Saturday, March 7, 2009

DOM Mikrotik v.3.20 Full 99 %



[caption id="attachment_98" align="alignleft" width="94" caption="Logo Mikrotik"]Logo Mikrotik[/caption]

Beberapa waktu lalu saya mengalami masalah pada Router Mikrotik di kantor (Versi 3.20). Ketika saya hidupkan pertama ukuran Disk on Module (DOM) 256 MB normal, hanya dipakai sekitar 50 MB saja. Namun ketika system sudah berjalan sekitar 5 jam, Media Disk (DOM) saya hampir penuh dan hanya tersisa sekitar 400 KB.

Saya sudah cek file-file yang ada, Web cache proxy tidak terlihata ada file yang "tampak menenuhi" ukuran DOM /disk yang saya gunakan. Saya semepat menayakan ke Forum Mikrotik. Ada 2 saran pada awalnya :




  1. Cek File ada

  2. Disable web proxy dan clear cache


Keduanya tidak memberikan hasil, akhirnya saya diminta untuk mengirimkan support file ke email support  (supout.rif) mikrotik. Saya dua kali mengirimkan file. Yang pertama, file ada yang corrupt, mungkin karena ukuran DOM penuh, sehingga saya perlu menghapus beberapa file untuk menambah ruang memori pada DOM.


Dari hasil analisa file, ternyata ukuran file diakibatkan file dari web proxy yang tersimpan, namun tidak bisa dihapus dengan "clear cache". Solusinya diminta install ulang saja mikrotiknya dengan backup terlebih dahulu. Namun saya tidak melakukan install ulang, hanya saya ganti dengan DOM yang baru (masih ada cadangan). Hanya saya pindah konfigurasi dari DOM lama ke DOM yang baru. Hingga saat ini ukuran DOM masih terlihat normal, sekitar 50 MB saja.


Saya belum tahu penyebab utama-nya apa, pada awalnya saya kira karena ada salah konfigurasi.  Karena saya mengguankan banyak VLAN dan Hotspot pada router. Ternyata bukan, buktinya dengan konfigurasi yang sama tidak bermasalah hingga saat ini. Buat Sharing aja, mungkin berguna. :)


Catatan : Membuat file supout.rif




[admin@MikroTik] > system sup-output
creating supout.rif file, might take a while
...................
Done!
[admin@MikroTik] >


Membuat File backup dari Router1 dan restore di Router2 baru :




[Router1] system backup> save name=test
Configuration backup saved
[Router1] system backup>

Untuk melihat :
[Router1] file> print
# NAME                       TYPE    SIZE   CREATION-TIME
0 test.backup                bakcup  22727  mar/26/2002 13:02:55

Download File test.backup, lalu pindah file test.backup ke Router2 dengan FTP /Winbox:
[Router2] system backup> load name=test
Restore and reboot? [y/N]:


Referensi :




  • http://www.mikrotik.com/testdocs/ros/2.9/system/support_content.php

  • http://www.mikrotik.com/documentation/manual_2.5/System/Backup.html

3 comments:

  1. help me please, lupa password DOM Mikrotik, gimana cara untuk reset atau install ulang pada DOM, thanks before

    ReplyDelete
  2. @Hardy Ady Idzone
    Yang saya tahu, install ulang saja mas. pake Mikrotik ISO vseri Terbaru (bukan bajakan) yang diburning ke CD. Download langsung dari Mikrotik.co.id.

    Saya beberapa kali install ulang Mikrotik saya tetap terlisensi :)
    Sepertinya ada ospi, "Jangan hapus" konfigurasi file saat awal instalasi yg bisa dipilih.

    Semoga berhasil

    ReplyDelete
  3. @imam:
    saya juga ada masalah dengan lupa paswd di DOM mikrotik, jika saya gunakan cara seperti yg mas imam informasikan apakah nanti username dan paswdnya jd default ya?
    trs utk licensednya apakah ikut hilang apa tdk? sayang juga klo hilang...
    trimakasih

    ReplyDelete