Thursday, July 1, 2010

Perangkat Portable Hotspot - Mikrotik


Koneksi Internet saat ini sudah semakin mudah dan murah, terutama dengan hadirnya koneksi Internet Speedy dan juga tarif dari ISP yang semakin turun. Namun demikian belum semua oarang mampu menikmati Internet dengan biaya yang Murah. Solusi yang bisa digunakan adalah Belangganan dan berbagi koneksi untuk banyak orang. Saat ini banyak perangkat yang bisa digunakan untuk berbagi Koneksi, tapi rata-rata pengguna setidaknya menguasai teknik pemrogaraman/konfigurasi yang pada orang awam ini membuat pusing. Dari latar belakang ini, kami membuat PAKET dan mengonfigurasi / membuat perangkat Hotspot yang mudah terutama bagi pemula sehinggan seperti  "Portable Wifi Hotspot Server".


Adakah perangkat Hotspot untuk RT RW net yang siap pakai? Kami membuat dan mengkonfigurasi perangkat Internet Hotspot yang siap pakai. . Terutama dalama hal ini bisa langsung diaplikasikan jika kita sudah berlangganan Speedy. Sehingga ketika di rumah sudah ada Speedy, tinggal lepas kabel  dari MODEM dan sambung ke perangkat ini sinyal langsung tersebar. WiFi bebas di Konek oleh siapa saja, namun ketika akan Browsing, akan tampil sebuah halaman yang akan menayakan user dan password.


Sama seperti Akses ke Wifi Zone di Hotel atau cafe. Bagi yang sudah familier dengan Jaringan Komputer membuat hal semacam itu mungkin bukan hal yang sulit. Namun kami memahami bagi yang awam/pemula mungkin relatif agak binggung. Bahkan beberapa orang yang pernah


Perangkat ini dibangun dengan menggunakan Mikrotik Router OS terkenal sebagai Router dengan harga miring namun HANDAL.  Beberapa Fitur yang ditawarkan antara lain :




  1. Simpel, Plug anda play. Tinggal pasang kabel (LAN)

  2. Cocok untuk Perumahan & Portable tidak menyita tempat.

  3. Bisa membuat user dan password untuk pengguna (calon pengguna)

  4. Bisa mengatur user berdasarkan Durasi

  5. Bisa mangatur user bedasarkan Kuota (MB atau Giba Byte Data)

  6. Bisa membuat beberapa user dengan Kecepatan yang berbeda.

  7. Bisa menentukan Harga sendiri.

  8. Bisa di buat User Trial, selama ... menit (sesuai kebutuhan)

  9. Bisa buat Halaman LOGIN Sendiri (Ada nama, logo, dll)

  10. Jumlah User yg bisa dibaut dibikin tidak dibatasi.

  11. Ada Manual Pemasangan dan Penggunaan.

  12. Irit Listrik, hanya perlu tegangan 12 V.

  13. Cocok bagi Pemula atau Pengguna yang tidak ingin dipusingkan dengan Masalah Konfigurasi.

  14. Sudah termasuk WiFi Access point dengan Daya hingga 30 dB (1 Watt) yang mampu menyebarkan sinyal.


Contoh Design Tampilan Login Hotspot (html + css)




[caption id="attachment_1549" align="aligncenter" width="300" caption="Tampila Login Hotspot WiFi"][/caption]

Perangkat ini sangat portabel bisa digunakan dengan Mudah menggunakan Mikrotik RB 751. Spesifikasi dan harga Update bisa dilihat disini : http://imm.web.id/2011/10/produk-baru-wifi-router-mikrotik-murah-rb751u-2hnd



Beberapa pengguna Perangkat ini :

  1. BintangNet BumiAyu

  2. Alhikmah Brebes

  3. PucangNet Magelang

  4. Faizal Papua

  5. UMBY.Net

  6. Klien Bandung

  7. Klien Purworejo, dll.

  8. Lombok

  9. Papua

  10. Ari Solo

  11. Sangau Hotspot

  12. Sebuah SMK di Karimun


85 comments:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Menarik banget, gan. Sayang belum punya speedy, sementara pakai modem cdma.

    ReplyDelete
  2. Wah.. seru nih gan... kalo boleh tau berapa nih kisaran harganya.... :)

    ReplyDelete
  3. Siap bermitra untuk membantu memasarkan mas...

    ReplyDelete
  4. Hiii.. msh setia bersama IM2 mas...

    Wah sip.. speedy aja skrg dah ada di Semin. Khusus guru 75ribuan... hehe.. lama-lama warnet bisa gak laku nih..

    ReplyDelete
  5. Boleh tuh mas perangkat portable untuk Rt/Rw-net. bisa minta info lebih lengkapnya termasuk harga.... Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  6. saya butuh info detail mas., mohon informasi harga dan spesifikasinya.. dikirim ke emailku..thanks bfore

    ReplyDelete
  7. mas @yayat @Harul @muhlis @warih akan kami krimkan ke email :)

    ReplyDelete
  8. Kirim ke email ku ya mas..butuh untuk rencana buka rtrwnet di gorontalo
    Satu lagi mas kalau tidak pakai speedy boleh tidak misalnya pkai flexy yg sehari 2500, kan lumayan hemat dan kita bisa ngejualnya lebih murah perbulanya
    trimakasih

    ReplyDelete
  9. satu lagi mas kalau tidak pakai speedy boleh tidak misalnya pkai flexy yg sehari 2500
    kan lumayan hemat dan kita bisa ngejualnya lebih murah perbulanya

    ReplyDelete
  10. @ahmad sudah kami jawab via email.
    Perakat ini sesuai untuk Hotspot skala kecil-memengah, karena Fleksible.
    Namun Sistem ini hanya bisa terhubung ke Internet yang mempunyai Standar RJ 45 (Koneksi LAN). Tidak bisa langsung terhubung ke Modem USB.
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  11. lanjutannya tolong di email buat uji coba dilingkungan sendiri ... boleh kan

    ReplyDelete
  12. saya berminat beli... bisa hubungi saya di 085225xxxxx (SMA gpp)...

    ReplyDelete
  13. saya tertarik pak dengan perangkat portable rt rw net mungkin berapa biayanya bisa di kirim ke saya. smp2######@gmail.com
    terima kasih pak imam suwun.

    ReplyDelete
  14. Baik pak @Gati kami kirim via email. Mohon di cek di Bulk/Spam jika belum terima. Terima kasih

    ReplyDelete
  15. boleh tuh, brp harganya saya pesan 1

    ReplyDelete
  16. @JefriJr sudah saya email atau bisa download

    ReplyDelete
  17. begini pak, sebelum membeli saya ingin menanyakan masalah yang akan terjadi, biasanya wireless itu rentan akan interferensi.
    apakah pada alat ini juga bisa terjadi interferensi? karena sistemnya menggunakan gelombang radio.
    jika bisa mohon beri tahu bagaimana solusinya agar nanti saya punya persiapan...
    thx.
    sent to my email

    ReplyDelete
  18. berapa harga nya kami mau beli ?
    tolong berikan no kontak hpnya berikut
    alamat tempatnya trims

    ReplyDelete
  19. tks atas tutorial IT ini sangat membantu,bisa sharing oh yah sobat2 sekalian mau tanya nih selama wifi sedikit merepotkan terus terang dalam hal tembus area pertanyaan saya apa ada software khusus automatis tanpa harus tiap hari merubah settingan (configurasi) saya sebagai client mengikuti perubahan admin dan apa ada solusi hotspot RT/RW jangkauan pelemparan signalnya bisa lebih jauh lagi (Km).tks

    ReplyDelete
  20. kira-kira brapa yah harga dalam satu paket sama ongkos krimnya k' MAKASSAR..?? butuh bget nih

    ReplyDelete
  21. @ruslan
    Jika bapk berlanggan Internet bisa ditanyakan apakah ada DHCP server tidak?
    Dengan DHCP server IP dapat diberukan secara Otomatis

    @aiz bisa coba cek : http://www.jne.co.id/
    Perkiraan berat sekitar 3kg.

    ReplyDelete
  22. Kami Mo Beli, Kalo di kirim ke aceh berapa harganya?

    ReplyDelete
  23. Pak imam, kalo perangkat yang saya beli kemarin itu kalo mau akses ke wifi lalu dibuat halaman login kayak sample diatas bisa gak, aku dah coba setting di routernya tp belum ketemu, apa perlu perangkat tambahan. Makasih.

    ReplyDelete
  24. perangkat portable yang dimaksud seperti apa, berapa harganya ? kebetulan saya lagi mo bikin Rt.Rw di komplek perumahan saya. 3 hari lagi tower sudah selesai dari tukang las. mohon kirim ke email saya bang .... ta tu ya maksih.

    ReplyDelete
  25. pak saya minta ,bisa minta brosur barangnya ke email saya ,cocok untuk mini cafe

    ReplyDelete
  26. @adit: bisa di cek di email mas

    ReplyDelete
  27. pak ... link download ga bisa, mohon kirim inbox FB saya atau email spec dan harga, saya sudah punya warnet mau buka rt rw juga, takut nanti keduluan orang.. hehehe terimakasih.

    ReplyDelete
  28. mas tolong kirimkan ke email saya paket hotspot (Spesifikasi hardware n software ) menggunakan akses speedy untuk perumahan untuk radius 400m dengan jumlah pemakai 85 orang,terima kasih

    ReplyDelete
  29. Mas, kalau aq dah punya jaringan rtrw tp belum ada pengaman spt yang mas buat, kira2 harus nambah apa ya? soalnya belakangan ini sepertinya ada yang njebol jaringanku. padahal aq sdh nyeting WPA2.tolong pencerahannya. thanks

    ReplyDelete
  30. @asE: baik mas, saya email. Mohon di cek.

    ReplyDelete
  31. @Sabri Balafif: baik mas, saya email. Mohon di cek.

    ReplyDelete
  32. @asE: baik mas, saya email. Mohon di cek mas.

    ReplyDelete
  33. sy sangat tertarik neh...
    sy sdah buat rtrw net.
    yg jadi permasalahan saya blum buat proteksi via login hotspotnya...
    soalnya pasword masih manual. tiap rumah saya berikan paswordnya klo mau koneksi, itupun kan hanya 1 pasword untuk semua nya ( :D )
    nah klo qt buat login, qt bs buat pasword generik, tiap orang akan berbeda, dan akn terpantau.
    mohon pencerahan mas.....

    ReplyDelete
  34. gan kayaknya sip tu perangkat.sekalian tolong harga emailkan & no telp. ok kami tunggu

    ReplyDelete
  35. Gan... berapa duit router wlessnya>?

    ReplyDelete
  36. saya bermaksud membuat jaringan hotspot (untuk koneksi internet tentunya) di tempat kos, bangunan dua lantai, berbentuk huruf U, dengan model (8 - 2 - 8) kamar.
    Tolong di emailkan apa saja yang diperlukan dan harganya.
    Mohon sedikit pencerahan untuk posisi alat supaya penerimaan sinyal di tiap kamar bisa maksimal. Terima kasih.

    ReplyDelete
  37. @jusri: saya Replay via email yah mas..
    Untuk letak coba di titik tengah U. :)

    ReplyDelete
  38. @Dwi: saya replay via email yah mas..

    ReplyDelete
  39. Berapa harganya mas, dapete apa aj, seberap jauh riil penerimaanya(saya sudah pake speedy cuma ingin memeaksimalkan biaya bulanaan agar dapat di share ke tetangga)

    ReplyDelete
  40. Bisa tidak untuk radius 500m (untuk 1 RT), tlg kirim harganya ke email ini.trims

    ReplyDelete
  41. @dimas: jawaban segera via email, tq

    ReplyDelete
  42. @dendi: jawaban segera via email, tq

    ReplyDelete
  43. Mas, saya tertarik ni, pm details harganya yah,, siap bermitra juga,, hehehe

    ReplyDelete
  44. - sda -
    Tertarik mas, mohon detail harganya juga.
    Thx

    ReplyDelete
  45. Saya mau nanya,di tmpt q ad warnt dan ada wifinya tp jaringannya ga nyampe rumah q.jrak rmah q ke wrnt -+200metr.agr smpai rmah q bgm cra nya yah?tlng d krm ke email q y..thank

    ReplyDelete
  46. @supri, perlu dilihat dulu apakah Wifi warnet ada di Luar (ourdoor)? jika ya kemungkinan bisa diterima dg USB Wifi+wajanBolik.
    Jika indoor, kecil kemungkinan bisa diterima dari jarak 200-an meter (apalagi terhalang /tidal LOS).

    ReplyDelete
  47. pak imam.. apa sudah pernah mengerjakan hotspot di surabaya?
    saya mau diberikan penawaran pak mohon di email ke alamat di atas, mohon juga diberikan penjelasan tentang sistem kerja dan pengaturan pembatasan bandwithnya nanti bagaimana.. terimakasih pak imam.. saya tunggu balasannya..

    ReplyDelete
  48. @mandala: saya balas via Email, trims

    ReplyDelete
  49. kirim hrganya ke emailq ya..February 28, 2011 at 8:30 AM

    ni udah da dana q di Desa Bakalan Kecamatan Bululawang Kabupaten malang nih..cepetn ya..

    ReplyDelete
  50. hebat banget tuh. kebetulan saya orng madura

    ReplyDelete
  51. mohon info harga, lokasi perusahaan dan lainnya.. saya berminat untuk kantor saya.

    ReplyDelete
  52. Gan tolong e-mail in & foto perangkat nya. sekalian berapa duit tu klo kirim ke bogor makasih

    ReplyDelete
  53. saya tertarik dengan ini..kisaran harga nya brapa + garansinya bagaimana...ini ada berapa port routernya..ada fasilitas repeater nya juga gak...tolong saya minta rincian nya ke email saya ya mas..ditunggu...thanks..ASAP

    ReplyDelete
  54. sy udh pake mikrotik n pake antena omni, klo mau paralel antena omni dengan anten yg lain gimana caranya ya mas krn omni sy pake konektor N ? klo mau nambah antena supaya jangkauan lebih jauh perlu antena apa n bs gak diparalel sm antena omni yg ada, brp harganya? bs via e-mail

    ReplyDelete
  55. enje » Pakai Splitter (pencabang) misal 1 ke 2. Tp penggunaan alat ini akan menurunkan daya Pancar per Antanna. Lebih baik tambah card WiFi baru :)

    ReplyDelete
  56. mas topologi nya bagaimana mas kalo ad hak akses login baru bisa konek?thq

    ReplyDelete
  57. Topologi umum :
    Modem (internet) -> Router (mikrotik) Alat ini -> Wifi AP.

    ReplyDelete
  58. saya da ada hotspot pake RB450g gmn cara memadukannya..dan berapa hgx? thx...ta' tgu emailnya

    ReplyDelete
  59. bos saya minta spec terperinci dung.
    1. mengenai router nya terutama powere nya berpa dbm
    2. apakah system mengunakan linux ( mikrotik)
    3. apakah ada system generate voucher
    4. apakah router ini di lengkapi managemenr bandwith buat client nya.

    terimakasih

    ReplyDelete
  60. kalo ndak merepotkan kirim lewat email aza...
    admin : saya email-kan terima kasih

    ReplyDelete
  61. informasi ini bagus juga.... tolong kirim detail harga juga cara lainnya.. karena ak selama ini tetanggaku ikutan nyambung ketempatku pakai kabel LAN panjang buanget tterkdang dimakan tikus. ak pakai speedy 2M. cleanku tetangga hanya 4 kompter. tolong kirim ke emailku.. smoga sukses laaahhh, trims

    ReplyDelete
  62. terimakasih banget, email dah ak terima... menurut saya harga pas dan murah uuntuk kaum awam seperti saya. mungkin bila sdh siap aku mau pesen . tapi tanpa mikrotik.. karena ak dah punya RG450G(RI 450G-AO) TRIMSSS sukses buat semua
    admin : trims mas, Reviewnya :D

    ReplyDelete
  63. saya dah ada RB450G, bila beli paket seperti yg diatas plus antena tanpa router harga berapa karena dah ada RB450G... untuk jarak sinyal maksimal berapa.. saya perlu rata rata7 km. trims

    ReplyDelete
  64. menyediakan Antena Sectoral Waveguide 22 dBi 120...? harga berapa? bila ada dan harga cocok ak mau beli dan dikirim ke bekasi biaya berapa?maturnuwun ya pak.

    admin : untuk 120drjt adanya 20dB Hyperlink, hrg saya email

    ReplyDelete
  65. saya pesan sekalian setting logonya, spec logo nanti saya kirim belakangan, harga yg seperti bpk kirim ke email
    1. Antenna Omni Kenbontong 15dBi / Antenna Omni Vezatech 15dBi
    2. AP Ubiquiti BulletM2HP (600Mw) + POE Adaptor
    3. Kabel UTP AMP 25M
    plus wirless client 2pcs. trims

    admin: dah saya Email yah mas. :)

    ReplyDelete
  66. alamat tujuan kiriman dah ak balas... via email imam@imm.web.id.

    ReplyDelete
  67. barang masih ada gak ya?
    yg RB750G?
    kalo sama settiingan kena brp ya?

    Dan kalo dibandingin sama yg RB751 wireless bagusan mana?
    kalo di RB751 itu kan ada USB portnya , apakah bisa dipasangkan Flashdisk/ USB HDD utk web cachenya?
    dan harga + settingan brp?

    Trims sblmnya

    ReplyDelete
  68. Mas,
    Mohom maap sebelumnya. saya mendowload software easyhotspot, setelah saya otak-atik saya dpt memakainya sebagai management dan billing hotspot, dari speedy saya dengan AP engenius, bagi rekan-rekan yang membutuhkan saya sudah membuatkan cdnya dan panduan menginstallnya, silahkan kirim email ke: sandyduta@yahoo.co.id ( mohon maap kalau ad ongkir dan biaya cdnya Rp.100.000 : sofware ) makasih

    ReplyDelete
  69. alat wifi portabel ini mampukah menembus dinding atau harus ada tambahan repeter lg?

    ReplyDelete
  70. Apakah itu harus pakai speedy mas, atau bisa pakai modem semacam indosatm2, telkomsel, xl dll?

    ReplyDelete
  71. berapa harganya mas. dan juga saya mau nanya, katanya pc bisa dirubah mnjadi mikrotik jadi tdk perlu menggunakan routerboard, kalau mmg bisa tolong tutorialnya kalu ada. terima kasih sebelumnya andre.bhogart@gmail.com

    ReplyDelete
  72. Wah.. seru nih gan… kalo boleh tau berapa nih kisaran harganya?

    ReplyDelete
  73. untuk modal menengah butuh brp? Saya orang awam buta soal itu tp pengen bisnis hotspot. tp saya hanya punya notbook apa bisa?

    ReplyDelete
  74. Bos, saya di ungaran-semarang. Mohon kirimi spec utk bikin hotspot diperumahan radius 200m yg tanpa pc/laptop.
    Mksh sebelumnya

    ReplyDelete
  75. mas bepara harga routernya?sya ada warnet dan mau sya buat lagi jaringan hotspot di RT/RW net.ada g bku panduan cara penggunaannya dan setingnya?sya uda berlangganan dengan spedy.trus alat tambahannya apa aja yg dbutuhkan?terima kasih

    ReplyDelete
  76. Siiip,....... Tolong dikirim lewat email saya ya pak, tentang harga dan tempatnya

    ReplyDelete
  77. Wah.. seru nih gan… kalo boleh tau berapa nih kisaran harganya?

    ReplyDelete
  78. om harga mikrotik rb751 berapa??? Bisa si sambung dengan antena omni td.... Om klu blh th berapa harga mikrotik rb751 dengan antena omni ya???

    ReplyDelete
  79. Pak infokan harga Paket dan jangkauan untuk kisaran berapa luas? tq

    ReplyDelete
  80. 1. apakah melayani pemasangan jaringan internet sekolah di luar jawa? jarak kami ke kota sekitar 50 km dan belum ada jaringan telepon rumah, kira2 kendalanya ada tidak? kalu ada, apa saja
    2. perangkat yang dibutuhkan apa saja dan harganya sekaligus biaya jasa pemasangan berapa ya?tolong balas ke email saya, makasih

    ReplyDelete