Wednesday, February 11, 2009

Masalah di Hospot Mikrotik

masalah_user_profilBeberapa Masalah di Hospot Mikrotik. Tulisan ini hanya sebagai catatan saya pribadi saya, dan hanya ingin share saja tentang penggunaan hotspot mikrotik. Ditempat saya pengguna internet saya hotspot-kan semua. Sehingga akses pengguaan web harus dengan menggunaan user dan password yang telah dibuat sebelumnya. Atau calon user baru bisa meminta untuk dibikinkan.


Saat ini ada sekitar 300 user terdaftar, cuma dari sekian banyak user yang online dalam waktu yang bersamaan tidaklah banyak hanya maksimal 50 user. Saya menggunakan Mikrotik Level 4 versi 3.18 asli :). Untuk topologi jaringan saya saat ini menggunakan banyak VLAN, satu interface saya bagi-bagi lagi menjadi beberpa VLAN.  Disamping karena sudah ada Switch Manage Merek AT. Saya sudah trauma dengan Virus ARP spoofing, susah melacak user jika LAN beranggotakan komputer /PC dengan jumlah yang besar. Virus yang sudak mendupikasi IP dan MAC address sehingga LAN jadi penuh. Ada rencana kedepan menggunakan radius server untuk manajemen usernya, sepertinya lebih enak. Tetapi sementara masih cukup memadai dengan hotspot mikrotik.masalah_user_profil


Saya lebih suka banyak VLAN meskipun anggota VLAN cuma sedikt, bagi saya lebih enak dalam pemeliharaan dan pemantauan.  Tiap VLAN juga saya setup dengan Mikrotik, untuk mensetup saya dengan mensetup untuk interface bisa baca tulisan saya yang lalu Step by Step setup Hotspot Mikrotik. Beberapa masalah yang pernah saya hadapi :


masalah_mikrotik_server




  • Untuk Client yang koneksi tidak secara langsung, misalnya melalui Access Point lagi/bridge kadang ada masalah pada  Address per MAC (secera default =1). Bis dirubah sesui dengan kebutuhan. Karena kadang user yang dibawah bridge pada saat konek ke mikrotik dia bisa terdeteksi menggunakan MAC address-nya Brigde.

  • Saya kelompokan user dengan berbagai profil, misal VIP, ekonomi, boros, dll sesuai kebutuhan anda.

  • Untuk Hotspot Login saya tidak memilih Cookies, namun menggunakan HTTPS. Tapi untuk login menggunakan HTTPS harus membuat sertifikat terlebih dahulu.

  • server_profil_masalah_mikrotik

  • Jika perlu user di kunci dengan MAC address, ini akan meyebabkan user tidak bisa digunakan dari perangkat yang berbeda. Tapi tips ini bisa diakali dengan mengganti MAC address perangkat. (user yang "nakal")

  • Saya klu tidak terpaksa, tidak mem-Binding IP. Meloloskan IP tertentu, kerena kadang IP yang di binding dimanfaatkan oleh seseorang untuk bisa mecuri login langung tanpa user dan password. Apalagi hanya membinding MAC address, resiko kecurian bisa lebih besar.

  • Winbox tidak berfungsi dengan sempurna, msial tombol Add (+), remove(-) tidak befungsi, bisa jadi ada masalah di link ke router. Coba kluar dan Login lagi ke Winbox atau cek link koneksi anda.

  • Router seperti berjalan "berat", coba reboot /restart Router anda. Atau bisa jadi ada Disk anda sudah penuh/hampir penuh karena anda menggunakan Mikrotik sebagai cache server (Web proxy dengan cache).

  • Jika Hotspot Mikrotik aktif, adea masalah dengn winbox dimana anda tidak bisa melakukan koneksi dengan winbox ke IP Router jika belum login ke Hotspot.  Namun biasanya anda tetap bisa menggunakan winbox ke MAC address meskipun tanpa login.

20 comments:

  1. berarti para mahasiswanya dah ada peningkatan Pak :mrgreen:
    pantesan kemarin temen bilang gak bisa akses internet cepat lagi :lol: ternyata dah diketahui dan security ditingkatkan :lol:

    yg jelas aku masih belom mengerti panggunaan VLAN di hotspot mikrotik :)
    di t4 kerjaku gak pake mikrotik.... jadi ketinggalan ki aku... :(

    ReplyDelete
  2. Ya begitulah "nambah pinter" dikit.

    VLAN di Hotpspot sama saja dengan VLAN di interface..
    Cuma yang dbuat Hotspot VLAN-nya..

    Satu Interface bsia dibuat banyak VLAN (Banyak network yang berbeda) dan bisa disetup banyak Hotspot dengan Network yang berbeda juga.

    Ngirit Interface dan Kabel.. jika udah punya switch manage, jika blm yaa. Switch-nya yg jadi mahal dan gak jaid ngirit :D

    ReplyDelete
  3. kenapa punya ku hotspot nggak mau dipaksa keproxy, sedang interface yg bkn hotspot bisa.....

    ReplyDelete
  4. @bsadew
    Jika menggunakan Hotspot, di masuk :
    ip- hotspot --> server profile
    ada port proxy yang bisa langsung diisikan..

    Tidak perlu lagi membuat rule di Firewall lagi..
    Jika anda punya beberapa Server Hotspot, silahkan lakukan hal yangh saya,,

    di Server Profile

    ReplyDelete
  5. Very informative article, thank you very much!

    ReplyDelete
  6. mas,tutorial install mikrotiknya ada gak?

    ReplyDelete
  7. @m4sjoy
    Maaf mas untuk tutorial installnya say belum ada, tp saya rasa mudah sekali didapatkan di Internet.
    Jika tidak ada PC bisa mencoba di VM ware, simple, tinggal amukan CD dan jalanakan boot dr CD, kuarng dr 1mnt.

    ReplyDelete
  8. mas, mau nanya nih. saya sudah buat hotspot yg dibagi2 per vlan. cuma masalahnya kok sering hang ya PCnya.. kira2 ada masalah dimana ya?
    untuk informasi, mikrotik yg saya gunakan versi 3.20 dan ada sekitar 48 vlan dengan masing2 hotspot server sendiri. package yg diinstal hanya sbb: system, security, routing, ppp,nto, multicast, hotspot, dhcp, advanced-tools.
    mohon bantuannya
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. @yulianto
    Yang pernh saya alami pada beberapa VLAN Hotspot, prnh hang karena beban CPU jadi 100%, saya belum temukan penyebannya cm sekarang tidak terjadi lagi.

    Pernah juga kasus Full pada Disk On Module, menurut analisa file dari Mikrotik. Ada file yg menupuk di DOM. dari Winbox tidak ketahuan, file nya mana/dimana. Solusinya saya Install ulang. Sebelumnay file saya backup.

    Memang disarankan hanya menginstall/menjalankan paket yang digunakan saja. Ada hal lain yang menurut saya perlu dijadikan perhian, yang saya amai jika kita menggunakan banyak VLAN akan menabah beban kerja CPU. Saya gunakan VLAN sekitar 20 dengan beban CPU antara 1-3 %.

    Yang lain lagi, apakah ini bermanfaat atau tidak, saya saat ini skedulkan reboot otomatis setiap 2hr (saat uer sedang sepi). Harapan saya supaya PC router tdk trll Freeze. :) Hanya sharing aja

    ReplyDelete
  10. permisii..

    sy juga mo numpang nanya niy..

    sy punya hotspot mikrotik,

    Di mikrotik saya terpasang 3 Lan Card
    LAN 1 mikrotik ke switch
    LAN 2 mikrotik ke modem speedy
    LAN 3 mikrotik ke akses poin

    jaringan ke switch sangat lancar, karna sy sdh sett IP masing-masing PC clientnya, sekali lagi internet sangat lancar semuanya..

    nah, yang ke hotspot ini yang bermasalah, sy sett DHCP untuk clientnya,,

    google, yahoo, dll bisa terbuka
    facebook hanya halaman utama, alias ga bisa login
    YM jg ga bisa login..

    aneh banget kan??

    sy ga tau caranya menampilkan interfacenya disini..
    jd itu aja

    semoga teman-teman bisa membantu saya

    terima kasih banyak sebelumnya untuk bantuanya

    mohon reply ke email saya

    astry_smile@yahoo.com

    whuland

    ReplyDelete
  11. Mungkin bisa sedikit membantu, Konfigurasi IP-nay sudah benar?

    Misal di Mikrotik :
    LAN1 : 192.168.1.1
    LAN2 : 192.168.2.1
    - client dp IP 192.168.2.2 - .2.254) gateway : 192.168.2.1

    LAN3 : 192.168.3.1,
    - misal ip access point 192.168.3.2
    - maka(client dp IP 192.168.3.3 - 192.168.3.254) gateway : 192.168.3.1


    Untuk Client LAN3 (WiFi), apakah IP diset manual/otomatis?
    - Jika mau di buat otomatis, lebih baik Mikrotik diset DHCP (IP- DHCP - Setup). Semantara JANGAN LUPA, DHCP di WiFi AP-nya dimatikan saja.

    Jika Client sudah dpat IP, coba cek pake
    - Run -> cmd -> ipconfig (lihat konfigurasi IP)
    - Run -> cmd -> ping ke : router lan2 (192.168.3.1) --> CEK ke ROUTER
    - ping ke IP LAN1 (yg ke Internet)
    - jika dah ok ping ke website misal yahoo.com
    - jika blm coba cek ping ke IP Internet misal google : ping 74.125.127.100
    - jika ini replay mungkin coba ganti seting DNS

    ReplyDelete
  12. KONSEP MEMBENGUN VLAN

    agar dapat membantu anda dalam memahami dunia networking VLAN, pastikan anda memahami konsep- konsep dasar yang dibawah ini :
    - konsep dasar TCP/IP, Broadcast domain, collision domain
    - konsep dasar bagaimana switching layer 2 bekerja
    - konsep dasar Spanning Tree
    - konsep dasar VLAN
    - Konsep dasar Trunking
    - konsep VTP (Virtual Trunking Protokol)
    - bagaiman VTP Server dan VTP Clien bekerja
    - konsep enkapsulation ISL dan dot1Q
    - Tentu saja bagaiman cara Routing antar VLAN
    - Setting dasar sebuah VLAN seperti hostname, password, dan ip address
    Hanya itu saja yang diperlukan untuk memahami dunia VLAN, ketika anda memahami semua
    konsep dasar diatas maka sebesar apapun network VLAN yang anda bangun tidak akan menjadi
    masalah, untuk tingkat pemula dan setting VLAN standart tentunya.

    Semoga bermanfaat.

    Salam dari kami :
    KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

    ReplyDelete
  13. bos nanya ni, klo di posisi bridge/akses point lagi itu user tidak bisa ol bersamaan itu apa ya masalahnya ?? bisa login sebentar saja setelah itu salah satu nya logout ?? mohon pencerahannya bos ..makasih banyak.

    ReplyDelete
  14. Pak nanya donk, klo sett AP linksys WRT54G gmn ya? dari mikrotik dicek pake kabel ke komputer udah konek and keluar halaman login. tapi untuk wifinya blm. Makasih

    ReplyDelete
  15. @Wahyu S: coba disable DHCP Serevr di WiFinya mas..
    Cek juga disable sementara Hotspotnya, apa bisa konek?

    ReplyDelete
  16. Permisi mas sy mau tanya,
    gimana cara konfigurasi VLAN untuk hotspot mikrotik, dengan 3 Vlan dalam 1 eth,
    DHCP servernya dr mikrotik,hotspotnya menggunakan radius server mikrotik dengan sistem voucher/usermanager.
    hotspotnya sdh jalan jika dengan settingan normal mas(bukan Vlan).
    Yg sy mau tanyakan bgmn step2 konfigurasi jika menggunakan Vlan (mgkn ada Tutorialx Mas)
    - Setting ip/subnet-->Ip Lan, ip Vlan1, ip vlan2, ip vlan3?
    - Konfigurasi hotpotx--> apakah setiap Vlan harus di
    konfigurasi hotspotx?
    - Ip DHCP--> apakah setiap Vlan harus dibuatkan ip pool
    tersendiri dan DHCP server tersendiri
    - Radius--> Bgm konfigurasi radius untuk usermanagernya?

    Terimakasih sebelumya

    ReplyDelete
  17. @Armand: blm ada mas sekarang :D
    Semoga sebentar lagi hehe..

    ReplyDelete
  18. Makasih mas Imam, sy tunggu tutornya :D

    ReplyDelete
  19. saya mau bertanya,,,

    sya punya jaringan hotspot di kantor
    isp----->mikrotik------>switch hub----->wireless linksys wrt54gl...
    yang saya tannyakan: pada saat saya connect hotspot tampilan hotspot login-nya ada,tapi begitu connect client ke 2, hotspot login tidak muncul lagi langsung bisa browsing...
    Mohon Pencerahan-nya, apa yang harus di set kembali...

    ReplyDelete
  20. Misi pak... saya mau bertanya. Saya punya hotspot sekolah dengan koneksi speedy mikrotik dan access point. Permasalahan yqng sering muncul user susah login terutama ketika konek dari hp atau ipad tulusan yang muncul " web browser did not send challenge response (try again, enablejavascript")

    ReplyDelete