Saturday, May 15, 2010

Metode dan Cara Promosi Web yang Efektif untuk Pemula

Anda Punya web/Usaha? Sudah berapa banyak pengunjung anda perhari? Siapa yang tidak ingin mendapat Trafik berlimpah ke web. Trafik berlimpah artinya bisa menambah pelung anda, apalagi anda yang menjalakan usaha Jualan Online. Sudah lama saya mempunyai web, namun secara detail baru beberapa bulan ini saya lebih serius melihat dan mengamati apa saja yang bisa mendorong orang untuk masuk ke web kita.


Coba anda amati statistik dari sebuah web berikut yang saya ambil dari Google Analytic. Ini menujukan ASAL pengunjung web (dari mana pengujung bisa masuk ke web kita). Secara umum ada 3 atau empat cara :




  1. Yang umumnya paling banyak adalah dari Search Engine (Google, Yahoo, dll)

  2. Trafik langsung (direct trafik), artinya seseorang mengenal web kita dan langsung menulis URL web kita di Browser

  3. Referring sites, yang merupakan web luar yang ada link ke arah web kita.

  4. Cara yang lain misalnya : Email, email berlangganan (feed burner), dll.


Pengunjung web bisa Banyak jika 1-4 bisa kita Optimalkan. Nah sekarang gimana supaya ke empat jalan diatas bisa maksimal? Oke aka saya bahas satu persatu secara singkat menurut versi saya (learning by doing) maaf klu mungkin ada yang kurang pas.


Optmimalkan Trafik dari search Engine

Ada banyak cara untuk mendapat banyak trafik dari Search engine (mesin pencari seperi Google dan Yahoo. Untuk mendapat banyak trafik dari Google maka kita harus tau apa yang paing disukai /tidak disukai oleg Google. Beberapa yang saya amati yang disuka Oleh Google antara lain :




  1. Sebelum menulis coba iseng cari "keyword yang akan jadi bahan tulisana anda" Apakah pesaingnya cukup banyak?

  2. Tulisan yang Original karya sendiri atau mixing akan disukai Google, meskipun tulisan kita tidak populer (tidak banyak dicari).

  3. Gunakan beberapa Tag yang relevan dengan tulisan, Sepertinya Google tidak akan membaca semua tulisan kita, karena itu Tag sangat membantu.

  4. Buatlah Link antar tulisan-tulisan (inbound link) yang berkaitan dalam web anda.


Optimalkan trafik dari Direct Trafik

Untuk mendapatkan trafik dari Direct Trafik umumnya lebih susah, namun jangan khawatir kita tetap bisa melalukan optimasti. Beberapa hal yang bisa kita lakukan antara lain :

  1. Jika anda belum punya web dan ingin punya web, pilihlah domain dengan nama PENDEK dan yang MUDAH ingat. Satya pernh nulis ini, Cara pilih Domain bisa di baca disini.

  2. Jika sudah punya web dana akan membuat tulisan tambahkan Gambar + watermarking web anda.

  3. Anda yang suka Youtube / upload video, tambahkan Watermarking web anda.

  4. Iklan Secara Offline misalnay di Koran.


Optimalkan trafik dari Referring sites

Cari ini bisa dilakukan dengan metode berbayar atau yang gratisan, anda silahkan tanya pada web lain yang ingin anda ajak "tekeran" Link. Beberapa Trafik dari "cara ini" antara lain :

  1. Pertukaran Link (link Exchange) yang biasanya dilakukan antar Blogger

  2. Gunakan Siganture di Email dan Posting anda dalam Forum.

  3. Artikel Review, minta web lain untuk me-review web atau tulisan kita.

  4. Menggunakan Iklan Gratis

  5. Pasang Iklan berbayar. Pernah tau Iklan baris? Di koran iklan seperti ini sangat ampuh ternyata di web juga sangat ampuh. Untuk yang satu ini saya lebih suka pake PPCIndo, bisa ngatur paket sesuka hati dan depostitnya murah mulai 50 ribu. Ini cocok untuk Web Bisnis, Iklan web akan banyak dilihat namun kita hanya bayar "yang masuk ke web kita / PER KLIK".


[caption id="attachment_1491" align="aligncenter" width="673" caption="Iklan Tampil (dilihat) 437.770 kali namun kita hanya bayar sejumlah yang di KLIK misal (67 x 0.01 $=0.67$)"][/caption]


Optimalkan trafik yang lain

Anda bisa daftarkan web di http://feedburner.com dan promosikan agar pembaca bisa berlangganan via Email, ini Gratis.


Sara rasa tulisan ini masih terlalu sedikit. Kalau ilmu saya  sudah nambah akan saya coba nulis lebih khusus tentang Otmimalkan Trafik dari search Engine (Search Engine Optimization SEO).

48 comments:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Tips2 yang mantab, gan. Ntar tak praktekin biar traffic saya bisa banyak

    ReplyDelete
  2. Mantab mas tipsnya, kalau buat tag gmana mas?

    ReplyDelete
  3. klu mas pake wordpress bisa dilihat di sebelah kanan, saat nulis Post.
    Detailnya bisa dilihat di gambar berikut ini :
    http://tinypic.com/m/a9xx88/3

    Jika banyak TAG bisa dipisah dengan tanda "koma"

    ReplyDelete
  4. makasih atas tips2nya mas.. :D

    ReplyDelete
  5. trim's infonya. edukatif sekali :) salam kenal dari BANDUNG. :)

    ReplyDelete
  6. gimana ya caranya agar website saya banyak yang mengunjungi?serta cara untuk mendaftarnya

    ReplyDelete
  7. Thx untuk tipsnya...
    Saya akan mencobanya..

    ReplyDelete
  8. Thanks untuk ilmunya. Semoga tambah pinter dan manfaat...

    ReplyDelete
  9. tenk kyu utk infonya, sangat bermanfaat untuk newbie kayak saya ini
    BANGKIT INDONESIA

    ReplyDelete
  10. singkat tapi jelas... makasih buat infonya. salam kenal dari saya... :)

    ReplyDelete
  11. Saya promosi manual susah banget buat blog baru saya: Lukisan Murah,, pengunjung masih sedikit, pake' yang berbayar baru mantaap..
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  12. @Lukisan Minimalis Jika pake Google adsword di jamin Top cer mas
    Prinsipnya mesti berani "berkorban" dan Yakin dapat lebih dengan pancingan Iklan :)

    ReplyDelete
  13. Wah gan, tips nya boleh juga tuch ! Tolong dong kasih resep buat blog saya Somatic Gene Therapy dan Lowongan Kerja 2011, biar bisa mendatangkan traffict yang buanyak. Trim's

    ReplyDelete
  14. Wah bagus sekali cara promosinya mas
    saya tertarik untuk mencobanya..

    ReplyDelete
  15. menarik, bisa dicoba mudah-mudahan berhasil

    ReplyDelete
  16. wah sangat bermanfaat sekali tips nya

    ReplyDelete
  17. cara ini perlu di coba, menuju ke TKP ayo

    ReplyDelete
  18. mksh info nya

    salam kenal. numpang promo ya :-)
    grosir fashion kunjungi http://fashion-murah.com

    ReplyDelete
  19. Nice :)
    mampir yaaa ke http://purnama77.co.cc/

    Moga bisa jadi mitra yang baik ^^

    ReplyDelete
  20. Sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mempromosikan produck secara on-line.

    ReplyDelete
  21. thanks infonya gan, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  22. terima kasih atas informasinya, sangat berguna untuk saya, sukses untuk kamu

    ReplyDelete
  23. nice share gan, ijin praktek ya gan :D

    ReplyDelete
  24. sangat bermanfaat, singkat jelas dan bermutu, memberikan ilmu baru kpd saya.

    ReplyDelete
  25. penting dan perlu diterapkan pada blog saya.

    ReplyDelete
  26. Ok banget bos artikelnya saya memang lagi promosi website saya supaya jadi nomer satu di serch engine hehee

    thank bos

    ReplyDelete
  27. wah mantap, thnks infonya..............

    ReplyDelete
  28. terima kasih tips-tipsnya sangat bermanfaat saya akan coba terapkan di web saya

    ReplyDelete
  29. Trim's atas infonya gan.
    Ditunggu Kunjungan agan dan para pengunjung web ini ke
    http://crbn.info
    ( Situs download program full aktivasi dan wallpapers gratis serta ada info Lowongan Pekerjaan )

    ReplyDelete
  30. Gan ... maaf nich mau nanya? web atau software mana yan banyak memberikan iklan gratis, meski berbayar OK.. saya mau beli gan
    !
    trim

    ReplyDelete
  31. bisakah anda memberikan panduan yg lebih simpel?

    ReplyDelete
  32. terimakasih tips nya gan sukses selalu.

    ReplyDelete
  33. tips yg bermanfaat untuk pembaca pak .. tks .
    bagi yg lg mencari produk kesehatan terbaik dgn harga termurah bisa kunjungi www.sehat88.com .. tks

    ReplyDelete
  34. bener bro...!!! karena cuma uang 50 ribu !!! muantab penghasilannya 10,4 milyar !!! makasih bos !!! http://www.mitra99.com/?id=intisepuluh

    ReplyDelete
  35. wah pas bgt gan, ane lagi blajar nih.... thanks tipsny



    kunjungi http://www.indofest.info

    jadwal pameran komputer, otomotif, dll update di semua kota besar

    ReplyDelete
  36. oklah, trik yang spesial,,, harus di terapkan nih,,,! thankz gan

    ReplyDelete
  37. Saya baca atikelnya ,saya resapi, dan dinikmati ...

    produk internet yang rekomended banget
    http://www.cool-plan.com

    ReplyDelete
  38. blogwalking. menarik menambah pengetahuan....Sa

    ReplyDelete