Saturday, December 25, 2010

Masalah Kehilangan Lisensi setelah Upgrade/Update Mikrotik




[caption id="attachment_95" align="alignleft" width="94" caption="mikrotik_logo"][/caption]

Dua Minggu yang lalu saya kehilangan Lisensi pada Routerboard 433 ketika upgrade update Mikrotik ke Versi 4.14. Mikrotik yang saya pake sebelumnya adalah veris 3.14, karena lupa tidak dilihat saya juga lupa untuk Upgrade Mikrotik, sehingga "Versi Mikrotik yang digunakan sudah ketinggalan lama". Upgrade dilakukan seperti bisa menggunakan FTP/Winbox. Saya baru menyadari ada malsah ketika ada warning bahwa Lisensi yang saya gunakan sebelumnya telah hilang. Saya mencari di forum Mikrotik memang ada yang mengalami hal yang serupa. Lalu apa Solusinya?


Saya dapat jawaban dari Forum dan juga Support mikrotik.co.id.  Silahkan coba lakukan downgrade routersOS terlebih dahulu ke versi 3.25 atau 3.30. Selajutnya kemudian buka winbox-->system lisensi-->update lisensi key(routers harus koneksi ke internet). Kemudian routers akan melakukan restart merubah sof-id dari 7 digit menjadi 8. Setelah soft-id menjadi 8 digit silahkan lakukan upgrade routersOS bapak keversi terbaru. Waktu itu yang terbaru adalah versi 4.14.


Namun seharusnya saat ini ada tidak akan menemui masalah yang serupa, asalkan mengupgrade dengan versi yang lebih baru. Karena pada versi 4.16 (2010-Dec-20 10:21) masalah ini sudah diperbaiki. Fixed problem - could not update license for old style 7 digit software-id's.

1 comment:

  1. makasih banyak mas, artikel ini sangat membantu saya ^_^ salam kenal

    ReplyDelete