernya

    lah waktu dah habis masa trialnya saya biarin
    tpi kemrin ini foldernya saya buka ndak bisa..
    akhirnya “Secure F” ini sy Uninstall..

    trus waktu folde yg ke hidden itu sy buka mala ada Nitoce “Location is not availbale”

    yang sy mau tnyakan gimana dapetin Data-data sy yang belum sy sempet keluarin ituu..
    ..
    tlong mzz yaa
    be4 thanks… :) :)

    ReplyDelete
  25. gan ijin copas dan modifikasi yah....

    ReplyDelete
  26. gan modem saya bisa connect tapi tidak bisa browasing modem E 173

    ReplyDelete
  27. Ini ada pertanyaan:
    laptopku ada masalah,uda nemu wifinya trus dikonek tapi sudah konek gak jalan internetnya. mohon solusinya
    Thanks

    ReplyDelete
  28. mkasih artikelnya...sangat mmbantu....skrg lptop sy bisa connect lg....hehehehe

    ReplyDelete
  29. makasih infonya gan.. :D

    ReplyDelete
  30. Ini modem daya smartfren connex ce 682 ui pas saya diskonek lalu di conekkan lagi lama kali terkonek tulisannya autheching terus baru disconek padahal belum terhubung
    gimana ini kk

    ReplyDelete
  31. Ini ada pertanyaan mas:
    kompi saya baru install ulang Win 7,
    trus saya konek kan LAN, katanya "Internet Access", tapi wkt saya buka google, yg keluar malah "The Connection Has Time Out",
    trus saya coba ping dari cmd, hasilnya "Request timed out",
    itu knapa ya mas?

    ReplyDelete
  32. ok gan saya coba triknya, masalah yg ane punya sie klo pake cmd bisa di ping web nya tapi pas di browser malah request time out.

    ReplyDelete
  33. jarang nih info yang kayak begini, saya coba dulu, kalo sukses, saya sekaligus mau minta ijin share di blog saya... semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  34. mau tanya mas...??? maklum pemula......

    leptop saya tidak konek ke internet tapi dilancard nya status conected, ada tanda seru segitiga warna kuning.....

    doiagnosa problemnya : device or resource (web proxy) not responding.... kadang juga dns server nya..

    saya pake jaringan server di tempat kerja saya....

    mohon bantuannya mas... trims sebelumnya..

    ReplyDelete
  35. aku sudah download aplikasinya daj dijlankan di Pc warnetnya aku,tapi tetap tidak bisa connect di internet.,padahal komputer sebelah bisa.,,mohon pencerahanya Gan..,

    ReplyDelete
  36. kenapa komputer saya tidak connet setelah instal xp.sp2...???

    ReplyDelete
  37. Saya pake netbook accer kalo internetan cuma bisa buka email dari gooogle (gmail.com) sedangkan yang lain tidak.Aneh memang.Mohon solusinya.Trims

    ReplyDelete
  38. gan,komputer sya nggak mw connetc kalau buka facebook,padahal buka google bisa,gimana to gan,tolong solusinya

    ReplyDelete
  39. Kalau punya saya tidak ada bacaan Auto Connect nya sehingga tidak bisa diconnct di laptop tapi di komputer bisa. itu yang bermasalah laptop atau modemnya?

    ReplyDelete
  40. komputer ku cman bsa google dan baca komik online. facebook, twitter, email, streaming, download,buka video youtube dll gak bisa.
    kenapa ya itu , apa efek virus dan harus install ulang..

    ReplyDelete
  41. om ane mu tanya knapa di laptopku tiap aplikasi yg ngebutuhin koneksi internet selalu gabisa konek ke internet kaya ngeupdate antivirus selalu unable to connect , tpi kalo browsing lewat mozila dll bisa ....
    kenapa ya ?

    ReplyDelete
  42. Tanya master, pc lg di restore lum kelar mati lampu trus eror nongol tulisan. Windows coul not star because the following file is missing or corrupt:(windows root)/system32/ntoskrnl.exe plase re-install a copy ot the above file.MOHON SOLUSINYA

    ReplyDelete
  43. Makasih atas ilmunya mas...
    kemarin laptop gue jg sm, baru beli kartu baru kuota 2G tp yg bisa hanya buka fb aja. entah apa masalahnya q gk tau, mau cari di blog tp gk bisa masuk....
    mau tanya mas, apa pengaruh internet explorer jg pengaruh gk koneknya internet pada komputer kita ya???
    makasih mas, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  44. pakai modem sendiri cari lewat google bagus tapi pas di hospot google serch tidak bisa di akses??

    ReplyDelete
  45. [...] 10+ Penyebab dan Solusi tidak Konek Internet di PC OS Windows  [...]

    ReplyDelete
  46. sbelum'a sya mo blang, trima ksih bnget tuk artikel'a,
    yg bgitu bagus... :)
    klo bsa sih,,,, artikel'a agk pnjangan dkit kli ye...
    itu jah dri sya,,,
    sukses trus gan, tuk mmbuat artikel yg lbih mnarik lgi..:)

    ReplyDelete
  47. q kn installin lptop pke win8,,, nah. pas connect modem, kok " dial failed, try again later " terus...???
    dulu sih emang modem'a prtma d pakein pas OS win7...
    tp aneh'a, kok d laptop laen yg OS win8 bisa...???
    Padahal settingan modem'a sama persis...

    Mohon di bantu...

    ReplyDelete
  48. lagi saya coba softwarenya, saya centang semua gpp kan?

    ReplyDelete
  49. habis masukkan modem itu selalu muncul tulisan "network connection promp, you can't connect before register an available network." gimana itu mengatasi nya gan,, mohon bantuannya. terima kasih...

    ReplyDelete
  50. gan... knp ya komputer tmn gw tiap x konek ke internet eh .. die langsung restart sendiri dah gw coba bberapa modem tapi tetep bgitu terus knp ya mas bro ..
    spek pc
    - pentium 4 prosessr 3.2 ram 512

    ReplyDelete
  51. banyak pertanyaan tapi tidak ada jawaban.. lanjutan untuk solusi kosong.. coba dulu deh.. Gan komputer saya koq ga bsa conect ke operator ya.. padahal kabel conectnya nyala kuning.. saya otak otik trus bisa conect tapi kalo di nyalakan 24 jam mati sendiri trus ga bisa conect lagi kenapa ya.. ada solusi ga.. tolong bantuanya kirim ke email aja ace_pein@yahhoo.com makasih..

    ReplyDelete
  52. pc aku baru di instal ulang beberapa jam yg lalu, sewaktu download salahsatu software aplikasi tiba2 terputus hubungan internetnya, dan tertulis INTERNET PRIVACI, apakah dengan software COMPLETE INTERNET REPAIR bisa kembali normal, dan aku harus centang yg pilihan mana...? mohon infonya gan,......

    ReplyDelete
  53. hemmm....... a juga punya masalah kayak gitu,
    tapi mungkin masalahnya ga seberat teman semua yg bertanya.
    saya punya jawaban yg masalahnya tapi yang tadinya bisa konec, tpi setelah di instal atau discan anti virus jadi tidak konek.

    kita gunakan system restor...
    caranaya kita klik tombol Start > All programs >Accessories > System Tool > Sytem Restore .
    klik Next > pilih Tanggal ketika komputer keadaan Normal > Next.

    int

    ReplyDelete
  54. laptop gak masalah.sudah coba bawa modem lain semua bisa.tapi pas
    bawa ni modem saya gak bisa konek.cuman bisa beberapa detik pertama.selanjutnya gak bisa dibuat apa2.mohon pencerahanya.

    ReplyDelete
  55. thank's infonya ga tapi aku udah coba segala macem cara tp ttp ga bs browsing

    ReplyDelete
  56. thank's infonya gan tapi aku udah coba segala macem cara tp ttp ga bs browsing

    ReplyDelete
  57. Saya juga punya masalah ni, kemarin saya install avira di laptop saya, nah setelah itu laptop saya jadi banyak masalah seperti regedit is disabled, dan internet saya jika pake wifi ataupun modem apa aja, emang konek tapi pas mau ngebrowsing ga bisa disuruh try" gitu, trus di bawah ada tanda serunya. Mohon penjelasannya agan! Soalnya saya butuh internet banget. Thx Before

    ReplyDelete
  58. coba pake cara ini gan :

    1. start - run - msconfig
    a. di menu general pilih normal startup
    b. di menu startup di'enable'kan semua (apply)
    c. di menu service di'enable'kan semua (apply)

    lanjut
    2. start - run - services
    network connections - ubah jadi start & automatic
    network list service - ubah jadi start & automatic
    network location awareness - ubah jadi start & automatic
    netwotk store interface service - ubah jadi start & automatic

    restart komputer atau laptop agan..

    semoga bisa membantu..

    ReplyDelete
  59. coba pake cara ini gan :

    1. start – run – msconfig
    a. di menu general pilih normal startup
    b. di menu startup di’enable’kan semua (apply)
    c. di menu service di’enable’kan semua (apply)

    lanjut
    2. start – run – services
    network connections – ubah jadi start & automatic
    network list service – ubah jadi start & automatic
    network location awareness – ubah jadi start & automatic
    netwotk store interface service – ubah jadi start & automatic

    restart komputer atau laptop agan..

    semoga bisa membantu..

    ReplyDelete
  60. Wah makasih banyak infonya, sangat bermanfaat mas :) Komputer langsung bisa konek lagi :) Sebenernya udah berbulan2 ga bisa konek, soalnya katanya harus bawa CPU ke tempat servisnya.. Mikirnya sih daripada ribet bawa ke sana, mending udah aja biarin, masih ada laptop ini, kan bisa pake wi-finya. Eh, barusan baru inget mau cari info soal itu, ternyata nemu juga, dan sekali nemu langsung sukseees :) Sekali lagi makasih banyak ya :)Izin copas juga ya, aku mau buat artikelnya di blogku http://guguscerita.blogspot.com/ hehe :D Tapi tenang aja, aku buat artikel sendiri ko, dan sumber pasti di tuliskan :) Terima kasih sebelumnya ^_^

    ReplyDelete
  61. salah satu komputer di warnet sya tidak konek padahal yang lainya konec gimana ni gan solusinya,?

    ReplyDelete
  62. mas, maw nanya ini masalah dengan leptopqw,,,,
    leptopeqw gag bisa connect jika pkek wifi yang dari telkom ex: indischoo, wifi id dll jika makek yang tplink bisa masa,,,,,
    mohon solusinya masa...............

    ReplyDelete
  63. gan,,wifi ane bisa connect tapi ko' g mw jalan koneksinya,, nih masalahnya ap gan,, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  64. master...aku mau tanya...semula modem aku baik2 aja...pas download pakai idm....trus saya tidur...bia3 pas selesai download kan , ane set mati sendiri...nah ini masalah muncul, belum kelar download konneksi modem mati....tak coba reconnek gak bisa...mala2 gak muncul signal,..kira2 kenapa ya,...mohon master..berikan pencerahan...matur nuwun.

    ReplyDelete
  65. ada petanyaan gan...
    kan gini lptop aku lagi download tiba tiba lptopnya mati sendiri trus aku hidupin lagi. tapi pas di hidupin modemnya gk bisa di diskonekkan. trus aku coba pake wifi lptopnya disconek tapi pas google croomnya di bukak iptop sama intrernetnya gk bisa terhubung...
    itu masalahnya dimanaya di lptop atau di modem?
    tapi saya udah coba beberapa modem ke lptop saya tetap tidak terhubung.
    saya mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  66. ada petanyaan gan...
    kan gini lptop aku lagi download tiba tiba lptopnya mati sendiri trus aku hidupin lagi. tapi pas di hidupin modemnya gk bisa di diskonekkan. trus aku coba pake wifi lptopnya disconek tapi pas google croomnya di bukak iptop sama intrernetnya gk bisa terhubung...
    itu masalahnya dimanaya di lptop atau di modem?
    tapi saya udah coba beberapa modem ke lptop saya tetap tidak terhubung.
    saya mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  67. yosefa yeojaELF » Coba install ulang Driver Modem? bisa juga ada malasah laindi Software Widnows atau Driver Wifi/driver lain yg trkait (corrupt)

    ReplyDelete
  68. Gan mau tanya nih
    saya kalo buka Google itu bisa gan
    tapi giliran mau Update Aplikasi kayak,game online,antivirus gitu kok tulisanya tidak ada koneksi internet tapi giliran browsingan bisa gan
    pencerahannya gan?

    ReplyDelete
  69. Makasi ya mas, berfungsi looh saran software
    Jd bisa internetan lg win 7 ku

    ReplyDelete
  70. Mksh bro infonya udh di coba dan alhamdulillah bisa..

    ReplyDelete
  71. Makasih banyak gan sangat membantu :)

    ReplyDelete
  72. komputer saya ada kendala yang aneh mas. koneksi internet di pojok bawah tertanda connected. komputer lain bisa ngeprint ke tempat saya via LAN. tp saya sendiri tidak bisa konek ke LAN dan internet. sudah saya coba dengan aplikasi yang anda beri, hanya saja tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  73. kenapa ya internet protocol version 6 kok tulisan setatus nya no internet conetion ???

    ReplyDelete
  74. mantab gan,,,, its works
    makace banyak

    ReplyDelete