Wednesday, December 31, 2008

Cara Membangun Sistem CCTV Sendiri




[caption id="attachment_584" align="alignleft" width="150" caption="Kamera Dome"]Kamera Dome[/caption]

Menurut sejarah di WIki CCTV (Closed-circuit television), Pertama kali sistem CCTV dipasang oleh Siemens AG pada Test Stand VII di Peenemünde, Jerman pada tahun 1942, untuk mengamati peluncuran V2-rockets. dan tercatat seorang insinyur Jerman bernama Walter Bruch bertanggung jawab atas desain dan pemasangan sistem.


Kenapa CCTV sekarang banyak digunakan dan seakan menajdi kebutuhan, antara lain menurut saya :




  • Kamera CCTV menjadi kebutuhan anda yang punya ruang usaha atau gedung / kantor, untuk keamanan dan kenyamanan.

  • Sistem kamera CCTV bisa bekerja 24 jam tanpa kenal lelah

  • Bisa dibangun secara mudah sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada.

  • Bisa diatur /konfigurasi sesui keinginan (tergantung software)


Komponen Sistem CCTV secara sederhana :




  • Kamera : banyak standar antara lain : Analog video, Koneksi dengan USB, Koneksi IP (LAN), Koneksi dengan Wireless. Jenis anda yang untuk aplikasi Indoor atau outdoor.

  • Sistem Pengkabelan : Sesuai dengan jenis kamera misal : Coaxial, UTP, kabel USB.

  • Konektor sesuai jenis kabel/kamera : RJ 45, BNC.

  • Interface sesuai dengan jenis kameranya : Analog, USB, LAN atau WiFi.

  • DVR (Digital Video recorder) biasanya sudah termasuk software dan interface untuk ke kamera.

  • atau PC yang dipasangi Software + interface yang sesuai. Software yang bisa digunakan antara lain : Video Cam Server (http://forum.raybase.com), WebCam Recorder (http://solentsoftware.com)

  • Layar Monitor /LCD atau VGA tergantung kebutuhan.

  • Sistem pendukung : Mounting Kamera








Jika anda menggunakan CCTV untuk pemantauan jarak jauh bisa menggunakan tambahan peralatan antara lain :




  1. IP Kamera : Kamera yang mempunyai koneksi langsung dengan LAN (berbasis IP)

  2. Wireless Camera : kamera berbasis IP yang buildin dengan wireless, sebenarnya jenis ini merupakan IP camera yang sudah mempunayi koneski ke wireless (Access Point)

  3. Access point + Antenna : yang digunakan untuk mentrasnmisikan sinyak melalui gelombang radio (wireless)

  4. Power Supply + Solor Cell


Tips penempatan Kamera CCTV :




  • Tidak mencorok, coverage area pantau yang cukup

  • Lokasi yang aman, tidak mudah dijangkau dengan tangan kosong

  • Jika perlu bisa disamarkan, misalnya diletakkan di dalam kaca dua sisi (tapi saya tidak disarankan untuk hidden camera) :)


Saat ini di kota Jogja kadang sudah macet dan kadang macet sekali, jalan beberapa ruas sangat sempit, jumlah (volume) kendaraan semakin membludak. Ternya di Jogja ada kamera CCTV yang dipasang di jalalan antara lain :





  • Antara lain Per-Empatan Mirota UGM

  • Perempatan Tugu

  • Pertigaan IAIN (UIN Sunan Kalijaga)

  • Ring roud Utara


Siapa yang punya, mungkin ada yang lebih mengetahui?? Bisa jadi diantara institusi berikut ini :





  • Traffic Manajemen Center

  • Departemen Perhubungan, atau

  • Kepolisian atau

  • perusahaan jasa yang lain.


Belum dilakukan konfirmasi, namun spesifikasi dari yang terlihat (nampak mata), antara lain :




  • Menggunakan Kamera DOM (mirip lampu)

  • Koneksi ke jaringan Menggunakan Wireless + Antena grid

  • Power Supply menggunakan Listrik dan Solar Cell

  • Konstruksi menggunakan Tiang tunggal, dengan ditarik spaner


Tertarik dengan CCTV, mungkian anda perlu support  silahkan Kontak kami

96 comments:

  1. Assalamu'alaikum...save palestina!!!

    maaf sebelumnya,,,saya mohon bantuan secara detail membangun kamera cctv ini!
    sebagai gambaran,,,saya ingin membangun kamera cctv guna pengamanan ruangan rental PS saya,,ruangan tidak terlalu besar antara 4x10 m, saya mohon bisa merekomendasikan bahan&alat yang bisa saya gunakan.,lo bisa yang direkomendasikan harganya murah2!hehe
    maklum,,saya msh kuliah,..blm jadi org sukses!
    em,,saya pgn dijelaskan yg pake konektor rj45!kyk'ny lebh simple,,,terima kash,,,balas lewat e-mail saya ja!

    ReplyDelete
  2. @javanis
    Maaf baru balas mas, Mungkin secara sederhana anda bisa menggunakan Software seperti "Cam server" dinstall di PC anda /Admin/pc yang biasa digunakan camera yang murah seh pake USB Cam (webcam), tp mungkin jika ruang anda agak gelap mkin prlu cari web cam yg agak bagus..

    Webcam yg murah biasanya agak kuarng bgs u/ ruang yg agak gelap.
    Ini beberapa software yg bisa digunakan :

    http://www.raybase.com/vcs/
    http://www.webcamxp.com/home.aspx --> saya pernh pake ini lmyna bagus
    Atau bisa dicari di SF.net : http://sourceforge.net/search/?type_of_search=soft&words=cam+server

    Selamat mencoba-coba

    ReplyDelete
  3. Ass...
    punten ah... begini saya mau tanya dan minta penjelasannya bagaimana caranya low webcame di jadiin CCTV untuk ruangan kelas ukuran 7x5m.
    penjelasan kirim ya via emai....
    hatur nuhun pisan...
    di tunggu jawabannya...
    thx......

    ReplyDelete
  4. ãèíåêîëîã ïåðâîìàéñêàÿ...

    ãèíåêîëîã ïåðâîìàéñêàÿ ...

    ReplyDelete
  5. mo tanya ni..saya punya kamera CCTV ngangur.....mo del yg bulet warna item yg biasa di taro di atap....klo mo dijadiin webcam bisa ga ya caranya gimana?? klu bisa si jadiin USB aja iar gampang..bls ke email ya

    yo_degai@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. @dk
    Model Kamera CCTV yg seperti apa yah, ini berkaitan denga stnadar dan jenis koneksi yang dipakai?

    Jika modelnya dengan kabel USB tentunya tinggal colok ke PC dan cari Drivern cameranya.

    Jika Kamera menggunakan koneksi AV (Audio video)/ Analog biasanya kabel Video/audio dengan jack RCA. Maka di komputer juga harus disediakan / pakai card tambahan yang bisa menerima masukan model AV.

    Semoga membantu.

    ReplyDelete
  7. assalamu'alaikum wr wb
    mas saya mohon bantuan nya...
    bagaimana merangkai kamera cctv yang bisa di pantau dari jarak jauh...
    kalau bisa yang bisa di akses melalui sinyal gsm....
    mohon bantuannya mas....
    trimksh
    ^_^

    ReplyDelete
  8. assalamu'alaikum
    iya mas, saya jg minta bantuannya.. cara merangkai kamera web yang bisa dipantau dari jarak jauh,, dan dikamra itu sudah saya pasang motor penggerak,, tapi msih belum tau carany biar bisa dikendalikan dari jarak jauh jg

    dd_brother89@yahoo.com

    ReplyDelete
  9. @muh lutfi paling mudah menggunakan kamera yg sudah dilengkapi modul cellular (bisa diisi simcard). Ntr bisa dipantau pake HP yg support 3G.

    ReplyDelete
  10. @dede Jika dg menggunakan motor sendiri, saya kira banyak yang perlu dipersiapkan a.l: Hardware rotating motor, Software untuk pengontrol, koneksi, dll.
    Lebih mudahnya anda menggunakan Kamera yg support PTZ, mkin hrgnnya mahal. TP setahu saya semua sudah disediakan oleh produk ini. Kamera bisa di Rotate, zoom,remote, dll.

    ReplyDelete
  11. Ass..
    ms maw nanya nih, bisa ga WebCam berubah fungsi seperti IP Kamera? Kalo Emang bisa, mungkin ms bisa beritahu saya gimana caranya?
    Mohon bantuannya ya ms...

    ReplyDelete
  12. ass...
    Saya baru mendalami ilmu cctv ini. kalau boleh tahu kira2 berapa yah biaya untuk ngebangun sebuah sistem cctv dirumah ?
    Sekalian mau tahu harga kameranya?
    Terima Kasih Sebelumnya!!!!

    ReplyDelete
  13. Ccctv sederhana bisa dibuat dr wbcam+software. Untuk multi camera prlu card khusus+kamera2 analog.

    ReplyDelete
  14. asslmlkum., klw cctv lngsung pkai n pling murh untk ruangn pling glap hrgx brp yach.. ? Mhon di blsnx

    ReplyDelete
  15. coba mas cari IP cam yang sudah ada infra red-nya. Cm cctv yng simpel gitu "mungkin" tidak bisa langusng untuk menyimpan rekaman.

    ReplyDelete
  16. Wah info yang bagus tentang instalasi CCTV, terima kasih atas infonya :)

    ReplyDelete
  17. salam kenal mas..saya lagi kerjakan TA mas....CCTV berbasis IP....kalau ada tutorialnya bisa tolong dikirimkan ke email saya ya mas...trimakasih

    ReplyDelete
  18. @saleh
    Saya sudah email bisa di cek

    ReplyDelete
  19. saya rencana buka rental..tapi jarak rumah dan tempat rentalnya cukup jauh...sekitar 20km...nge check jg cuma seminggu sekali..ada usul ga,,kira" cctv yg cocok?saya sangat buta mengenai cctv...thanx...

    ReplyDelete
  20. @dona jawaba saya email.
    Terima kasih pak sudah menulis komentar di web saya,
    Ada banyak pilihan secara umum a.l:
    1. Misal sudah ada intenet + Ip public bisa pake IP cam
    Bisa dipantau dari internet.
    2. Bisa menggunakan CCTV 3G (CCTV yg sudag ada modul GSM/CDMA), bisa dinaptau dr mana saja pake HP. Perlu Pulsa.
    3. Bisa pake IP cam + Bikin link sendiri dari Kantor ke Rumah.

    ReplyDelete
  21. ass bos
    gni bos tntng cctv yg bs 3G tu pa bs pkai webcam?
    N kl blh tau pkai software apa bos untuk di PCnya & apa dapat bs conect dgn semua jnis HP?
    terimakasih
    tolong d bls di email saya aja bos
    sad******@gmail.com

    ReplyDelete
  22. saya pingin buat cam cctv untuk lihat petugas saya yg kerja di puskesmas siang malam. mintol caranya bikin agar bisa saya pantau dari rumah, tlng di email aja ya, gan. thanks

    ReplyDelete
  23. @rio lelono: Saya balas via email yah mas Rio :)

    ReplyDelete
  24. maaf mas mau ikutan nanya.
    1.apa webcam bisa digunakan untu CCTV, butuh power sendiri pa ga?misal mau ditaruh di sepeda motor.
    2. trus bagaimana agar bisa dikoneksikan denang wifi/dipantau dari jarak jauh.kira kira apa saja alat yang dibutuhkan,
    maturnuwun mas

    ReplyDelete
  25. pada dasarnya, saya ingin bisa memantau orang dari jarak jauh.dengan memanfaatkan jaringan wifi. mohon dibalas ke email saya, makasih banget mas atas jawabanya.

    ReplyDelete
  26. @yuniato : jawaban saya coba email-kan.
    Syarat Utama yaitu :
    1. Ada koneksi Internet always on di motor
    2. Ada Cam di Motor terhub ke Internet
    3. Cam bisa diakses dari mana saja..

    ReplyDelete
  27. maaf mas, kalo sekedar jaringan wifi buat mewakili jar. kabel gimana mas..maaf nanyanya agak banyak, masih awam je mas. jadi mohon dimaklumi, mksh mas

    ReplyDelete
  28. @yunianto: Saya sudah email, coba cek di Spam. Bisa di reply jk perlu ditanyakan lagi.

    ReplyDelete
  29. Tanya mas.. Sy mw pasang cctv untuk memantau hotel sy yg berada di luuar kota,apa sj yg di perlukan,makasih mas..

    ReplyDelete
  30. apa saja yang diperlukan untuk cctv jarak jauh, andaikata gak ada line internetnya, trims infonya

    ReplyDelete
  31. minta bantuannya mas. di sekolah saya sudah ada server cctv menggunakan geovision 8 chanel dengan kamera yg bentuknya bulat (menggunakan koktail, sekarang baru terpasang 4 kamera) rencananya ingin ditambah, yg ingin saya tanyakan:
    1. apa saya yg harus saya beli (sy tau bentuknya tapi tidak tau namanya :) )
    2.apakah kameranya hanya di colokan ke jack yg ada di PCnya?
    3.bisa minta artikelnya mas,
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  32. @andi: saya sudah balas via email, tq.

    ReplyDelete
  33. sy punya cctv 4 bh menggunakan kabel coaxil dan usb dvr 4 chanel untuk melihat di laptop,tolong bantuan nya bagaimana cara membuat cctv sy bisa online menggunakan modem gsm,apa ada sofware tambahannya
    trimakasih

    ReplyDelete
  34. @adep : Sudah saya jawab via Email.

    ReplyDelete
  35. minta bantuanya mas.saya mau tanya mas bagaiman cara servis CCTV mas.trus gmna cara mengetes komponen itu.....
    apakah komponenya harus di lepas smua mas.tpi klo di lpas smua pa g kelamaan....mohon bantuanya mas......
    maksaih sebelume...

    ReplyDelete
  36. @ahmadarifin:
    CCTV camera atau DVR-nya?
    Untuk kamera, Analog/IP cam?
    Kerusakan Camera sangat beragam, mesti di test secara detail.

    ReplyDelete
  37. misi, saya mau tanya..
    saya punya DVR merek AVY type AVC 776.. Kamera ada 6 buah.. Tapi udah rusak beberapa tahun karena instalasi kabel yang kurang sempurna sehingga digigit tikus semua..
    Yang ingin saya tanyakan, saya ingin membeli semua kabel secara lengkap, jadi saya bilangnya beli kabel apa ?
    Trus, Dgn DVR ini bisa connect internet gak< karena di belakang nya itu gak ada Port buat kabel LAN..
    tolong dibalas, kl bisa di email thomz_rd@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  38. sy punya webcam 2bh menggunakan kabel usb tp hanya bisa dilihat dngan wifi ???,tolong bantuan nya bagaimana cara membuat webcam sy bisa online menggunakan speedy,apa ada sofware tambahannya
    trimakasih balas via email yh mass

    kaka.rizki@live.com

    ReplyDelete
  39. ass....
    maf mas sblumnya... sya mau coba buat kamera cctv sederhana, buat ditempatkan di ruang kelas. soalnya udah bxk teman saya yg kemalingan helm, curinganya sih orang dalam (tukang bersih2 sekolah). udah bxk bukti cuman sayta susah ngejelasinnya klo ngk ada bukti yg akurat...
    saya mau nanya camera yg cocok buat ruang kelas yg tempat strategisnya kurang bget. dan bisa disambungin mlalui kamera tanpa kabel ke laptop....
    tlong klo bisa dibalas ke facebook aq Andylucky.smadas21@yahoo.com
    thanks b4...

    ReplyDelete
  40. klo kameranya pke kabel usb gmana caranya???

    ReplyDelete
  41. nih Mas numpang nimbrung...ada yang lebih sederhana

    ReplyDelete
  42. permisi Pak,mau tanya nih..
    Tolong dong kirim langkah demi langkah cara memasang cctv yg tanpa kabel yg bisa dilihat dari internet dan apa saja alat atau software yg dibutuhkan. maklum masih awam banget nih dibidang cctv. kalau bisa balas ke email sy saja..ferlyreynaldi@yahoo.com
    Terimakasih banyak pak...

    ReplyDelete
  43. kang saya juga sma dengan mas ferry tolong bagi tutorial pemasangan cara memasang cctv yg tanpa kabel yg bisa dilihat dari internet dan apa saja alat atau software yg dibutuhkan. maklum masih awam ...
    kirim kesini ya kang please ...
    beksaloners@gmail.com
    atau ke alamat ..
    beks.aloners@live.co.uk
    di tunggu ya mas ..
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  44. mas saya mau tanya apakah ada pendaftaran dvr ke internet selain dyndns.trima kasaih

    ReplyDelete
  45. cara mengetahui klo suatu ruangan di pakai camera cctv gimana mas? thx

    ReplyDelete
  46. pak imam....tlg dong email kan....gmn cara nya buat cam jd ber fungsi untuk camera jarak jauh....& apa2 az alat yg hrs di butuh kan....klw bs pak imam bs me masuk kan sm foto2 perancangan nya....krn saya ingin se kali pasang nya di rumah sendiri pak.....tlg pak ya atas ke ingin tahuan saya ini....makch pak imam

    ReplyDelete
  47. ini email saya pak imam......

    zulfikar.latif@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  48. Pak Imam,
    saya berencana mengontrol pekerjaan dilokasi tambang menggunakan cctv.
    1.Perangkat apa saja yang dibutuhkan?
    2.Dimana saya bisa membelinya?

    Mohon jawaban melalui email
    Terimakasih

    ReplyDelete
  49. @rama : sudah di emial yah mas. :)

    ReplyDelete
  50. gan ane mau nax nie, g mna yua kra" caranya misalkan mau gbungin 4 webcam dalam sistem wireless bsa dpantau dngan 1 PC/laptop (brbasis WIFI)..
    mohon pencerahannya..
    mohon di balas k email yua gan apa aja yang dibutuhkan dan cara pengrjaannya..

    ReplyDelete
  51. BPBD Kota GorontaloJanuary 5, 2012 at 5:06 AM

    Yth, Bapak Imam.
    Kami di BPBD Kota Gorontalo berencana memasang Kamera IP untuk memantau daerah-daerah yg rawan banjir. Untuk itu kami mohon kepada Bapak kiranya dapat menginformasikan kepada kami peralatan/bahan dan software secara lengkap yg akan dibutuhkan serta perkiraan harga guna penyusunan Anggaran Biaya.
    Atas bantuannya diucapkan terima kasih.
    Mohon dapat dibalas melalui email kami.

    ReplyDelete
  52. mas saya software webcamxp5 dengan webcam menggunakan kamera hp merk cross, di cek di scaner&camera gambar sdh ada. tp pas saya pake software webcamxp camera tdk terdeteksi, gmna ya? minta bantuan nya dikirim ke email. terimakasih.

    ReplyDelete
  53. pak saya mau nanya, untuk videoconfren dan teleconfren enak nya pake camera yang jenis apa IPcamera atau yang camera aja? trus saya harus beli di mana? Mohon dapat dibalas melalui email kami SANGAT KEBURU NIH... :)

    ReplyDelete
  54. ass....salam knal.
    rencananya sy mau bikin cctv buat peternakan ayam sy drmh krn ayam2 sy sering kemalingan.. apa aja bahan yg dbutuhkan n brp biayanya... oya apa qta bisa buat cctv menggunakan kamera hp... mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  55. Salam kenal. Saya mau tanya di toko saya memakai dvr dan kamera 8channel ingin saya wireleskan sampai kerumah saya alat apa saja yg saya perlukan tanpa menggunakan jalur internet. O ya jarak antara toko dan rumah sekitar 5km. Brp kira2 biayanya trims.

    ReplyDelete
  56. salam kenal mas, saya jg lahir di ponjong Gunung kidul skarang di papua. mo tanya mas dikantor sdh pake cctv dg monitor tv. bisa juga pake komputer/laptop kan mas. trus bisa ga terhubung dengan wifi, jd setiap komputer yang ada bisa juga untuk monitor cctv. mohon petunjuk bagaimana cara menyambungnya, trims atas bantuannya.

    ReplyDelete
  57. matur nuwun mas< masalahnya aku ga tahu IP nya, waktu di serang CCTV ada CD instalannya. di sini di cari2 ga ada. Bagaimana dapat IP nya. Trims

    ReplyDelete
  58. @Aris: bisa di lihat di DVR merek dan Model apa, nanti di Google atau Email ke saya jk blm ktmu.

    ReplyDelete
  59. ass.mas saya mau nanya ni ..saya bikin cctv tapi pake webcam di rumah..kalau mau connect ke hp pake internet gimana .saya pake samsung galaxy s2.mohon penjelasannya makasih.kirim lewat email ssya ya mas..ass

    ReplyDelete
  60. gan... udah pernah nyoba aircam ubnt blum ?
    info nya dunk

    ReplyDelete
  61. Permisi...
    Numpang sharing om Admin.. :)
    Untuk konfigurasi CCTV agar bisa diakses di mana saja, kita harus mempunyai IP Publict yang biasanya dikasih gratis sama ISP jika kita berlangganan Paket Internet Unlimited. Jika sudah punya IP Publict, kita tinggal setting NAT di Modem nya supaya jika kita mengetikan alamat IP Publict kita di mana pun, kita akan di arahkan ke IP privat dari IP kamera CCTV kita. Lengkapnya kawan2 bisa lihat tutorialnya di http://sayapmuda.com/tutorial-konfigurasi-cctv-online.html

    Terima kasih Om Admin. Salam kenal. Mampir ke blog ku ya... :)

    ReplyDelete
  62. hahahahahahahaahahahahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  63. assalamualaikum bos saya juga minta masukan saya punya rental yg jaraknya 2 km dr rumah cctv yg mn yg cocok rinciin aj y bos di email, trus bgmn klu ingin mementau mobil dr jrk jauh? makasih sebelumnya bos, wassalam!

    ReplyDelete
  64. ass.mas saya mau tanya,gimana cranya membuat kamera cctv dengan kamera web came+pc tolong penjelasanya.kirim ke emailq ja trims!

    ReplyDelete
  65. mas, saya mau tanya.
    saya pengen buat cctv untuk d rumah dan toko saya yang ada di sebelah rumah.
    tp kalau bisa itu bisa di pantai d server komputer d kamar dan seumpama keluar kota bisa di pantau lewat hp, .
    koneksi internet insya ada bos. . .
    kasih tau ya bos solusi, cara dan alatnya apa saja. . .
    email aja bos :D
    makasih, sukses dah blognya

    ReplyDelete
  66. mas saya mau tanya, apakah camera Hp bekas bisa di jadikan camera pengintai atau cctv. kalo bisa bagaimana cara membuat nya.karna sya mau manfaatkan hp bekas saya untuk mngawasi ternak ikan cupang saya yang sering di curi anak2.. mohon informasikirim ke email saya,terimakasih..

    ReplyDelete
  67. Mau tanya mas,

    Saya pengen pasang kamera/cctv yang bisa dipantau jarak jauh, gimana caranya? apa saja peralatan yang dibutuhkan? dimana bisa dapet panduannya?

    Trims

    ReplyDelete
  68. permisi.
    Saya mau tanya untuk tugas saya, apa bisa kamera hp bekas digunakan untuk cctv ? Jika bisa diperlukan bahan dan software apa saja ? Dan gimana caranya mengkoneksikan cctv tersebut ke wifi ?

    Terima kasih, tolong di balas di email sayang :)

    ReplyDelete
  69. Permisi mas
    Pertanyaan saya sama tntng cctv yg bs 3G tu pa bs pkai webcam?
    N kl blh tau pkai software apa mas untuk di PCnya & apa dapat bs conect dgn semua jnis HP?
    tolong ke email saya ya...terimakasih

    ReplyDelete
  70. minta bantu mas imam...
    saya mau pasang CCTV dikantor berbasis jaringan, bisa g saya monitoring baik melalui komputer yg ada dikantor maupun melalui internet untuk jarak jauh...peralatan apa saja yg mesti sy butuhkan...ada g artikelx...
    artikelx donk....trims

    ReplyDelete
  71. mas, saya mau nanya....
    ruangan rental saya ukuran 4x5, dan sering ditinggal, untuk keamanan saya berniat memasang 1 bh kamera cctv di dalam ruangan, yg ingin saya tanyakan:
    1. Apakah kamera tersebut bisa dipasang sendiri?
    2. Apakah ada software khusus yang diinstall ke komputer?
    3. Apakah komputer yang terkoneksi ke kamera harus tetap hidup 24 jam?
    balas ke email saya ya mas...

    ReplyDelete
  72. Mas ,mau Tanya Saya pake DVR astech untuk bisa lihat lewat BB curve lewat aplikasi kmeye gimana caranya bisa muncul gmbrnya ya? mohon bantuannya y Mas ,saya sdh coba bisa conect tp kenapa todak tampil gambarnya ya?? Mas thx

    ReplyDelete
  73. Bos, mo konsultasi. Rencana sekolah kami mo pasang 16 channel cctv dg DVR terpusat di kantor satpam, tp ada beberapa masalah:
    1. Blog antar bangunannya agak berjauhan sekitar 50-100m jaraknya. Jarak terjauh dari blog bangunan ujung ke satpam sekitar 250m.
    2. Luas tiap lap parkir sekitar 50m
    3. Ada 3 tempat parkir utama yang semua harus terkoneksi ke pemantau pusat
    4. Maunya pake kabel agar signal stabil, cuma kira2 dg jarak yang segitu jauh bisa nyampe ga signalnya dan efektif apa ga.
    5. Ada rencana menambah kamera lagi setelah tahap ini selesai.
    6. Rencara mau pake cctv dan DVR Avtech.
    Mohon bantuan saran dan solusi serta pencerahannya.
    Terima kasih buuanyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  74. Bos, mo konsultasi. Rencana sekolah kami mo pasang 16 channel cctv dg DVR terpusat di kantor satpam, tp ada beberapa masalah:
    1. Blog antar bangunannya agak berjauhan sekitar 50-100m jaraknya. Jarak terjauh dari blog bangunan ujung ke satpam sekitar 250m.
    2. Luas tiap lap parkir sekitar 50m
    3. Ada 3 tempat parkir utama yang semua harus terkoneksi ke pemantau pusat
    4. Maunya pake kabel agar signal stabil, cuma kira2 dg jarak yang segitu jauh bisa nyampe ga signalnya dan efektif apa ga.
    5. Ada rencana menambah kamera lagi setelah tahap ini selesai.
    6. Rencana mau bisa dipantau juga dari HP ato lainnya secara online.
    7. Rencara mau pake cctv dan DVR Avtech.
    Mohon bantuan saran dan solusi serta pencerahannya.
    Terima kasih buuanyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  75. selamat siang mas,,mau tanya,,saya sedang pelihara ikan di kolam,rencana saya mau saya pasang hidden cam,,yg bisa merekam,,bila ada yg mencuri ikan,,yg mau saya tanyakan,,alat yg dbutuhkan apa aja dan bagai mna cra kerjanya,,trimksih bnyak.

    ReplyDelete
  76. mas saya pengen nanya ne sy punya kamera cctv dan dvr dan kami sering bepergian dan kami ingin memantau keadaan rumah dari jarak jauh dngan menggunakan ponsel mhon alat-alat apalagi yg dibutuhkan dan perlu menggunakan nponsel yg gimana trims

    ReplyDelete
  77. assalamualaiukum,..
    maaf mas mau tanya,..
    saya punya cctv,..
    sya coba dari memasang DVR, camerA, dan notebook,..
    anehnya setelah memasang kabel VGA dari DVR ke Notebook, monitor jd blank,, tp setelah kabel di lepas monitor kmbali normal,..
    mohon pencerahan dan bantuannya,..
    trimakasih,..
    nicky_r0cker.co.id

    ReplyDelete
  78. semua udah sya baca penjelasannya berapa harganya.....
    saya mau pasang cctv camera sekitar 10-12 camera kira" berapa ??

    ReplyDelete
  79. mas bs minta tutorial ny supaya cctv bs online menggunakan modem gsm?. trims
    darkz_cloud@hotmail.com

    ReplyDelete
  80. mas, sy mau pasang CCTV dirumah, mungkin pake 3 ato 4 kamera. rencananya mau pk PC buat server gantiin DVR nya. dan gmn caranya biar bisa diakses realtime lewat internet, apa aja yg harus saya siapkan termasuk programnya, dan cara instalasinya. mohon tutorialnya krm k email aja mas.
    makasih banyak

    ReplyDelete
  81. ermisi Pak,mau tanya nih..
    Tolong dong kirim langkah demi langkah cara memasang cctv yg tanpa kabel yg bisa dilihat dari internet dan apa saja alat atau software yg dibutuhkan. maklum masih awam banget nih dibidang cctv. kalau bisa balas ke email sy frian_eg@yahoo.com


    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  82. maaf mau nanya om, saya punya hp hp rongsok yg ada kameranya. sy lagi mau belajar gimana caranya komponen kamera hp rongsok bisa dimanfaatin jadi cctv. yg harus diambil komponennya apa aja tanpa harus satu buah hpkamera rongsokan yg dpake untuk jadi kamera cctv? terimakasih om mohon bantuannya

    ReplyDelete
  83. salam
    mas mautanya kalau cctv/ip cam yang bisa merekam suara kira2 apa ya? dan spek yang baik untuk merekam itu pake cctv apa ip cam? karena ini untuk memantau kegiatan belajar mengajar di kelas dengan jarak jauh kalau bisa hasil recodnya diakses melalui webbase.
    terimakasih (kalau ada sepek dan sofware bisa di kirim ke email)

    ReplyDelete
  84. salam,
    mas,saya ada masalah tentang cctv, baru-baru ni saya ada memasang cctv sendiri di rumah, masalahnya kenapa tidak ada display dekat monitor, saya ada periksa dekat adaptor (24v ke 12 dc),kedua -dua wayar ada arus lestrik (adakah kedua-dua wayar ada arus lestrik atau sebaliknya).Dvr,sambungan bnc, cctv dorm semuanya ok. jadi dimanakah masalanya, mohon bantuanya

    ReplyDelete
  85. pak, saya ada 2 rummah yang berjarak +/- 100meter, untuk melihat/ memantau dr rumah satunya bagaimana? selain pakai jaringan internet maupun kabel. kalo pakai acces point bagaimana caranya? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  86. slm kenal, sy pengen psg cctv online yg bisa di pantau langsung lewat hp untuk 2 titik, brp kira2 budjet yg hrs disiapkan?trimakasih..

    ReplyDelete
  87. maaf mas mau nanya nie mas,, cara buat tampilan webcam di Hp caranya gimana ya mas....
    maaf mas alya masih awam.....

    ReplyDelete
  88. @imam
    Mau nanya Mas, apakah bisa webcam diconnect ke DVR? CCTV says rusak dan kebetulan says ada webcam nganggur, kalo memang bisa mohon petunjuknya ya, tq

    ReplyDelete
  89. @budi : tidak bisa mas, DVR umunya Video analog aau IP Cam.
    @handokom: tanpilan apa yah mas?
    @Anwar: tergantung model jaringan mau srpti apa? kisaran bisa 5juta/lebih
    @anton: bisa pak, pakai Link WiFi + IP Cam sktr 2-3 jutaan

    ReplyDelete
  90. ermisi Pak,mau tanya nih..
    Tolong dong kirim langkah demi langkah cara memasang cctv yg tanpa kabel yg bisa dilihat dari internet dan apa saja alat atau software yg dibutuhkan. maklum masih awam banget nih dibidang cctv. kalau bisa balas ke email

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  91. agan admin mau tanya minta spesifik harga untuk ngebangun cctv ke lcd tv dong mas. seperti artikel di atas aja gan admin dan tata cara pemasangan
    kalau bisa melalui email fauzididaa@gmail.com
    terima kasih salam hormat

    ReplyDelete
  92. mas mau nanya nih, klo kita bikin camera cctv pke webcame, apakah yang dia rekam itu tersimpan dalam hardisk atau tdk tersimpan mas....??? mohon blsx di email aja mas.
    terimakasi sebelumnya mas...

    ReplyDelete
  93. Tulisan yang sangat bagus dan bermanfaat, bagi yang sedang bingung memilih atau hendak memasang jaringan cctv dianjurkan membaca tulisan ini.

    ReplyDelete