Thursday, July 24, 2008

Tips Sederhana Membaca, Menyimpan Google Ebooks

Google menyediakan koleksi EBooks secaa gratis untuk dibaca secara online yang diakses : http://books.google.co.id (dalam bahasa indonesia). Banyak juga terdapat koleksi buku dalam bahasa indonesia. Namun sayang bagi pengguna yang tidak bsa selal online akan sedkit kecew karena tidak bisa menyimpan file book yang dimaksud.Ada beberapa books yang Copyright (ada hak cipta).
Sepertinya format asli yang diseduakan Google books dalam bentk pdf, namun dikirm kedalam bentuk file image *.png ke browser kita.

Ada beberapa cara atau tips yang bsa digunakan untuk menyimpan halaman file books tersebut. saya kta ini bukan katagori hackng atau carking, cum sebatas triks saja. Karena pada prinsipnya semua file yang telah kita browsing akan tersimpan sementara di dalam komputer kita, meski hanya temporary file saja.

Cara pertama :



  1. Buka http://books.google.co.id

  2. ketik Kata kunci sesuai boku yang dicari

  3. Pilih Buku yang dmaksud

  4. Buka Halaman buku

  5. Klik kanan pada halaman buku trus --> Save Image As

  6. Lakukan untuk setiap halaman buku.

  7. Untuk beberapa halaman, langkah ini praktis.

  8. File buku akan tersimpa perhalaman dalam format *.png.


Cara kedua :


Untuk cara ini saya terpaksa menggunakan Broswer Internet Exlorer, karena simpale aja. Karena biasanya saya menggunakan Firefox. he hehe. Sebelumnya hapus dulu file dalam :

C:\Documents and Settings\Owner\Local Settings\Temporary Internet Files

yang merupakan lokasi tempat penympanan file teporary dafault. Fungsinya untuk mengihalngkan file internet sebelumnya. Atau jika foler tidak ada anda bsa melihat di :

Tools --> Internet Option (General) --> Setting --> View Files.

Lakukan Langkah 1-4 pada cara pertama. Silahkan Brwosing Ebooks, buka halaman perhamalaman secara sempurna. Buka :

C:\Documents and Settings\Owner\Local Settings\Temporary Internet Files
dan
C:\Documents and Settings\Owner\Local Settings\Temp\Temporary Internet Files\Content.IE5
akan ada Folder dengan nama acak misal :UV4JC165, 0DQVAZU5 dll

File books yang tersmpan di komputer kita dalam bentuk *.png. Silahkan hapus saja yang bukan file PNG. Silahkan meng explore folder-folder tersebut, semua yang anda buka tadi bisa dlhat disana. Lihat dengan Program image View misal ACDsee anda bisa merename sesuai dengan halaman yang ada. Ada kemungkian nama filenya sama cuma isinya bebeda. Memang perlu sedikt kesabaran. Selanjutnya anda tinggal menyusun sesaui dengan uruan halaman. Samapai sat ini saya belum menemukan tips yang lebih jitu, Selamat Mencoba, silahkan komentar mungkin ada yang lebih menarik?

2 comments:

  1. kok gak bisa download ebook Bs Inventori Win Delphi 2005 di books.google.co.id tolongin di download-tin dong butuh banget kalu bisa format pdf atau format yang lainnya juga gak apa-apa tapi yang full ya...thank before

    ReplyDelete
  2. pake google book downloader aj pak.., simple,...

    ReplyDelete