Thursday, July 30, 2009

Trafik 2 Mbps melayang ke Luar Negeri

satnet down 30juli09 11.00wib_2Trafik yang biasanya penuh 2 Mbps lebih tiba-tiba drop, 2 Mbps tersebut lari ternyata "lari keluar negeri" semua?? Ketika saya tanya ke ISP memang yang "mati" link internasional dan Link IIX (indonesia masih normal sekali).


Dalam benak saya, Trafik IIX atau Lokal Indonesia ternyata tidak laku yah? Kita lebih suka "belanja" ke Luar negeri, termasuk trafik Internet dominan ke Luar negeri hampir 95% dari 2Mbps. Apakah konten" indonesia tidak menarik, semoga saja tidak. :). Memang tidak mudah membuat konten yang menarik, mengkin lebih enak gabung dan nulis di FB. Tapi bagaimanapun juga, kita tetap harus mengisi dengan konten karya kita, termasuk Blog ini. :)


Kapan yah Internet Indonesia menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri. Sambil kita tunggu karya-karya terbaik dari mahasiwa/civitas UMBY dalam dunia Internet. Saya kira masalanya cukup kompleks, tidak hanya konten saja. Infrastuktur, kebijakan IT pemerintah, pendidikan IT, dll.. :). Misalnya Hosting, terus tarang web saya ini juga masih Hosting di Luar negeri. Sehingga ketika orang indonesia buka blog saya ini, trafiknya juga tetap lari ke Luar negeri.


Bukan saya tidak cinta Indonesia, tentu saya cinta apalagi ini sudah mendekati 17 Agustus, pastinya berkobar-kobar semangat kebangsaan kita. Saya hosting di Luar Negeri (LN) sana cuma karena biaya saja, kog bisa hosting di LN sangat murah jika dibandingkan dengan Hsoting di IIX (Indonesia). Mungkin menjadi PR, siapa yang mau mengerkana yah?? Pak SBY + Pak Budie kali.


Dimuat juga di : Blog UMBY

11 comments:

  1. saya hosting diluar juga pak tapi bukan hanya alasan biaya
    baca komentar orang yang punya temen diluar negeri web dia yang di host di server IIX ga bisa kebuka di luar negri
    yah bisa juga yang salah setting web hosting providernya sih bukan server IIX nya
    jadi amannya di host di LN selain karena ternyata IIX lebih lambat dibuka dari luar dan target site saya bukan hanya untuk user local aja :)

    ReplyDelete
  2. @ASCII
    Kapan yah Datacenter" di Indo bisa kayak Host-host gede seperti Dreamhost, Bluehost, Yahoo dll. Gak kebayang kayak apa Makluk server-nya".

    Penyedia Host di kita mungkin mampunya baru sewa Rack atau Colocation aja.. :)

    ReplyDelete
  3. Emang kalo pake host indo lambat kalo diakses diluar hanya cepat diakses diasia tenggara saja,. trus saya cek pake host-tracker.com kebanyakan http:error 500
    mending pake host luar lebih cepet, diakses di indo juga kenceng.

    ReplyDelete
  4. @Andy:
    Saya juga pernh ada web yng host di Indo, waktu itu mau saya pasangi code backlink.com, katanya gak kedetek. Padahal PR-nya cukup dan saya coba pada web lain yang host di LN gak masalah. Mkin masalah bandwidth-nya hosting yang dialokasikan ke internasional yang "kecil" dan penuh. :)

    ReplyDelete
  5. @ASCII:
    Biaya bukan segalanya
    Tapi kualitas yang terbaik dan harga Miring :)

    ReplyDelete
  6. @imam
    nah biar tau kualitasnya sebaiknya sebelum hosting cari2 referensi dulu ya pak :)
    sempat searching dapet web host murah meriah eh setelah di googling nama web host providernya yang muncul bukan cuma web site utamanya tapi ratusan komplain bahkan tepat dibawah alamat utamanya :D
    bukan cuma harga miring kalo bisa gratis :D

    ReplyDelete
  7. sorry doble nie
    ada yang kelupaan sempat baca juga dikomentar blog ternyata kecepatan bandwidth uplink server indo banyak yang dipangkas/kecil itulah ternyata yang mempengaruhi harga hosting dan aksesnya juga sebagian besar
    tentu aja yang mangkas web hosting providernya soalnya harga bandwidth uplink mahal :D

    ReplyDelete
  8. Ngomong-ngomong soal hosting nie, hosting di indo yang paling murah dimana ya tapi server usa.
    Kalo mau ambil host di LN bayarnya mahal pake dolar. Trus kalo ada masalah dengan server kita mau chat sama CS nya harus bisa bahasa inggris, kalo saya minta bantuan translate dulu sama lek google :D

    ReplyDelete
  9. kalo yang paling murah ada http://www.dijaminmurah.com/ tapi kalo search digoogle banyak yang komplain juga
    mereka lagi promosi untuk server US ada yang murah banget tapi soal quota bandwidth/bulan mereka yang paling rendah
    kalo web disk space bisa gw bilang lumayan gede untuk harga segitu murah abis
    bukannya gw promosi loh jujur aja gw cuma dapet info dari tmn yang hosting disitu paket IIX 67rb/tahun gw ga hosting disitu :D

    ReplyDelete
  10. wah,,kok bissa ya..
    tapi harus tetep semangat ya..

    ReplyDelete
  11. [...] Lokasi Data Center-nya, biasanya Server Hosting di Luar negeri lebih Murah, Kog Bisa? [...]

    ReplyDelete