Tuesday, September 8, 2009

Bermasalah dengan akses ke Facebook

[caption id="attachment_638" align="alignleft" width="300" caption="Trafik ke FB terlihat tidak ada setelah jam 20.00 WIB?"]Trafik ke FB terlihat tidak ada setelah jam 20.00 WIB?[/caption]

Tadi malam saya dapat informasi kalau facebook terasa aneh jika diakses di Network yang saya admin-ni. Saat membuka FB pertama sampai login tidak masalah. Masalah terutama kelihat jika kita sedang meload/membuka photo dari profil.  Terasa lama bahkan tidak terbuka, terlihat juga kadang seperti "FB disconnect". Sebelumnya saya sempat merasakan, namun saya kira hanya di Perangkat saya saja. Jam 20.00 saya lihat trafik ke FB kog terasa kosong, sepertinya tidak ada yang akses ke FB, padahal biasanya trafik ke Facebook di Network  ini 24 jam selalu ada.


Saya coba cari solusinya, saya ping, tracert ke facebook.com atau IP-IP facebook dari perangkat saya dan juga router sepertinya tidak masalah. Saya cek juga di Router Firewall, NAT, Mangle dan Routing belum ketemu juga penyebabnya. Pagi ini habis sahur saya coba cari tahu lagi apa permasalahnya, saya kira IP publik kita di Banned atau di blocked oleh FB? Karena berdasarkan hasil browsing yang saya dapatkan, ada juga kemungkinan pihak FB "memblock" atau mem-ban IP kita, selain memblok atau mendisable account FB. Saya ganti beberapa IP yang masih tersisa, namun juga belum menyelesaikan masalah.




[caption id="attachment_639" align="alignright" width="300" caption="Trafik ke FB biasanya 24 jam :)"]Trafik ke Fb biasanya 24 jam :)[/caption]

Saya sempat bingung juga mecari  penyebab permasalahan ini, kerena hanya facebook saja (setahu saya) yang tidak bisa diakses setelah jam 20.00 WIB tadi malam (8 September 2009). Terakhir saya coba, yang sepertinya tidak mungkin adalah saya ganti IP DNS Secondary dengan IP 208.67.222.222 dari "Open DNS" sementara Primari DNS tetap dari ISP. Saya coba browsing ke FB dan ternyata bisa. Saya masih menunggu laporan dari pengguna, apakah permasalah ini sudah selesai atau memang ada masalah lagi dengan akses ke FB.

28 comments:

  1. jgn IP DNS-nya diblokir sama FB pak?
    cuma ngira2 aja apa bisa yach :D

    ReplyDelete
  2. @adam
    Bisa jadi bermasalah pada DNS-nya,
    Tapi untuk cek Nslookup bisa resolve dan di ping juga ok.
    Saya juga binggung, saya "kubur" dulu aja lah :)

    ReplyDelete
  3. jgn dikubur dalem2 pak ntar bingung kalo mo dicari :D

    ReplyDelete
  4. @adam
    Ya nanti mas ada yang nyari aja Hehe

    ReplyDelete
  5. wah baru tau ada kejadian gini, ternyata admin jaringan ya sob xixi,

    ReplyDelete
  6. Iya ni d warnet aku jg begitu kejadiannya kalo lewat mikrotik... jadi kalo akses FB untuk pertama kali nya lancar aja... Tapi setelah login layar di web jadi kosong/ blank..... kalo tidak melewati mikrotik bisa. lancar aja FB nya... Ada solusi ga mas???

    ReplyDelete
  7. @Liu linardi mas coba ganti IP DNS-nya misla dengan IP Opne DNS
    Atau anda cek apa ada firewall yang sekiranya menghambat?

    ReplyDelete
  8. Mas imam mau nanya...
    Jam di FB saya kok eror ea,
    Misal ada yg ultah hari ini,di pemberitauan bru 1 hri kmudian munculna....
    Minta solusina mas...mksh

    ReplyDelete
  9. @Riano Mungkin ada salah Konfigurasi Zona, time, atau negera waktu daftar?

    ReplyDelete
  10. say tidak bisa login karena kode konfirmasi facebook saya dikirim ke nomor hp saya yang lama yang nomornya sudah tidak saya pakai lagi. apakah bisa kode konfirmasinya minta dikirim ke alamat email? sebelumnya trimakasih

    ReplyDelete
  11. @desi
    Apakah ini account baru, atau account lama?
    Klu ini baru bikin, anda minta kirim ualng (resend) aja ke HP yang baru.
    Jika ini account lama, ada fasilitas "lupa password", password akan di reset via Email yang terdaftar di FB anda. Semoga berhasil.

    ReplyDelete
  12. sejak beberapa hari yang lalu saya dari yahoo saya tidak dapat mengakses ke Tagged, Hi5 dll, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  13. mas imam,saat saya ingin login ke akun facebook saya muncul peringatan seperti dibawah ini

    (Anda telah melebihi batas
    kesalahan yang kami izinkan
    untuk masuk ke Anda.)

    pertanyaan, apakah akun saya di block pihak facebook?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. mas saat saya mau log in tiba2 FB meminta saya melakukan perubahan nama akun, nah saya coba merubahnya ...eh, yang ada malas tulis ini yang muncul "Account Anda untuk sementara tidak tersedia karena berulang kali mencoba untuk memasukkan nama tidak valid.
    Silakan coba lagi dalam 1 jam. Bila account Anda dapat diakses, silahkan masukkan versi nama Anda yang sesuai pedoman nama profil kita. Untuk daftar nama Anda dalam bahasa kedua, Anda dapat menggunakan bidang Nama alternatif di Pengaturan Account di lain waktu"...dan sampai saat ini akun saya blum bisa di buka,!!
    bagaimana solusinya yah mas???
    trima kasih

    ReplyDelete
  15. @mayshin
    Apa mas sudah mecoba me recover password?
    http://www.facebook.com/reset.php
    Coba masukan email mas, apa dapat jawaban di Email?

    ReplyDelete
  16. numpang tanya mas admin,
    kenapa ya saya tidak bisa akses fb, kalo saya coba akses tau2 network connectionnya langsung disconnect. Padahal kalo buka situs yg lain gak masalah, knapa ya mas? mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  17. @gumilar
    Mas koneksinya pake Internet sendiri/kantor. Apa tidak terblokir? Kog Diskonek?
    Ada kemungkinan Broswer/PC anda terkena Spyware.
    Coba ganti Broswer.
    Coba juga dari menu RUn --> ketik cmd --> tulis ping facebook.com

    Replay/Time Out?

    ReplyDelete
  18. mas, mohon pencerahannya. saya mengalami masalah yang sama seperti Gumelar. internet broadband Three di rumah. pake browser mozilla , google chrome dan opera tetap ga bisa. baru aja akses belum sampai login udah langsung dc. sementara ke situs yang lain tidak ada masalah. udah tanya ke CS three ga ada pencerahan. udah di ping , memang ada rto tetapi ada reply juga. sebelumnya tidak ada masalah, baru 3 hari terakhir ini.

    ReplyDelete
  19. @gwen
    Ada beberapa kemungkinan/masalah :
    1. Koneksi, brp % loss ketika di ping? Cek juga dg run -->cmd -->tracert facebook.com
    2. DNS yg mas pakai, sekali" coba pake Open DNS.
    3. Virus/Spyware yang menyerang (DNS) di lokal PC kita, coba cek pake PC lain dg Koneksi sama.

    ReplyDelete
  20. packet loss 0%, tracert fb juga ok. udah coba dns 208.67.222.222 juga. udah scan and destroy dengan spybot. belonn nyoba dengan pc lain. sampai sekarang tetap aja diskonek begitu klik welcome to facebook. belon login udah langsung diskonek ga pake basa basi.tp thanks atas sarannya. bingung nih gan...

    ReplyDelete
  21. @gwen:
    - Konek-nya pake Router sendiri gak mas?
    Mungki maslaah Firewall di Router.

    - Atau coba Jika pake XP, coba cek dg Notepad file hosts di C:\WINDOWS\system32\drivers\etc
    Saya pernh ada kasus file ini terinject oleh virus dengan DNS-DNS palsu, harsunay cuma berisi # komentar
    dan DNS : 127.0.0.1 localhost

    ReplyDelete
  22. aq cuman pake usb modem huawei aja. apa tuh router ga ngerti, mas. udah ke c:\windows\system32\drivers\etc dan buka file host. ya itu localhost 127.0.0.1 ga ada yang lain. tx very much atas attensinya mas. tadi aq restore internet setting ke windows default , bisa facebook an kurang lebih setengah jam. udah itu kambuh lagi. setiap kali klik welcome to face book pasti langsung diskonek.

    ReplyDelete
  23. Mas mohon bantuannya, netbook saya tidak bisa facebook di mozilla ataupun di chrome dan juga IE knapa? padahal sebelumnya saya sedang online tiba2 diskonek tapi buka web lain semuanya bisa, mohon pencerahannya....

    terima kasih

    ReplyDelete
  24. gwen & Chandra >> apakah bisa cek :
    ping facebook.com
    tracert facebook.com

    ReplyDelete
  25. gimana donk jika masalah ini gk selesai...?

    ReplyDelete
  26. ini sich masalah yang rumit bagi para pengguna fb..
    apalagi untuk indonesia, fb jadi sarana utama dunia maya..
    jadi solusi terbaik gimana donk...?

    ReplyDelete
  27. kebetulan di tempat kerja sma fb ga bisa di buka,,padahal pc yang lain bisa,,kenapaya? situsnya aja nggak ada bang?
    trims

    ReplyDelete
  28. sama juga nih..
    coba di ping hasilnya -> paket, sent : 4 (50% loss),
    saya pake mikrootik juga nih..

    ReplyDelete