Sunday, March 15, 2009

Review Wifi 802.11 b/g UBNT Nano Station 2

ubnt_nano_station_2_bagusBeberapa hari ini saya sedang mencoba menggunakan radio WiFi baru (Access Point) keluaran dari UBNT (Nano Station 2) untuk link koneksi internet saya di rumah. Berbekal cerita dari teman-teman yang menggunakan pernagkat ini, akhirnya terpikat juga untuk mencoba menggunakan. Sekilas Radio WiFi UBNT ini mirip dengan Radio Motorola, dan berbeda jauh dengan radio Access Point pada umumnya. NanoStation memang sudah didesign untuk keperluan Ourdoor dengan dilengkapi antenna internal dengan polarisasi yang bisa diatur dari softwarenya.


Default IP untuk produk UBNT adalah user ubnt dan password juga ubnt. Pada saat awal, UBNT bisa diakses selayaknya Access Point biasa dengan alamat IP default 192.168.1.20.radio_wifi_ubnt_nanostation2


Tapilan halaman awal NS2


radio_wifi_ubnt_alligngment_antenna Jika diperlukan pengaturan arah antena lebih tepat, bisa menggunakan fitur "Align Antenna". Bisa untuk mengatur tingkat sensitivitas, kualitas sinyal akan lebih terlihat dengan melihat angkat (dB) dan Bar Lampu sinyal. Ini tidak akan mengurangi/menambah sinyal WiFi yang sebenarnya, hanya mempermudah kita dalam "pointing saja".  Ada toblol yang bisa digeser ke kanan dan kiri sambil kita bisa menatur posisi antenna.


ubnt_scan


Fitur lain yang penting adalah scaning, NS2 bisa dengan mudah men-scan wifi Access Point disekitarnya pada arah antena dan polarisasi yang telah diseting. NS2 bisa juga mendetekasi sinyal yang "invisible SSID" , Frekuesnis (tidak hanya kanal saja), Security (WEP, WPA, WPA2), sehingga lebih mudah menentukan kanal mana yang nantinya akan dipilih supaya tidak bertabrakan /interferensi.


ubnt_antena-seting


Pada bagian advance, Fitur lain dari NS2 adalah bisa melakukan pemilihan polarisasi antena dengan software : Horizontal, Vertical, Adaptive atau menggunakan antena external. Saya membandingkan NS2 ini dengan Senao+Anetna Grid 24 dB yang sebelumnay saya pasang. Saya lumayan kaget, karena NS2 dengan antena bawaan bisa sebanding dengan Senao+24 dB (grid China). Yang lebih pasti adalah NS2 ketika dipasangang di Tiang jauh lebih ringan. Masih ada beberapa fitur lain yang belum saya review, jika deperlukan, silahkan memberikan komentar/tanggapan/pertanyaan dibawah ini.


Update Tulisan : 11 juni 2009


Saya tambahkan sedikit karena ada pertanyaan dari : "Mau tanya cara set NS jadi AP gimana yasekedar info tambahan IP internet saya 202.130.x.x itu dari telkom
syukur2 kalau dalam bentuk gambar. jawaban boleh via japri ke samsuddin_biz@xzy . Cara Setting NS2 menjadi Acceess Point/Bridge, bisa masuk ke Menu : Link Setup --> Wireless Mode, bisa pilih :




  • Station (untuk mode Bridge /penerimanya AP)

  • Station WDS (Wireless Distribution System), Sistem WDS mirip dengan Repeater

  • Access Point (Mode AP)

  • Access Point WDS (Berfungsi gabungan antara AP dan WDS)


naso-station-mode-ap-bridge

80 comments:

  1. Kalau kawan2 butuh NS2, NS5, bullet dan bullet2 bs kontak sy di 081-528881818 harga special

    ReplyDelete
  2. ampe brapa harganya klo di sbya?

    ReplyDelete
  3. Ampe brapa klo di sbya?? YM

    ReplyDelete
  4. untuk wilayah sby silahkan cek di langitnet.com.

    ReplyDelete
  5. jika ada di Joga bisa coba ke :
    Indoaksesonline.com
    jogjabolic.com

    ReplyDelete
  6. alhmdlah saya sdh menggunakan NS2 +/- 2 blnan saya sangat puas dgn fitur2 yg ad dNS2...pertanyaan saya...?
    Dapat bertahan berapa lama NS2 itu jika dalam kesehariannya kepanasan dan kehujanan ?
    mg2 dr teman2 dapat berbagi pengalaman dg saya. tengkiyu..

    ReplyDelete
  7. bravo... cuma mo nanya nih... jarak jangkau nanostation2 ibrapa kilo, saya udah pasang tapi gak pisa pointing ke PoP saya??? Kalo untuk jarak +/- 15 kilo bisa dipake gak, sebab kalo gak salah setting di ubiquiti-nya sampe 55 km, gimanaa tuh... mohon pencerahan

    ReplyDelete
  8. Mau tanya cara set NS jadi AP gimana ya
    sekedar info tambahan IP internet saya 202.130.240.236 itu dari telkom
    syukur2 kalau dalam bentuk gambar. jawaban boleh via japri ke TQ.

    ReplyDelete
  9. ada yang pernah pasang NS + Grid ngga..??
    hasilnya bagaimana....?? trus utk setingan terbaik klo menggunakan Grid gimana..??
    tks.

    ReplyDelete
  10. @rangga
    Saya belum coba, mkin klu ada review ttg NS2 yg jaraknya jauh nanti bisa say post :)

    ReplyDelete
  11. hi guy and girl...
    saya sdh mencoba ns2 dgn grid,tdk bisa sebaik senao 2610 dgn grid...
    saya aplikasikan dr rumah(10m) ke gd(120m)Rumah-Gedung 15,6Km,dapet juga tuh bisa 4-5bar...
    Coba pake mode N kalee....hehehe...sorry ini uji coba sendiri tampa bantuan tenaga ahli networking.......
    senengnya......mudah,ringan jadi tiang gak harus saya tarik wire....

    ReplyDelete
  12. Sorry....salah ketik.....tdk pake b/g tapi b only!.....

    ReplyDelete
  13. @sontoloyo
    Trims Mas reviewnya..
    Saya juga masih pake NS2, luamyan simpel

    ReplyDelete
  14. NS2 + omni gmn cara nyetingnya mas rcn mo beli kayanya bagus buat ganti senao. Thanxs. via emai ...sy tunggu mas...suwun
    NS 5 harus ijin ya..?

    ReplyDelete
  15. NS 5 harus ijin ya..?

    ReplyDelete
  16. @Mas hady
    Untuk di Indonesia frekuensi WiFi 5GHz mesti Ijin ke POSTEL. Meski secara internasioanl "digratiskan". Kita tunggu saja.
    Setting sama dengan AP yang lain, hanya defaut IP-nya yang berbeda : 192.168.1.20
    Ada opsi untuk pemilihan antenna, pake internal (bawaan) atau external (jika digunakan). Defautnya antenna Internal (vertical)

    ReplyDelete
  17. tyt aku pilih bulet2...gak ada fasilitas utk liat mac yg online adakah donlod utk itu? mas gmn setting memaksimalkn securitynya bulet2?..( hy pake mac filter ..no mikrotik) tks

    ReplyDelete
  18. NS kalo dipake buat repeater LAN seperti ... HUB -> NS->NS+NS-> HUB bisa ga yah ? Mohon pencerahan juga nih

    ReplyDelete
  19. NS kalo dipake buat repeater LAN seperti ... HUB -> NS->NS+NS-> NS->HUB bisa ga yah ? Mohon pencerahan juga nih

    ReplyDelete
  20. Setahu saya bisa, namun belum coba. Ada mode WDS di NS2.

    Kalau Senao saya pernah coba pake WDS.
    Kalau TP Link ada Mode AP-Repeater.

    Mkin Gini :
    Hub --- NS2a(WDS)---- NDS2b(WDS) ---NS2c Bridge ---- Hub

    ReplyDelete
  21. @hady:
    Maaf mas Hady comennya ke pending nich ama WP.
    NS5, pakai frekuensi 5,7-5,8 GHz. Secara resmi "belum dibebaskan" harusnya Ijin ke Dep Hub

    ReplyDelete
  22. agan" mo numpang tanya ene....
    ni mo setting radio ns2 lwat browser ga bisa....padahal dah masukin ip 192.168.1.20 ... klopun ntuk reset radio harus naik .. pdahal tingginya 6meter...heuheuheuehu
    mungkin agan" ada solusi... thx

    ReplyDelete
  23. @badut express ada beberapa kemungkinan :
    - Mungkin IP-nya sudah dirubah Bos..
    - Coba Scan IP-nya, mungkin ketemu IP NS2 yang baru (buka default)
    - Klu pake IP-Hotspot Mikrotik, coba disable dulu (hotspotnya) atau masukin IP NS2 dalam IP Binding (bypass)
    - Atau Coba Konek Langsung ke NS2, putuskan hubungan dg Router
    - Oya ada satu lagi untuk meilhat IP NS2, Coba masuk ke WINBOX mikrotik. di IP Neigborhod.. (harusnya mucul/kelihatan IP dan Nama NS2-nya)
    - Alternatif terakhir, Naik Tower, Pencet Tombol...

    ReplyDelete
  24. @imam
    thx boss langsung coba.....
    btw cara Scan Ip gimana ea? lupa semua ....

    ReplyDelete
  25. Tanya, bagaimaan kalau kombinasi ns2 + antenna Omni ?

    buat rt/rw net

    ReplyDelete
  26. mas, cara menyeting WDS point to point bridge dengan D-link DWL 2100 Ap gmn ya,,tolong bantu ya mas,,,

    ReplyDelete
  27. mau tanya bedannya antara station wds dengan akses point wds apa ya ?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  28. Wds AP setahu saya adalah AP utama, sedang station WDS yg konek ke AP WDS cm tidak memancarkan sinyal (seperti hal-nya AP).

    ReplyDelete
  29. Bisa gak ya Reset NS2 Via Lan....., NS2 nya Tinggi banget, gak ada yg bisa nurunin....., IP LAN nya gak Inget....,

    ReplyDelete
  30. Numpang Tanya Gan....rencanya saya mo pasang 2pcs nanostatins ns2 untuk poin to poin dengan jarak 4-5km dengan ketinggian 12-16 m dr tanah... masih bisa konek stabil kah????? thank a lot

    ReplyDelete
  31. @fals, saya rasa kemungkinan masih bisa asalkan :
    LOS dan tingkat interferesnis kecil.
    Tp perlu disurvey Bos..

    ReplyDelete
  32. Dear All dan mas imam
    Klo ns2 ini di pake 24jam X365 hari kuat berapa lama neh.....
    mohon reviewnya..... dan share pengalamannya....
    dari pada nanti saya salah membeli......

    ReplyDelete
  33. Klu "uptime selama 1th full"blm pernah.
    Cuma saya ada NS2 udah 1tahun lebih terpasang di Tower dan nyala terus (kecuali listrik padam).
    Kondisinya masih OK.

    ReplyDelete
  34. saya lagi butuh boh untuk bom jerapah di lautan
    ckckck

    ReplyDelete
  35. numpang nanya agan2, saya pgn nyoba ns loco saya set station wds, tapi setiap saya ganti menjadi station wds pasti sinyal dari ap hilang alias gak nyambung.

    mohon pencerahannya.......?????

    ReplyDelete
  36. mt mlm !
    mau nanya kalau kita set acess poin bagai mana cara ya

    ReplyDelete
  37. @sumarji : Gunakan Wireless Mode : access point WDS mas.

    ReplyDelete
  38. mas ada tutorial untuk install ulang radio UBNT ga ya??
    saya menemukan masalah dengan firmwarenya. pernah juga radio ga
    unplug tapi tidak bisa di remote.

    ReplyDelete
  39. @hary
    Jika masih bisa diakses via web, ada menu Upgarde Firmware (saya pernh lakukan dan berhasil) Skng jd OS-nya : Air Os, sebelumnya lupa saya (krn produk lama).

    Klu upgrade cara lain (Sudah gak bisa diakses, saya belum pernh).

    Coba Reset (Yg lama) lagi mas, cek ke default IP atau IP terakhir

    ReplyDelete
  40. Sudah 3 Tahun lebih ternaya NS2 saya masih hidup sejak tulisan ini dibuat, Hampir selalau 24 jam. Dan sekarang masih kelihatan OK.

    ReplyDelete
  41. sorry mas Imam. numpang nimbrung.
    Saya sudah pasang 2 bh nanostation m2. Satu sebagai Ap, satunya lagi sebagai Client. tapi test bandwith kok hanya bisa dapat 2Mbps padahal jarak 2 ns ini hanya sekitar 150m. Apa ya yang dijanjikan 150mbps atau 300mbps?

    ReplyDelete
  42. Throughput (BW) ketika sudah duiapsang diluar akan tergantung pada :
    - kualitas sinyak yg diterima, semakin kecil sinyal, BW akan turun
    - Intefensi sekitar

    150mbps atau 300mbps sepertinya mkin susah dicapai (hny teori/ bisa dicapai jika jarak perangkat sangat dekat)

    ReplyDelete
  43. saya mau setting NS2 sebagai station gimana sih caranya ?
    untuk IP komputernya apa bisa di seting DHCP ato harus static ?

    ReplyDelete
  44. @Grey :
    Setting Statik sesuai Network NS2
    Misal IP default: 192.168.1.20, jika sudah diganti dan tidak tahu IP sekarang, di RESET saja.
    Misal PC di set 192.168.1.2
    Netmask : 255.255.255.0
    GW dan DNS dikosongi.

    ReplyDelete
  45. salam kenal gan ! setelah ns2 disetup, browse dg default gak bisa, scan ip baru tdk muncul, gimana tuh ? sy pengen seting yg lainnya via browse. trims gan sebelumnya

    ReplyDelete
  46. Di Tekan RESET Button gan, sampe lampu kedip" mkin sktr 10 detik.

    ReplyDelete
  47. @Mobile SEO: bukan u/ direset kembali,tp mau di setup pada utility lainnya seperti pada umumnya ap merk lain begitu maksud ane gan !

    ReplyDelete
  48. q bngung ni..
    q mau jadiin ubnt nya jadi AP.trus di menu network.q plih router.nah..stlh itu kan ada WLAN sama WLAN..
    bisa dijelasin dari awal gag??coz q buat itu.gag berhasil.
    ea man bisa pe ngeping aj antar client.pi clientnya gag bisa connect ke internet.trz gimana?

    ReplyDelete
  49. @mega : Klu mau dijadikan AP (Bukan Routing), artinya IP LAN = Ip WiFi-nya (! Network yang sama), jangan di Set UBNT sebagai Mode : "AP Router".
    Sebagai WiFi AP Set Mode Sebagai AP WDS.

    ReplyDelete
  50. q dah setting M2 tpi tampilanya g kayak punya u gan. tuk setting antenenya gak ada cuma d tool aj trus g bisa d apply. sinyalnya kok g bsa pebuh ya gan padahal distance dah tak set 10km dan saya posisi di 50mtr dari apa. mohon bantuannya..... thanks

    ReplyDelete
  51. Bos @Fortune/IMM : memang beda bos tulisan ini adalah untuk NS2 (dibuat tahun 2009), waktu itu belum ada AP Nano Station M2.
    - Apakah pengecekan sesuai Arah Pancar Antena?
    - Ada setingan daya di AP, klu Distance setahu saya tdk mempengaruhi Daya.
    - Pada posisi AP dipasang sangat tinggi, arah pancar ke Bawah (sekitar Tower) tidak terlalu besar.

    ReplyDelete
  52. posisi saya di depan AP gan, untuk setingan daya saya sdh pake yang setingan recomended dari M2 (28 dbm) tpi ketika saya cek d jarak 100meter sinyalnya tetap gak ada alias blank. ketinggian AP sekitar 4meter. he...he...he... ayas msh bingung cari setingan yang terbaik. dibantu ya.....

    ReplyDelete
  53. @IMM coba cek mas polarisasi M2-nya, klu ada perangkat lain coba bandingkan misal dengan Laptop 100mtr hrsnya masih dpt sinyal. Mkina da masalah di M2 atau APnya :D

    ReplyDelete
  54. mas klo setting pake antena external omni bikinnya vertical,horizontal apa adaptive?

    ReplyDelete
  55. Jika NS disambung Anten Luar (Apapun) di --> External
    klu yg dimaksud NS untuk nembak Antena Omni, NS di --> Vertical.

    ReplyDelete
  56. kalo antenanya berapaan harganya boss..?

    ReplyDelete
  57. mas, kenapa saya pakai ns2 ap dan klien p2p dengan antena internal dapet -85bdm trus saya pasangin dengan grid kenbotong 2,4 malah gak ada sinyalnya gimana tuh mas

    ReplyDelete
  58. Mas... saya sudah ada NanoStation2 loco. kemudian di tempat saya kerja sudah ada jarinngan pake router/hub. rencananya nanostation2 loco mau saya pasang supaya bisa juga internetnya di akses melalui netbook (tanpa kabel). saya sudah coba2 di konfigurasi nanostaionnya sebagai router tetapi selalu gagal. mohon bantuannnya mas... konfigurasi nanostaionnya harus bagaimana ? pliiis via emailnya aza Mas. Tq sebelumnya.

    ReplyDelete
  59. @yose: Apakah Mode Ant extenal sudah dipilih, dan arah/Polarisasi Antena Kenboting sudah benar?

    @gunawan : saya email mas

    ReplyDelete
  60. mas saya juga maw dunk di email tentang cara setting M2 sebagai AP seperti mas gunawan
    email saya djnicsc@yahoo.com

    ReplyDelete
  61. pak imam, ada saran untuk wifi router yg bisa dipakai untuk di kapal?
    kondisi existing pake tp-link (tipenya lupa)..dah bisa digunakan buat AP..tapi rangenya ga bisa terlalu jauh.

    ReplyDelete
  62. @dian : Biar lebih powerful lbs gunakan AP High Power + Antena Sectoral 90drjt. Atau mkin klu mu lebih ngirit bisa pakai 2 AP seperti NS2 / PS2 dipasang di ujung kapan mengarah ke dalam. AP ini punya antenna Flat panel sudut pancar sktr 20-60 drajat (aktualnya masih bisa).

    @nico : M2 sebagai AP prinsipnya sama dg seting AP biasa, bisa pilih mode sebagai AP WDS. Spnya kompatibel dg Wifi pd umunya fitus Airmax di non aktif-kan.

    ReplyDelete
  63. thanks pak imam,.
    akan coba direview dulu.. :)

    ReplyDelete
  64. mau tanya mas cara setting nano station2 loco menjadi repeater dari tp link. udah make AP WDS tp gk bs, apa mngkin aq yg gk tw settingannya kali. mohon tutorial (klo bs beserta gmbar) kirim ke email aja ya mas. makasih..

    ReplyDelete
  65. mau tanya mas NS2 saya stting sbg station, nembak AP dgn ip=20.21.22.100 getway+dns=0.0.0.0.
    NS2(station) ip=192.168.1.20, GW=192.168.1.1
    hasilnya cuma conected aja tp gak jalan(RTO.
    scr googling NS2(station) sy hrs dganti GW nya sesuai AP(akses Point)..yaitu 20.21.22.100 ato yg 0.0.0.0 (blm tau/blm coba)
    msalahnya GW yang di NS2(station) saya tdk bisa dganti alias tetap kmbali di 192.168.1.1
    apa yg salah ya..? mohon penjelasanya... terimakasih.

    ReplyDelete
  66. Mas, saya ada pertanyaan ttg konfigurasi / topologi network Nano Station 2 (NS2). Saat ini saya gunakan NS2 utk menghubungkan 2 gedung berbeda dgn jarak 150 meter.
    NS2 yg sebagai Access Point di gedung utama.
    NS2 yg kedua sebagai Station. Keduanya berfungsi sebagai Bridge.
    Apakah NS2 Station dapat saya sambungkan pula dengan TP-LINK TL-ANT2408C 2.4GHz + P-Link TL-ANT24EC12N CABLE ANTENNA EXTENSION 12M untuk memperkuat sinyal wifi indoor di gedung ke-2.
    Mohon pencerahannya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  67. Bisa, tapi untuk AP dengan antenna tambahan jagn gunakan kabel antenna (pigtail) yg terlalu panjang.
    AP gunakan pigtail yg pendek 50cm ke antenna.
    Kabel Antena yg terlalu panjang mengakibatkan sinayl banyak hilang.

    ReplyDelete
  68. mas mo nanya setting buat ns m2 utk ap bridge gmana ya? jringan internt hotspot rtrwnet sy trima pake tp link 5110 (client)-hub-pc&NS M2(rncna buat ap, biar bs buat notebook)

    ReplyDelete
  69. aku kok gak jalan2 settinganya yah.. pusing aku

    ReplyDelete
  70. selamat malam saya ingin menanyakan saya punya NS2 disekolah dan rencana untuk dijadikan repeater, AP utama Belkin N 2.4GHz, kemudian mau dilanjutkan untuk reapeter pake NS2,, Nah cara na gmn y? apakah diperlukan lagi Switch/hub pas di beda gedung itu? masih Newbie...

    Max. terdeteksina berapa jauh y NS 2 jika di tarh pd ketinggian 10M.

    Topologi :
    Ruang TIK : Modem + Switch Hub -> ke Wifi Belkin N

    Wifi Belkin N -> ada di ruang Guru (antena 1 ke ruang guru, 1 lg ke arah lapangan) Max 150m keluar

    NS 2 rencana di gedung depannya
    jarak 150m

    Mohon pencerahannya,, kemudian cara setting NS2 na gmn?
    Trims

    ReplyDelete
  71. mas.....aku mau nanya,,..
    sy pake NSM5 cuma saya ga bisa reset semua,reset melalui tombol reset ga berhasil ada kemungkinan dimenu eneble resset buttonnya enable,ada ngga cara lain buat reset soalnya ga tau ip dan login passwordnya....tolong ya mas....sayang nih radioku pd nganggur

    ReplyDelete
  72. mas imam numpang iklan ya. kawan-kawan..saya punya stock PS2 (PowerStation2) dari baru blm pernah dipake msh baru dlm dus komplit asesoris. Tentunya lebih powerfull dibanding NS2. Dijual murah saja..yg berminat hub saya di 08128781032

    ReplyDelete
  73. Mas imam... mau nanya nie, knapa saat menggunakan frequensi lebih tinggi, besar signal receive menjadi menurun. Apnya menggunakan senao eoc-2610 dan clientnya menggunakan NS2. saat eoc-2610 diset pada chanel 1 besar signalnya -68dbm dan saat diset chanel 11 besar signalnya menjadi -85dbm. mohon teman2 yang pernah mengali, bagi2 pengalamannya dan solusinya.

    ReplyDelete
  74. kok repeater TP Link saya gak bisa dipake dengan akses point nanostation 2 ini ya mas??

    ReplyDelete
  75. mohon pencerahaannya mas berhubung masih pemula, nanostation di sekolah saya kondisinya disable pada LAN,cara mengembalikan lg gimana,mau masuk halaman login sudah tidak bisa.Makasih.

    ReplyDelete
  76. Mas, menyetting agar ns2 berfungsi sebagai AP caranya gmn ya? Pilihannya kan hanya ada station dll. Tidak ada pilihan AP. Makasih.

    ReplyDelete
  77. Bisa pilih mode AP atau AP DWS tergantung kebutuhan mbak.

    ReplyDelete
  78. Gmna cara setting ns 2 untuk menembak wifi mas?bingung msh newbie sent by email ya?

    ReplyDelete