Saturday, April 12, 2008

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang Benar dan Berat

Sekarang sudah ada KBBI OFFLINE (bisa dijalakna tanpa harus Selalu terkoneksi Internet, Downlaod Software Gratis dari Ebsoft. Bisa lihat di Tulisan ini bagian bawah.



Cerita Awal


Awalnya saya tidak tahu apa seh KBBI, penasaran aja pertamanya seh waktu baca ada komentar dari Mas Muji di sini yang meminta bikin software kamus KBBI. Menggunakan bahasa Indonesia yang aik dan benar - Berat.Ada yang bilang begitu kali dari log yang saya baca di sini : http://priyadi.net/ dari pokok bahasan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).


Sebagai Bangsa yang baik tentunya kita harus menggunakan bahasa dengan baik dan benar, yang terbiasa enggunakan KBBI versi cetak anda bisa menggunakan yang versi softcopy disini: http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/ namun saat ini anda harus online untuk bisa menggunakan.


Situs ini sudah diluncurkan pada 4 Februari 2008 oleh Dr. Dendy Sugono Kepala Pusat Bahasa di Jakarta, namun saya telat mengetahuinya. Mungkin termasuk anda, tapi tidak apa. Mungkin untuk ada yang kesulitan menginggat URL-nya karena panjang banget anda bisa alternatif menggunakan http://www.kosakata.com/ yang merupakan situs tidak resmi (sama, tp dalam bentuk url yang lain). Judul diats diganti menjadi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang Lengkap dan Ringan. :). Namun saya masih menunggu kamus yang versi Offlinenya. Atau dalam bentuk Software Gratis Kamus Bahasa Indonesia yang bisa digunakan dimana saja.



Update Berikutnya:


Lukman : (maaf mas Lukman) Koment-nya kog gak bisa di Appove, selalu merah. Terima kasih kembali. Saya cuma meneruskan info saja, yg berjasa tentu mas steven haryanto dan timnya. untuk alamat unduh mhn dipublish (approval) aja mas imam, biar yg lain juga tau. Alamat unduh database di


Unduh database di : http://people.masterweb.net/steven/files/stardict-kbbi-2.4.2.tar.bz2
Unduh StarDict di: http://stardict.sourceforge.net/download.php

Selamat mengunduh…! Salam.

Update Perkembangan 20 September 2010 :


ADA yang lebih MUDAH. Bagi yang ingin mengunduh Software KBBI yang simpel dan GRATIS bsia kunjungi Web adik saya di Ebsoft.Web.id. Software yang berukuran kecil ini baru saja di bikin pada september 2010 dan bisa dijalankan secara Offline (tanpa perlu selalu terkoneksi Internet).



Kesimpulan Terkini (Update 30 Juli 2012)


bagian awal tulisan ini adalah Tulisan lama, mungkin sudah tidak revelan dengan kondisi sekarang. Kesimpulan terkini dari KBBI, saatini sudah jauh lebih mudah berikut ini :




15 comments:

  1. terima kasih atas infonya.
    kalau saya mencari pedoman berbahasa indonesia yang baik dan benar, apakah cukup dengan EYD?
    saya sudah mendownload EYD dalam bentuk pdf. namun, apakah ada buku lain yang serupa (pedoman berbahasa
    indonesia, terutama dalam karya tulis) yang telah tersedia dalam bentuk softcopy (semoga saja sudah se ijin pengarang).

    ReplyDelete
  2. Buy tramadol questionnaire...

    Buy tramadol questionnaire...

    ReplyDelete
  3. Semua penikmat sastra pasti butuh KBBI, tidak terkecuali orang Indonesia ,tapi kok software KBBI yg offline-nya gak ada??? Ini jadi PR buat diknas!!!

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya saya sudah dapat database KBBI (download dari situsnya dengan program khusus buatan sendiri :) ), rencana ingin dibuat offline, tetapi ketika saya email KBBI tersebut (minta ijin) ternyata emailnya tidak valid..

    ReplyDelete
  5. @ebta:
    download dg program buatan sendiri? apa anda cuma download html-nya doang? atau dapat database-nya?
    kalo sampe dapet database-nya mah itu ada bau2 "ilegal" (maaf), krn setahu saya database itu emang "diproteksi" agar tidak bisa diakses dr luar dan hanya si page itu sendiri (php) yg request ke database tersebut, request kita yg dr browser diterjemahkan oleh server dan dikembalikan ke browser kita dalam bentuk html.
    kalo anda bilang dapet database-nya, wah... musti minta ijin tuh ama yg empu-nya, soalnya di bawah ada "Hak Cipta bla..bla..bla.."

    ReplyDelete
  6. maaf mas mau nanya,,kalo software kamus bahasa indonesia
    kira-kira dapat dimana ya?
    kalo ada yang punya info, bisa tolong email saya.

    makasih

    ReplyDelete
  7. @yus
    Maaf mas sampai skrng sya belum menemukan, mkin krn database dari KBBI belum di share. Jadi belum ada atau susah mencarinya :)

    ReplyDelete
  8. Halo all, mas Steven Haryanto, seorang programmer, penulis, dan aktivis dibidang Teknologi Informasi, memberikan sebuah solusi untuk kita semua, mengakalinya agar KBBI bisa digunakan tanpa harus terhubung ke internet atau offline. Beliau mengakalinya dengan mengunduh semua halaman HTML KBBI, membersihkan kode ekses HTML dan menggabungkan semua entri menjadi 1 file dengan belasan baris kode Perl, dan melakukan parsing dengan ratusan baris kode Perl! (nggak ngerti saya, hehe..)

    Oh iya, sang programmer ini hanya membuatkan database yang nantinya akan dipadukan dengan StarDict, sebuah program kamus gratis yang tersedia dalam berbagai platform (Linux, Windows, dan Mac OS X). Tertarik? Ikuti beberapa langkah berikut:

    1. Unduh database-nya,
    2. Kemudian unduh StarDict,
    3. Install StarDict,
    4. Buka database yang berbentuk tarball (tar.gz2) dan ekstrak ke C:\Program Files\StarDict\dic,
    5. Jalankan StarDict yang sudah ter-install, klik [Main Menu] icon berbentuk rumah dan pilih [Manager Dict].
    6. Lihat dibagian Dict List, jika semua langkah sudah benar, maka terdapat “Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III (2001)”.
    7. Klik [Close], kamus siap digunakan.

    Sumber : http://steven.blogs.masterweb.net/2009/05/21/kbbi-versi-stardict/

    ReplyDelete
  9. Terima kasih mas Lukman Infonya, menarik sekali. Akhirnya ada solusi untuk KBBI Offline.

    ReplyDelete
  10. @Aditya: jangan lupa TBBBI - Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia

    Untuk kamus online ada banyak pilihan, kateglo, kamus.sabda.org, dan juga ada banyak add-on Firefox, misalnya: addons.mozilla.org/id/firefox/addon/75927

    ReplyDelete
  11. saya setuju dengan Anton. Kok kamus besar bahasa indonesia belom ada software offline nya? walaupun saya bukan seorang penikmat sastra, tapi terkadang saya menemukan bahasa indonesia yang tidak lazim terdengar dan mencari artinya dari kamus besar. sayangnya, tak ada softwarenya. padahal, kalo ada, kan mempermudah penggunaan.

    ReplyDelete
  12. kok gak bisa di download lagi ya mas?

    ReplyDelete
  13. Sudah kami Revisa mas, bisa cek kembali. terima kasih

    ReplyDelete
  14. Mas Aku pngen tau cara ngedownload KBBI dalam bentuk buku secara online.
    o(^?^)o( ´ ? ` )??????

    ReplyDelete